Bupati DS : Wujudkan Pembangunan Berkualitas Dan Berkelanjutan

  • Bagikan
SEKDAKAB Deliserdang H.Timur Tumanggor, S.Sos,M.AP membacakan sambutan Bupati Deliserdang sekaligus membuka forum perangkat daerah/lintas Perangkat Daerah dalam rangka penyusunan RKPD Tahun 2025 di Aula Cendana lantai II Kantor Bupati Deliserdang, Kamis (22/2). (Waspada/Khairul K Siregar/B)
SEKDAKAB Deliserdang H.Timur Tumanggor, S.Sos,M.AP membacakan sambutan Bupati Deliserdang sekaligus membuka forum perangkat daerah/lintas Perangkat Daerah dalam rangka penyusunan RKPD Tahun 2025 di Aula Cendana lantai II Kantor Bupati Deliserdang, Kamis (22/2). (Waspada/Khairul K Siregar/B)

LUBUKPAKAM (Waspada) Perangkat Daerah memiliki tanggungjawab yang besar dalam mewujudkan pembangunan yang berkualitas dan berkelanjutan. Untuk mewujudkan hal itu maka perlu terus berinovasi serta menjalin kerjasama yang baik antar perangkat daerah serta mengambil langkah kongkret untuk mengatasi berbagai tantangan yang dihadapi masyarakat.

Hal itu ditegaskan Bupati Deliserdang HM Ali Yusuf Siregar dalam sambutan disampaikan Sekdakab Deliserdang H.Timur Tumanggor, S.Sos,M.AP ketika membuka forum Perangkat Daerah/lintas Perangkat Daerah dalam rangka penyusunan rancangan rencana kerja Perangkat Daerah Kabupaten Deliserdang Tahun 2025 di Aula Cendana lantai II Kantor Bupati Deliserdang, Kamis (22/2).

Dikatakannya, forum ini merupakan lanjutan dari rangkaian tahapan dalam penyusunan dokumen perencanaan tahunan sebagaimana yang diamanatkan Permendagri Nomor 86 Tahun 2017.

Menurut Bupati, beberapa aspek yang perlu mendapatkan perhatian khusus dalam kegiatan ini yakni pendidikan, kesehatan, infrastruktur dan pemberdayaan ekonomi masyarakat dengan tetap memperhatikan aspek lainnya. Sinergi antara pemerintah dan masyarakat juga harus ditingkatkan guna membangun kepercayaan dan partisipasi aktif masyarakat dalam proses pembangunan.

“Forum ini penting untuk dilakukan guna memastikan empat pendekatan perencanaan dan dapat diimplementasikan sebagaimana amanat UU Nomor 25 Tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional yaitu pendekatan politik, teknokratik, partisipatif top down dan botton up harus digunakan secara proporsional dan terukur agar dokumen perencanaan pembangunan daerah yang dihasilkan berkualitas dan berdampak terhadap kesejahteraan masyarakat”tegas Bupati.

Ditambahkannya, program kegiatan dan sub kegiatan perencanaan pembangunan daerah yang akan diprioritaskan pada tahun 2025 sejalan dengan arah kebijakan pembangunan daerah Kabupaten Deliserdang dengan empat prioritas pembangunan yakni pembangunan sosial melalui peningkatan kualitas sumber daya manusia, pembangunan ekonomi yang berdayasaing, pembangunan infrastuktur dan aksesbilitas kewilayahan yang berwawasan lingkungan serta pemantapan pelaksanaan reformasi birokrasi.

“Saya minta kepada seluruh perangkat daerah untuk dapat mengikuti kegiatan ini secara sungguh-sungguh karena hasil pembahasan forum ini nantinya akan dituangkan pada berita acara kesepakatan bersama Forum Perangkat Daerah/lintas Perangkat Daerah serta menjadi bahan penyempurnaan rancangan RKPD yang akan dibahas pada Musrenbang RKPD Kabupaten Deliserdang Tahun 2025″harap Bupati.

Sebelumnya, Kepala Bappedalitbang Kabupaten Deliserdang Dr.Ir.Remus H Pardede dalam laporannya menjelaskan forum ini bertujuan untuk membahas dan menyempurnakan rancangan rencana kerja (renja) perangkat daerah guna penyempurnaan RKPD Kabupaten Deliserdang Tahun 2025. Selanjutnya hasil pembahasan renja dalam forum ini dirumuskan dalam berita acara kesepakatan dan ditandatangani oleh unsur yang mewakili pemangku kepentingan yang menghadiri kegiatan ini.

Hadir dalam kegiatan itu, para Asisten, Staf Ahli, akademisi dari USU Dr.Paidi, beberapa pimpinan OPD, para Kabag di lingkungan Pemkab Deliserdang, Camat dan lainnya. (a01/a14/B)

  • Bagikan