BPJamsostek Sidimpuan Beri Pencerahan Karyawan PT MIR Tentang Manfaat MLT

  • Bagikan
BPJamsostek Sidimpuan Beri Pencerahan Karyawan PT MIR Tentang Manfaat MLT
Kepala Kantor BPJamsostek Cabang Padangsidimpuan, Eris Aprianto (2 kiri) foto bersama dengan Manajer Pabrik PT MIR, Eka Pratama dan Kepala Pengawas Wilayah 5 Dinas Tenaga Kerja Sumut, Ali S Pane.Waspada/Ist

P.SIDIMPUAN (Waspada) : BPJS Ketenagakerjaan (BPJamsostek) Cabang Padangsidimpuan memberi pencerahan kepada karyawan PT Maju Indo Raya (MIR) tentang Manfaat Layanan Tambahan (MLT) melalui sosialisasi Return to Work dan MLT.

Kepala Kantor BPJamsostek Cabang Padangsidimpuan, Eris Aprianto, Minggu (17/03/2024), mengatakan sosialisasi Return to Work dan MLT yang dibuka Manajer Pabrik PT MIR, Eka Pratama merupakan bagian dari kegiatan sosialisasi yang digelar BPJamsostek dalam memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang program manfaat layanan tambahan dari BPJamsostek.

Eris menjelaskan, sosialisasi yang digelar tanggal 13 Maret 2024 di PMKS PT MIR Muara Batang Toru, Kabupaten Tapanuli Selatan, diihadiri HRD PT Maju Indo Raya, Indra, Manajer Kebun PT MIR, Rommy Andrianto, KTU PT MIR, Eka Wijaya, Kepala Pengawasan Tenaga kerja Wilayah UPT 5 Provinsi Sumatera Utara, Ali S Pane serta karyawan PT MIR.

Manajer Pabrik PT MIR Muara Batang Toru, Eka Pratama saat membuka kegiatan sosialisasi tersebut, mengucapkan terima kasih kepada Kepala BPJamsostek Padangsidimpuan dan Kepala Pengawasan Tenaga Kerja Provinsi Sumatera Utara yang turun memberikan pemahaman kepada karyawan PT MIR tentang Return to Work dan MLT BPJamsostek.

“Ini kali pertama, kepala BPJamsostek Padangsidimpuan dan Kepala Pengawasan Tenaga Kerja Provinsi Sumatera Utara, hadir langsung untuk memberikan sosialisasi dan dialog terkait program BPJS Ketenagakerjaan. Kami mohon maaf jika ada yang kurang dalam penyambutan kami,” tuturnya.

Eka Pratama menegaskan bahwa pihaknya berkomitmen untuk bisa terus patuh dan taat dalam menjalankan program BPJamsostek. merupakan bagian dari hak serta kewajiban kami yang mewakili manajemen,” ucapnya.

Dengan adanya sosialisasi tersebut, ungkap Eka Pratama, pihaknya semakin memahami program-program yang diberikan pemerintah bagi karyawan PT MIR melalui BPJamsostek dengan harapan pelayanan yang diberikan BPJamsostek bagi karyawan PT MIR terus terjaga dan lebih baik lagi ke depannya.

“Terima kasih juga kami sampaikan atas biaya pengobatan selama 2 tahun kepada karyawan kami atas nama pak Chairuman Nasution dan telah kembali bekerja,” katanya.

BPJamsostek Sidimpuan Beri Pencerahan Karyawan PT MIR Tentang Manfaat MLT
Kepala Kantor BPJamsostek Cabang Padangsidimpuan, Eris Aprianto dan Pengawas Wilayah 5 Dinas Tenaga Kerja Sumut, Ali S Pane foto bersama dengan manajemen PT MIR. Waspada/Ist

Kepala BPJamsostek Padangsidimpuan Eria Aprianto mengapresiasi komitmen dan kepatuhan PT MIR dalam mengimplementasikan program BPJamsostek, termasuk dalam menjaga keberlangsungan pekerjanya dengan memberikan kesempatan berkerja kembali atau Return To Work (RTW) kepada Chairuman Nasution yang mengalami kecelakaan kerja pada saat melaksanakan peran sebagai operator mesin di PT MIR.

Terkait dengan Manfaat Layanan Tambahan, Eris menjelaskan bahwa seluruh karyawan PT MIR diberikan kesempatan mengikuti program MLT dari BPJamsostek.“Selama ini karyawan hanya mengenal manfaat program perlindungan saja, namun masih ada manfaat layanan tambahan berupa bantuan subsidi KPR,” jelas Eris.

Rate bunga KPR, lanjut Eris bisa mencapai 13-14% per tahun.Namun jika ikut Program BPJS Ketenagakerjaan, bisa mendapatkan subsidi KPR jadi 5,75 % dan bisa menghemat biaya sampai dengan 1 Juta Per bulan.”Tentu ini menjadi dorongan kami kepada karyawan sehingga lebih semangat lagi bekerja meskipun mungkin sekalian diberikan tempat tinggal oleh perusahaan,” paparnya.

Kepala Pengawas Wilayah 5 Dinas Tenaga Kerja Sumut, Ali S Pane juga menjelaskan kepada PT MIR untuk selalu menjaga program K3 (Keselamatan dan Kesehatan Kerja) selama melaksanakan kerja.

Karyawan PT MIR, Chairuman Nasution, usai menerima alat bantu Ankle Foot Orthosis (AFO), memberikan testimoni bahwa ia sangat bersyukur dan berterima kasih kepada BPJS Ketenagakerjaan dan PT MIR.

“Melalui bantuan pengobatan serta alat bantu jalan ini, saya masih bisa produktif dan kembali bekerja di PT MIR meskipun dengan tugas yang berbeda,” ucapnya.

Dalam sosialisasi Return to Work dan MLT, selain diwarnai penyerahan alat bantu Ankle Foot Orthosis (AFO) kepada karyawan PT MIR, juga digelae dialog terkait program BPJS Ketenagakerjaan yang dipandu Kepala Kantor Cabang Padang Sidempuan Eris Aprianto.(a39)

  • Bagikan