Diduga Terjadi Penggelembungan Suara Di Dapil III Deliserdang

Anggota Dewan Datangi Kantor KPUD

  • Bagikan
Diduga Terjadi Penggelembungan Suara Di Dapil III Deliserdang
Caleg DPRD Deliserdang yang juga Anggota DPRD Deliserdang Timur Sitepu saat mendatangi kantor KPUD Deliserdang. (Waspada/Ist)

DELISERDANG (Waspada): Calon legislatif (Caleg) DPRD Deliserdang yang juga Anggota DPRD Deliserdang Timur Sitepu mendatangi kantor Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Deliserdang, di Jalan Karya Jasa, Desa Tanjung Garbus I, Kecamatan Lubuk Pakam, Sabtu (2/3).

Musabab kedatangan Timur Sitepu karena menduga ada terjadi penggelembungan suara untuk Caleg lain sesama partai di Kecamatan Patumbak dan Deli Tua.

Timur Sitepu menjelaskan, dia yang saat ini bertarung di Daerah Pemilihan (Dapil) III meliputi Kecamatan, Sibolangit, Namorambe, Biru biru, Deli Tua dan Kecamatan Patumbak dari PDI Perjuangan nomor urut 2 mendatangi Kantor KPUD Deliserdang dengan maksud melaporkan sejumlah temuan timnya terkait dugaan terjadinya pelanggaran Pemilu dalam bentuk penggelembungan suara di sejumlah tempat pemungutan suara di Kecamatan Patumbak dan Deli Tua.

Katanya, dari temuannya bersama tim relawan didapati perbedaan jumlah C 1 hasil dengan D hasil, setelah Pleno di tingkat Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK). Dari temuan itu mengakibatkan perubahan perolehan suara menjadi menguntungkan salah satu caleg PDI Perjuangan lainnya.

“Kita ke KPU melaporkan dugaan ketidakprofesionalan penyelenggara di PPK menyebabkan perubahan hasil suara. Saya saja anggota Dewan masih ada penyelenggara yang berani bermain suara Caleg, apalagi Caleg itu orang biasa-biasa,” katanya.

Timur menambahkan, peristiwa ini disampaikan langsung pada Ketua KPU Deliserdang Syahrial Effendi yang didampingi sejumlah Komisioner KPU diantaranya Timo Daulay dan Ziaulhaq Siregar.

Dalam hal ini, Ketua KPU menyarankan pada Timur Sitepu untuk membuat laporan secara tertulis di tujukan ke Bawaslu Deliserdang dan KPUD setempat.

Timur berharap, ada tindakan oleh KPU atas hal ini, agar proses Pemilu ini dilakukan secara profesional dan tidak merugikan calon yang lain.

“Kami minta ini ditindak, apabila KPU dan Bawaslu tak menanggapi temuan ini, kami akan melaporkan ke DKPP,” tegasnya.

Sementara itu Komisioner Divisi Teknis KPU Deliserdang, Ziaulhaq Siregar, ketika dikonfirmasi mengakui, bahwa kehadiran Timur Sitepu ke KPUD Deliserdang karena menurutnya adanya perbedaan C1 hasil dengan D1 hasil.

“Dia menyampaikan, menurut data dia bahwa ada perbedaan C1 dan D1 hasil yang sudah direkap oleh teman-teman PPK Deli Tua dan Patumbak,” katanya.

Ziaulhaq pun menyebut, pihaknya meminta kepada yang bersangkutan untuk melaporkan secara tertulis. “Ya, kita menyampaikan (atas keberatan dibuat) secara tertulis dan nanti kita akan konfirmasi ke teman-teman PPK,” ungkapnya. (a16)

  • Bagikan