Bupati Sergai, Suksesnya Pemilu Tanggung Jawab Bersama

  • Bagikan
Bupati Sergai, Suksesnya Pemilu Tanggung Jawab Bersama

Bupati Sergai H. Darma Wijaya mengikuti Apel Pemilu tahun 2024. Waspada/ist

SEIRAMPAH (Waspada): Bupati Serdang Bedagai (Sergai) H. Darma Wijaya mengikuti Apel Siaga Pengawasan Pada Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2024 Kabupaten Sergai. Apel yang dipimpin oleh Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Sergai Erwin Saputra Saragih dilaksanakan di Halaman Kantor Bupati Sergai, Sei Rampah, Sabtu (9/12)

Usai apel, Bupati Darma Wijaya dalam keterangannya menyampaikan kalau Pemkab Sergai mendukung sepenuhnya langkah, niat baik, dan ikhtiar Bawaslu Sergai untuk menghadapi Pemilu tahun 2024 di Sergai.

“Apel ini juga sebagai simbol semangat untuk bersatu yang dapat menumbuhkan kesadaran dari masyarakat untuk ikut terlibat dalam pengawasan Pemilu agar jalannya proses demokrasi berlangsung lancar,” ujarnya.

Menurut Darma Wijaya, suksesnya Pemilu 2024 tidak hanya andil dari para penyelenggara pemilu namun juga tanggung jawab bersama seluruh elemen masyarakat.

“Hari ini kita berkumpul untuk memastikan bahwa proses demokrasi berjalan dengan adil, transparan dan damai. Saya mengajak seluruh aparat pengawas dan komponen masyarakat untuk bersatu menjaga keamanan dan kedamaian, karena Pemilu bukanlah perang, melainkan perayaan demokrasi,” tegasnya.

Secara khusus Bupati yang punya panggilan akrab Bang Wiwik ini berpesan agar Bawaslu Sergai beserta jajaran Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) dan juga Pengawas Kelurahan/Desa (PKD) dapat mempersiapkan upaya-upaya konkret guna memastikan tahapan kampanye berjalan dengan baik sesuai dengan aturan yang berlaku.

Baginya ada beberapa potensi kerawanan dalam tahapan kampanye yang harus diawasi dan diantisipasi seperti black campaign di media sosial dengan menyebarkan informasi bohong, hoaks, dan isu SARA.

“Selain itu juga adanya indikasi politik uang dalam kampanye, keterlibatan serta netralitas ASN, serta potensi pelanggaran lainnya. Seluruh bentuk pelanggaran kampanye harus mendapatkan perhatian dan penindakan secara tegas dalam tahapan kampanye karena dapat merusak proses demokrasi dan mencederai prinsip keadilan,” tutupnya.

Sebelumnya dalam amanat apelnya, Ketua Bawaslu Sergai Erwin Saputra Saragih mengajak seluruh jajarannya untuk memastikan seluruh Panwascam dan PKD memiliki pemahaman yang mendalam tentang aturan dan regulasi kampanye pemilihan umum.

Dia juga meminta agar meningkatkan koordinasi antar Pengawas dari mulai tingkat Kabupaten, Kecamatan serta Kelurahan dan Desa.

“Manfaatkan teknologi yang ada saat ini untuk mendukung kerja pengawasan masing-masing pengawas di tingkatannya, membuat strategi khusus untuk pengawasan kampanye di media sosial terkait akun-akun yang membuat berita hoaks dan ujaran kebencian yang harus kita awasi, dan tentunya kita lawan dengan cara menjawab dengan berita yang benar atau positif tentang Pemilu dengan dasar aturan serta regulasi,” tuturnya.

Lewat amanatnya, Ketua Bawaslu juga menekankan pentingnya fokus pada strategi pengawasan dan pencegahan pelanggaran ruang publik selama Pemilu.

“Pengawas Pemilu diharapkan untuk memastikan cermatnya pengawasan terhadap interaksi kandidat dengan pemilih dan pemasangan materi kampanye,” ujarnya menekankan.

Selain itu, dirinya juga mengajak Pengawas Pemilu untuk tidak pandang bulu dalam menertibkan APK, memiliki kesiapan mental dan fisik, serta menjunjung tinggi integritas dalam menjalankan tugasnya.

Apel Siaga Pengawasan Pada Pemilu tahun 2024 Kabupaten Sergai ini diikuti antara lain oleh unsur Forkopimda Kabupaten Sergai, jajaran Staf Ahli dan Asisten, para Kepala OPD, dan perwakilan partai politik. (cmw/a15)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *