Dinas Pertanian Padangsidimpuan Salurkan 29 Ton Bibit Padi Gemas El Nino

  • Bagikan
Pj.Wali Kota Padangsidimpuan, Dr. Letnan Dalimunthe (kanan) menyerahkan bibit padi kepada salah seorang petani di Pendopo Kantor Walikota, Jl.Sudirman, Padangsidimpuan, Kamis (7/12). Waspada/ist.
Pj.Wali Kota Padangsidimpuan, Dr. Letnan Dalimunthe (kanan) menyerahkan bibit padi kepada salah seorang petani di Pendopo Kantor Walikota, Jl.Sudirman, Padangsidimpuan, Kamis (7/12). Waspada/ist.

P.SIDIMPUAN (Waspada) : Dinas Pertanian Kota Padangsidimpuan akan menyalurkan bantuan bibit padi Gemas El Nino kepada petani yang tergabung dalam 109 kelompok tani di enam kecamatan yang ada di wilayah Kota Padangsidimpuan.

“29 ton bibit padi akan disalurkan kepada 109 kelompok tani di enam kecamatan,” kata Kepala Dinas Pertanian Padangsidimpuan, Edi Darwan, SP pada acara penyerahan bibit padi secara simbolis kepada petani di Pendopo Kantor Walikota, Jl.Sudirman, Padangsidimpuan, Kamis (7/12).

Bibit padi jenis Gemas El Nino tersebut diserahkan Penjabat Wali Kota Padangsidimpuan Dr. Letnan Dalimunthe M.Kes kepada perwakilan petani dan disaksikan Plh.Sekdako Rahuddin Harahap, Asisten 1 Iswan Nagabe Lubis, Kadis Perhubungan Alvian serta Kadis Kominfo Nurcahya Budi Susetyo.

Kadis Pertanian menjelaskan, bibit padi sebanyak 29 ton tersebut diperuntukkan bagi 1.195 hektar lahan persawahan di enam kecamatan. Dengan bantuan bibit itu, Edi Dari berharap, hasil panen petani dapat meningkat pada tahun 2024.

Pj. Wali Kota Dr. Letnan Dalimunthe mengatakan, bibit padi Gemas El Nino akan mampu berkembang dengan baik meskipun terjadi perobahan cuaca. “Dampak El Nino tergantung pada intensitas, durasi, dan musim yang sedang berlangsung,” ucapnya.

Selain itu, ungkap Letnan, El Nino akan memberikan dampak pada kondisi lebih kering sehingga curah hujan berkurang, tutupan awan berkurang, dan suhu meningkat.Untuk menghadapi kondisi cuaca tersebut, pemerintah memberikan bantuan bibit padi Gemas El Nino pada petani.

Abdul Maris Siregar, salah seorang petani, usai menerima bantuan bibit padi Gemas El Nino mengucapkan terima kasih kepada Pemko Padangsidimpuan yang telah memberi bantuan bibit padi kepada kelompok tani.(a39).

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *