Disdukcapil Deliserdang Dua Pekan Cetak 7.076 KTP Pemilih Pemula

  • Bagikan
Disdukcapil Deliserdang Dua Pekan Cetak 7.076 KTP Pemilih Pemula
Kadis Kependudukan dan Pencatatan Sipil Deliserdang, Misran Sihaloho saat menyerahkan KTP-el pemilih pemula kepada perwakilan sekolah. (Waspada/Ist)

DELISERDANG (Waspada): Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Deliserdang telah mencetak sekira 7.076 KTP-el bagi pemilih pemula sejak 1 Februari 2024. Hal tersebut dilakukan agar pemilih pemula yang telah berumur 17 tahun dapat menggunakan hak pilihnya pada Pemilihan Umum (Pemilu) 14 Febuari 2024.

Kadis Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Deliserdang, Misran Sihaloho didampingi Kabid Pemanfaatan Data dan Inovasi Pelayanan Disdukcapil Deliserdang Fitra Umar Harahap mengatakan, bahwa pencetakan KTP-el sebagai bentuk penyediaan atas identitas kependudukan bagi warga Deliserdang, sejak Januari 2023 hingga 12 Februari 2024, sudah sekira 57.000 KTP-el.

Misran mengaku, dari jumlah 57.000 KTP-el yang telah dicetak sejak Januari 2023 hingga 12 Februari 2024 ini pada saat 1 Februari 2024 warga mengalami peningkatan untuk melakukan perekaman.

“Sehingga 2 pekan ini Disdukcapil Deliserdang telah mencetak 8.845 KTP-el. Diantara sejumlah itu, prioritas pencetakan KTP-el bagi pemilih pemula yang sudah tercetak sekira 7.076 unit,” kata Misran kepada wartawan, Senin (12/2) di kantornya.

Disdukcapil Deliserdang Dua Pekan Cetak 7.076 KTP Pemilih Pemula
Suasana saat para pemilih pemula bersama keluarga antre di Disdukcapil Deliserdang untuk melakukan perekaman KTP-el. (Waspada/Edward Limbong)

Menurut Misran, prioritas yang diberikan kepada pemilih pemula merupakan bentuk mengoptimalkan partisipasi pemilih menjelang pesta demokrasi pemilihan Presiden dan Wakil Presiden serta Legislatif.

Dimana, pihaknya juga telah melakukan beberapa upaya untuk mengoptimalkan partisipasi pemilih pada Pemilu 2024, diantaranya melakukan perekaman KTP-el bagi pemilih pemula di Disdukcapil dan 22 kantor camat. “Serta upaya jemput bola mendatangi 15 sekolah yang tersebar di 9 Kecamatan melalui program “Go To School” dengan pelayanan secara gratis,” ungkap Misran.

Misran juga menjelaskan, selama satu hari, Senin (12/2), Disdukcapil Deliserdang telah melakukan perekaman terhadap 990 orang, pencetakan KTP-el sebanyak 1.573 unit, IKD (Identitas Kependudukan Digital) 11 unit, dan status PRR (Print Ready Record) artinya sudah menunggu untuk dicetak sebanyak 9.899 unit, sedang sisa blangko yang tersedia adalah 12.897 unit.

“Perlu diketahui masyarakat bahwa pencetakan KTP-el khususnya bagi pemilih pemula akan dilayani hingga hari H Pemilu, Rabu (14/2) pagi, meskipun hari yang diliburkan. Layanan perekaman dan pencetakan KTP-el disambut antusias masyarakat, semoga dapat meningkatkan partisipasi pemilih,” imbau Misran. (a16/a01)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *