DELISERDANG (Waspada): Dinas Sumber Daya Air,Bina Marga dan Bina Kontuksi (SDABMBK) Deliserdang gelar forum konsultasi pelayanan publik dengan kepala desa, dinas terkait, akademisi, media massa dan Unit Pelaksana Tehnis di Aula SDABMBK, Selasa (15/10/24).
Kepala Dinas SDABMBK Deliserdang Janso Sipahutar diwakili Sekretaris, H. Suparno saat membuka kegiatan tersebut meminta agar kegiatan yang dilakukan dapat tersosialisasi kepada masyarakat.
“Saat ini kita dituntut untuk meningkatkan pelayanan publik kepada masyarakat. Untuk itu kita harus melakukan meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat. Kemudian memberikan standar pelayanan, sebab standar pelayanam merupakan tolak ukur. Tujuannya memberikan kualitas untuk mendapat kepercayanan masyarakat. Itu sebabnya kita lakukan konsultasi publik,” kata H. Suparmo.
Kabag Organisasi Setdakab Deliserdang diwakili Analisis Kebijakan Ahli Muda Bidang Pelayanan Publik dan Tatalaksana, Vivi Andriani menjelaskan, setiap pelayanan publik harus melibatkan masyarakat. Termasuk menerima masukan dan saran dari masyarakat, sehingga kebijakan yang akan diambil penyelenggara layanan selaras dengan masyarakat.
“Penyelenggara juga harus membuat penanganan aduan dan sarana masukan. Baik itu secara langsung dengan maupun dalam bentuk surat, sehingga apa permasalahan di tengah masyarakat bisa secepatnya ditangani,” papar Vivi.
Kabid Bina Marga, Agus Salim Lubis menambahkan, untuk pembangunan jalan dan jembatan memang harus melengkapi beberapa berkas administasi. Seperti surat permohonan dari desa/kecamatan, kemudian dilanjut tahap Musrenbang. Lalu surat pernyataan pelepasan hak atas tanah dari desa untuk pembangunan.
“Setelah persyaratan itu dilengkapi maka kita akan melakukan survei lapangan. Kemudian tim survei melaporkan hasil kepada pimpinan,” tandas Agus Salim Lubis.
Turut menjadi pembicara, Kabid Sumberdaya Air, Habibi Aswin.
Pada forum itu juga dilakukan tanya jawab dan masukan dari para peserta yang diakhiri penandatangan fakta integristas.***