Bupati Simalungun Hadiri Pra Musrembang RKPD 2025 Provsu

  • Bagikan
Bupati Simalungun Hadiri Pra Musrembang RKPD 2025 Provsu

Bupati Simalungun Radiapoh H Sinaga, saat mengikuti pra Musrenbang RKPD Tahun 2025 Zona Dataran Tinggi Provinsi Sumatera Utara, di Sibayak Hotel Berastagi Jl. Merdeka, Gundaling I, Kecamatan Berastagi, Kabupaten Karo, Selasa (16/1).(Waspada/ist).

SIMALUNGUN (Waspada): Bupati Simalungun, Radiapoh Hasiholan Sinaga menghadiri kegiatan pra Musyarawah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun 2025 Zona Dataran Tinggi Provinsi Sumatera Utara.

Musrenbang RKPD tersebut berlangsung 16 – 17 Januari 2024 di Sibayak Hotel Berastagi Jl. Merdeka, Gundaling I, Kecamatan Berastagi, Kabupaten Karo, Sumatera Utara. Secara resmi pelaksanaan Musrembang Ini dibuka Pj Gubernur Sumatera Utara Dr Hassanudin, ditandai dengan pemukulan Hand Screen, Selasa (16/1/2024).

Dalam kesempatan itu, Bupati Simalungun menyampaikan, pra Musrembang ini merupakan bagian dari proses penyusunan RKPD Provinsi Sumatera Utara 2025 khusus Zona Dataran Tinggi, agar nantinya bisa tepat sasaran secara efektif dan efisien dalam mencapai target sasaran indikator Pembangunan daerah Sumatera Utara.

Bupati Simalungun Hadiri Pra Musrembang RKPD 2025 Provsu

” Sejalan dengan visi misi Pemerintahan Kabupaten Simalungun, kami sangat mendukung dalam mewujudkan Sumatera Utara Hebat Berdaulat, maju dan berkelanjutan,” kata Bupati.

Dikatakan, Pemkab Simalungun akan selalu berkoordinasi dan berkomunikasi dengan Pemerintah Provinsi Sumatera Utara, dengan mengembangkan kolaborasi dan inovasi untuk mewujudkan pembangunan Sumut.

Selanjutnya Bupati Simalungun menyampaikan, Pemkab Simalungun, dalam mendukung tematik perencanaan Prov. Sumut Tahun 2025 telah mencapai target indikator Pembangunan di Simalungun dalam kurun waktu 2 tahun terakhir.

Hal ini, kata Bupati Simalungun, terlihat dari keseriusan Pemkab Simalungun dalam menjalankan agenda-agenda program kerja yang berfokus dalam kesejahteraan masyarakat.

Lebih lanjutnya, Bupati Simalungun menjelaskan beberapa capaian indikator kinerja pembangunan di Kabupaten Simalungun, antara lain, jumlah puskesmas yang terakreditasi, peningkatan jumlah penerima BPJS PBI Pemda, BPJS JKN, jumlah atlet yang berkompetensi di tingkat Provinsi dan nasional, jumlah rehabilitasi kantor UPTD KB, jumlah kecamatan yang memiliki fasilitas dalam pencetakan KTP, jumlah pembangunan daur ulang sampah dan banyak lagi yang telah kita capai.

Selain capaian, Bupati Simalungun mengatakan, Pemkab Simalungun mendapat 27 penghargaan, antara lain, terbaik 1 TPID award teraktip tahun 2023, penghargaan Manggala Karya kencana dari BKKBN RI, mendapatkan Sertifikat Adipura kota kecil untuk kota Pematang Raya oleh menteri Lingkungan Hidup RI.

Kemudian, penghargaan peringkat 58 dari 415 Pemkab se-Indonesia dan peringkat 2 se-provinsi Sumatera Utara penilaian kepatuhan penyelenggaraan pelayanan publik tahun 2023 oleh Ombudsman. “Dan masih banyak lagi penghargaan yang telah di capai selama 2023,” kata Bupati Simalungun.

“Kita berharap di tahun 2024 Provinsi Sumatera Utara semakin hebat, maju dan terdepan. Khususnya kita, Kabupaten Simalungun bisa mendapatkan anggaran lebih untuk pembangunan dari seluruh sektor. Demi mewujudkan visi misi Kabupaten Simalungun Rakyat Harus sejahtera,” harap Bupati

Bupati Simalungun Hadiri Pra Musrembang RKPD 2025 Provsu

Sebelumnya, Pj. Gubernur menyampaikan Pra Musrembang RKPD Zona Dataran Tinggi Tahun 2025 ini sangat penting dalam mewujudkan Sumatera Utara Hebat.

Dikatakan, Sumatera Utara memiliki 4 Zona, maka dalam Musrembang dilaksanakan pada Zona Dataran Tinggi, Zona Pantai Timur, Zona Pantai Barat dan Zona Kepulauan Nias

Zona Dataran Tinggi ini memiliki potensi yang luar biasa di bidang Pariwisata dan Pertanian. Dalam mendukung upaya pengembangan potensi di daerah ini perlu di tingkatkan SDM Yang berkualitas, kelembagaan ekonomi masyarakat, sarana dan prasarana produksi dan infrastruktur yang mendukung perekonomian.

Perekonomian ekonomi di Sumatera Utara di beberapa kabupaten berada di rata-rata 4.73%, kemiskinan diangka rata-rata 8.15%, dan indeks pembangunan manusia rata-rata 73.37%.

“Jadi kita harus bersinergi, dan dalam visi pembangunan jangka panjang Sumatera Utara harus membawa kemandirian kemajuan dan Kesejahteraan,” kata Pj Gubsu.

Sementara, diawal acara sebagai tuan rumah, Bupati Karo, Corry Sriwati Sebayang dalam sambutan menyampaikan selamat datang kepada peserta Pra Musrembang RKPD Zona Dataran Tinggi 2025 di Sibayak Hotel Berastagi Kabupaten Karo.

” Kami berharap acara ini berjalan dengan baik dan lancar menghasilkan dan dapat menerima aspirasi ubtuk mewujudkan Sumatera Utara Hebat,” ujarnya.

Tampak hadir antara lain, Bupati Toba Ir Poltak Sitorus, Bupati Dairi Eddy Keleng Ate Brutu, Bupati Humbang Hasudutan Dosmar Banjarnaor, Bupati Pakpak Barat Franc Bernad Tumanggor, Walikota Pematang Siantar dr Susanti Dewayani, Bupati Samosir Vandiko Gultom, Wakil Bupati Tapanuli Utara Sarlandy Hutabarat dan undangan lainnya.(a27).

  • Bagikan