DPRD Humbahas Setujui Ranperda P-APBD TA 2022

  • Bagikan

DOLOKSANGGUL (Waspada): Setelah melalui proses pembahasan di lembaga DPRD, Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) Perubahan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (P-APBD) Kab. Humbahas TA 2022 akhirnya disetujui untuk ditetapkan menjadi Perda dalam rapat Paripurna DPRD Humbahas, di Gedung DPRD, Komplek Tano Tubu, Doloksanggul, Kamis (29/9).

Paripurna penetapan bersama Ranperda P-APBD ini dipimpin Ketua DPRD Humbahas, Ramses Lumbangaol didampingi  dua Waket Marolop Manik, Labuan Sihombing dan para anggota DPRD lainnya.

Wakil Bupati Humbahas, Oloan Paniaran Nababan usai penandatanganan persetujuan bersama Rancangan P-APBD dalam sambutannya, mengatakan bahwa, penyusunan APBD 2022 sesuai dengan Permendagri Nomor 27/2021 tentang pedoman penyusunan APBD tahun anggaran 2022.

Selanjutnya, katanya, dalam pembahasan Ranperda P-APBD, banyak usulan, masukan, saran termasuk himbauan yang disampaikan para anggota DPRD dalam penyempurnaan Ranperda. Hal itu telah diakomodir dalam rangka percepatan pembangunan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat Humbahas secara rasional dengan tetap menjaga kualitas belanja pada program dan kegiatan yaitu dilaksanakan secara efektif, efesien dan akuntabel sampai dengan tahun anggaran berakhir.

Oloan mengakui, dalam penyusun dan pembahasan Ranperda P-APBD masih banyak program dan kegiatan prioritas yang belum ditampung karena keterbatasan sumber dana dan anggaran yang tersedia. Kedepan, melalui sinergitas yang baik antara seluruh stokeholder, pemerintah akan berusaha memberdayakan seluruh sumber daya yang ada untuk percepatan pembangunan di daerah itu.

Sebelumnya, Bupati Humbahas Dosmar Banjarnahor dalam nota pengantar keuangan Ranperda P-APBD memaparkan, bahwa jumlah APBD 2022 sebesar Rp1.039.563.285.496. Pada Rancangan P-APBD naik menjadi Rp1.079.303.551.749 atau naik 3,82%. Kenaikan itu antara lain karena pertambahan penerimaan pembiayaan yaitu pemanfaatan sisa lebih perhitungan anggaran tahun 2021. (cas)

  • Bagikan