Dihadiri Seribuan Umat Islam, Bupati Simalungun Buka MTQ Ke-50 Di Bahjambi

  • Bagikan
Bupati Simalungun Radiapoh Hasiholan Sinaga saat melantik dewan hakim pada MTQ ke 50 Tingkat Kabupaten Simalungun yang digelar di lapangan bola kaki PTPN IV Bahjambi, Senin (26/2).(Waspada/Hasuna Damanik)
Bupati Simalungun Radiapoh Hasiholan Sinaga saat melantik dewan hakim pada MTQ ke 50 Tingkat Kabupaten Simalungun yang digelar di lapangan bola kaki PTPN IV Bahjambi, Senin (26/2).(Waspada/Hasuna Damanik)

SIMALUNGUN (Waspada): Pemkab Simalungun menggelar Mushabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ) Ke 50 Tingkat Kabupaten Simalungun Tahun 2024 dipusatkan di Lapangan Bolakaki PTPN-IV Kebun Bahjambi, Kecamatan Jawamaraja Bahjambi, Kabupaten Simalungun, Senin (26/2/2024).

Gelar MTQ tersebut dihadiri ribuan umat Islam dan dibuka secara Resmi Bupati Simalungun Radiapoh Hasiholan Sinaga ditandai dengan pemukulan bedug, pelepasan balon dan pemukulan gonrang (gendang).

Mengawali sambutannya Bupati Simalungun menyampaikan apresiasi kepada seluruh pihak yang telah mendukung kegiatan MTQ ini sehingga dapat berjalan dengan baik.

Selanjutnya Bupati berharap, MTQ tidak hanya event rutin biasa, akan tetapi harus mampu memaknai MTQ sebagai event yang memiliki nilai yang sangat besar diantaranya nilai spritual dan ekonomi.

Dalam nilai spiritual, Bupati mengatakan, MTQ merupakan sarana ibadah, silaturrahmi, penguatan generasi qurani dan pendalaman kajian keagamaan.

” Pada nilai ekonomi, MTQ memiliki multiplayer effect ekonomi yang besar baik secara permanen dan musiman, serta sebagai sarana perekat persatuan dan kesatuan,” kata Bupati yang didamping Ketua TP PKK Ny Ratnawati Radiapoh Hasiholan Sinaga.

Disamping itu, lanjut Bupati, melalui event MTQ juga diharapkan dapat menumbuhkan lembaga pendidikan dan pelatihan Tilawatil Qur’an, serta perputaran ekonomi mikro dalam event MTQ seperti saat ini.

” Saya atas nama Pemkab Simalungun, berkomitmen untuk tetap melaksanakan event MTQ, serta konsen dalam peningkatan prestasi melalui dukungan anggaran pengembangan Tilawatil Qur’an yang di komandoi LPTQ sebagai leading agar lebih baik setiap tahunnya,” ucap Bupati.

Sisi lain, Bupati menyampaikan kepada masyarakat kecamatan Jawamaraja Bahjambi, Tahun 2024 ini Pemkab Simalungun akan melakukan rekonstruksi jalan jurusan Nagojor dan jalan jurusan Nagojor menuju Bahjambi, lebih kurang 7 Km.

Dengan dilakukan kegiatan rekonstruksi jalan tersebut, Bupati berharap dapat meningkatkan laju pertumbuhan ekonomi masyarakat khususnya di Kecamatan Jawamaraja Bahjambi.

Sementara itu, Ketua DPRD Simalungun Timbul Jaya Sibarani dalam sambutannya antara lain berharap, lewat kegiatan MTQ ini akan tercipta SDM generasi muda yang handal dan qualified di Simalungun.

” Selamat bertanding, jangan menganggap MTQ ini untuk mencari kejuaraan, tapi tunjukkan kemampuan kalian dalam mendalami Al Qur’an ini,” pesan Timbul kepada peserta.

Sebelumnya pembukaan MTQ ini diawali defile kontingen peserta yang berasal dari kecamatan Se-Kabupaten Simalungun, pembacaan ayat suci Al-Qur’an oleh Siti Rohima dan saritilawah dibawakan oleh Tantri Musfira Dimar.

Kemudian pengibaran bendera LPTQ oleh Paskibra diiringi dengan Mars MTQ, dilanjutkan dengan pelantikan dewan hakim MTQ Bupati Simalungun dan baiat oleh Kakan Kemenag H Ahmad Sofian.(a27).

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *