Bupati DS: Introspeksi Menuju Lebih Baik Dan Bermanfaat

  • Bagikan
BUPATI Deliserdang HM Ali Yusuf Siregar didampingi Ketua Panitia Syahrul MPd menyerahkan buku Yasin kepada kelompok pengajian pada acara pengajian dan zikir Akbar Refleksi Akhir Tahun 2023 di Masjid Agung Sultan Thaf Sinar Basarsyah Kompleks Perkantoran Pemkab Deliserdang, Kamis (28/12). (Waspada/Khairul K Siregar/B)
BUPATI Deliserdang HM Ali Yusuf Siregar didampingi Ketua Panitia Syahrul MPd menyerahkan buku Yasin kepada kelompok pengajian pada acara pengajian dan zikir Akbar Refleksi Akhir Tahun 2023 di Masjid Agung Sultan Thaf Sinar Basarsyah Kompleks Perkantoran Pemkab Deliserdang, Kamis (28/12). (Waspada/Khairul K Siregar/B)

LUBUKPAKAM (Waspada) : Pemkab Deliserdang menggelar pengajian dan zikir Akbar dalam rangka refleksi akhir tahun 2023 di Masjid Agung Sultan Thaf Sinar Basarsyah Kompleks Perkantoran Pemkab Deliserdang, Kamis (28/12).

Pengajian dan zikir Akbar yang dipandu M.Khaidir Lubis dihadiri Bupati Deliserdang HM Ali Yusuf Siregar, Ketua TP PKK Deliserdang Hj.Sri Pepeni MA Yusuf Siregar, Sekdakab H.Timur Tumanggor, S.Sos,MAP, Dandim 0204/DS Letkol Czi Yoga Febrianto, SH, Ketua DWP Hj.Boya Yanti Timur Tumanggor, para Asisten, Staf Ahli, pimpinan OPD, Camat dan kelompok pengajian se Kabupaten Deliserdang.

Bupati Deliserdang HM Ali Yusuf Siregar dalam sambutannya mengatakan tujuan utama penyelenggaraan pengajian dan zikir Akbar dalam rangka refleksi akhir tahun 2023 Pemkab Deliserdang.

Bupati DS: Introspeksi Menuju Lebih Baik Dan Bermanfaat
BUPATI Deliserdang HM Ali Yusuf Siregar menyampaikan sambutan pada acara pengajian dan zikir Akbar Refleksi Akhir Tahun 2023 di Masjid Agung Sultan Thaf Sinar Basarsyah Kompleks Perkantoran Pemkab Deliserdang, Kamis (28/12). (Waspada/Khairul K Siregar/B)

Menurut Bupati, kegiatan ini akan lebih bermakna apabila kita bersama-sama mengintrospeksi, berzikir dan berjuang pada hal-hal yang lebih positif dalam berbagai aspek kehidupan baik dalam konteks ibadah, sosial, bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

“Mari kita merefleksi apa yang sudah kita lalui untuk mempersiapkan diri kita pada tahun yang akan datang sehingga di tahun berikutnya kita dapat meminimalisir kesalahan dan memahami kilas balik perjalanan kehidupan sebagai sebuah titik tolak peningkatan kualitas diri baik lahiriyah maupun bathiniyah”kata Bupati.

Selain itu, momentum pengajian dan zikir Akbar ini harus dapat dimaknai sebagai sarana introspeksi dan perenungan dalam mengamalkan ajaran islam dalam kehidupan sehari-hari. Oleh karenanya, sebagaimana yang difahami bahwa ajaran islam mengandung pesan tuntunan hidup yang mengatur umatnya untuk mewujudkan kemashlahatan bersama berbuat amar makruf nahi munkar.

Pengajian ini juga merupakan bentuk rasa syukur atas seluruh pencapaian yang diraih Pemkab Deliserdang baik berupa penghargaan dan pencapaian lainnya yang tentunya tidak terlepas dari kerjasama Pemkab Deliserdang dan seluruh elemen masyarakat di kabupaten Deliserdang ini.

Terkait pergantian tahun baru 2024 yang merupakan tahun politik, Bupati mengajak masyarakat Deliserdang untuk menjaga kerukunan bermasyarakat dan mempererat kebersamaan.

“Jangan sampai terjadi perpecahan dalam diri umat islam karena berbeda pandangan politik atau berbeda pilihan. Apapun pilihan kita, persatuan dan kesatuan harus tetap di jaga dan persaudaraan diatas segalanya. Semoga di tahun 2024 yang akan datang kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara di Indonesia khususnya Kabupaten Deliserdang berjalan lebih baik, aman, damai dan kondusif serta dijauhkan dari segala kesulitan dan bencana. Mari kita songsong datangnya tahun 2024 ini dengan introspeksi dan mawas diri terhadap semua yang telah kita perbuat sekaligus memanfaatkan komitmen dan tekad kita untuk berhijrah menuju ke arah yang lebih baik dan bermanfaat”pesannya.

Sebelumnya, Ketua Panitia kegiatan yang juga Kabag Kesra Setdakab Deliserdang Drs.Syahrul, MPd, dalam laporan singkatnya menjelaskan tujuan dari pengajian dan zikir Akbar ini adalah sebagai refleksi akhir tahun 2023 diiringi do’a dan harapan untuk Kabupaten Deliserdang yang lebih baik di tahun mendatang.

Al Ustadz Dr.H.Amhar Nasution, MA dalam tausyiahnya menegaskan bahwa pergantian tahun harus menjadi lebih baik dari sebelumnya. Dijelaskannya, dalam salah satu ayat Alqur’an disebutkan bahwa manusia itu sering dilanda kerugian. Orang yang tidak merugi ada beberapa hal diantaranya beriman kepada Allah, beramal soleh, bersedeqah, dan menegakkan kebenaran.

“Kegiatan yang kita laksanakan ini adalah kegiatan amal soleh karena kegiatan ini akan semakin meningkatkan silaturrahim diantara kita dan orang yang suka menjalankan silaturrahim itu menjalankan sunnatullah (sunnah yang disukai oleh Allah) “kata Ustadz H. Amhar Nasution.(a01/a14/B)

  • Bagikan