Scroll Untuk Membaca

Sumut

‎Dr. Devi Sagala: RSUD Amri Tambunan Tak Pernah Menolak Pasien‎‎

‎Dr. Devi Sagala: RSUD Amri Tambunan Tak Pernah Menolak Pasien‎‎
RSUD Drs. H. Amri Tambunan. waspada.id/Ist
Kecil Besar
14px

LUBUKPAKAM (Waspada): Humas RSUD Amri Tambunan, dr. Devi Sagala menegaskan bahwa pihaknya tidak pernah menolak pasien.

Pernyataan itu terkait adanya dugaan keterlambatan penanganan pasien di Puskesmas Dalu X, Kecamatan Tanjungmorawa, membuat pihak RSUD Drs.H. Amri Tambunan angkat bicara.

Pasalnya, RSUD Amri Tambunan dituding lambat memberikan jawaban rujukan yang disampaikan pihak Puskesmas Dalu X, sehingga pasien tidak mendapat pengobatan.

Humas RSUD Amri Tambunan, dr. Devi Sagala selaku Humas menjelaskan, proses rujukan telah dilakukan sudah sesuai dengan prosedur layanan kesehatan yang berlaku.

‎“Ketika itu, pihak Puskesmas Dalu X mengirim rujukan ke RSUD Amri Tambunan pada pukul 14.53 WIB. Kemudian pukul 14.55 WIB, rujukan itu langsung kita respon,” kata dr. Devi, Kamis (25/6/25).

‎Kemudian, tambahnya, dokter jaga berkoordinasi dengan dokter spesialis anak yg ada di RSUD Amri Tambunan. Lantas dokter spesialis anak tersebut mengarahkan pasien dirujuk ke RSU Pusat Adam Malik Medan.

Pasalnya, pasien membutuhkan dokter spesialis anak konsultan Nefrologi Anak (spesialis anak konsultan ginjal anak) dimana RSUP Adam Malik yang memiliki fasilitas lengkap dan alat yang sesuai untuk kasus nefrologi anak (ginjal anak) yang diderita pasien.

‎”Tapi entah kenapa pasien atas nama Berliana Grecela br Giawa, 16, anak dari Ellya Sontaria br Silaban, seorang janda beranak tiga warga Dusun I Gang Rotan, Desa Buntu Bedimbar, kemudian dibawa ke rumah sakit lain menggunakan BPJS Mandiri,” papar Devi

‎Karena itu, secara tegas dr. Devi mengatakan bahwa RSUD Amri Tambunan tidak pernah menolak pasien. Terlebih jika tersedia fasilitas seperti tenaga dokter, ruangan, dan alat penunjang medis yang sesuai.

‎“Sampai hari ini, kami telah merawat 131 pasien Pas Pula (Pasien Tidak Mampu dengan BPJS atau Non-BPJS). Kami melayani semampu kami, sesuai dengan kemampuan fasilitas yang ada,” tuturnya.

‎Ia juga menyampaikan bahwa bukti proses rujukan yang telah dilakukan dapat dicek langsung melalui SISRUTE (Sistem Rujukan Terintegrasi), sebagai sistem resmi pencatatan rujukan pasien dari satu fasilitas kesehatan ke fasilitas kesehatan lainnya, baik dari fasilitas kesehatan tingkat pertama atau fasilitas kesehatan tingkat lanjut.

‎Pernyataan dr Devi, sekaligus menjadi penegasan bahwa RSUD Drs. H. Amri Tambunan tetap berkomitmen memberikan pelayanan maksimal kepada masyarakat, sesuai standar yang telah ditetapkan oleh Kementerian Kesehatan.(rin)

Update berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran favoritmu akses berita Waspada.id WhatsApp Channel dan Google News Pastikan Kamu sudah install aplikasi WhatsApp dan Google News.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*isi komentar sepenuhnya adalah tanggung jawab pengguna dan diatur dalam UU ITE