Dukung Pertanian, Bupati Simalungun Beri Bantuan Alsintan Kepada Poktan

  • Bagikan
Bupati Simalungun Radiapoh H Sinaga didampingi Kadis Pertanian, Sakban Saragih, saat menyerahkan bantuan Alsintan kepada Poktan.(Waspada/ist).
Bupati Simalungun Radiapoh H Sinaga didampingi Kadis Pertanian, Sakban Saragih, saat menyerahkan bantuan Alsintan kepada Poktan.(Waspada/ist).

SIMALUNGUN (Waspada): Untuk mendukung peningkatan produksi pertanian, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Simalungun melalui Dinas Petanian memberikan bantuan alat mesin pertanian (Alsintan) kepada sejumlah Kelompok Tani (Poktan).

Bantuan Alsintan tersebut diserahkan Bupati Simalungun Radiapoh Hasiholan Sinaga berupa Traktor kepada Poktan di Nagori Urung Panei, Kecamatan Purba, Simalungun, Sumut, Senin (16/10/2023).

Kepala Dinas Pertanian Simalungun Sakban Saragih melaporkan, bantuan Alsintan berupa Traktor Roda 4 sebanyak 5 unit diberikan kepada Poktan Jumah Tengah Nagori Purba Tua Baru, Kecamatan Silimakuta, Poktan Sada Nioga Nagori Saribu Jandi Kecamatan Pamatang Silimakuta dan Poktan Tunas Baru, Nagori Panduman, Kecamatan Raya Kahean. Ke 3 Poktan ini masing-masing menerima 1 unit.

Dukung Pertanian, Bupati Simalungun Beri Bantuan Alsintan Kepada Poktan

” Dan sebanyak 2 Unit sebagai Brigade Dinas Pertanian Simalungun, yang akan di pinjam pakaikan ke Poktan Nagori Urung Pane dan Poktan Giat Tani 1 Nagori Urung Pane, Kecamatan Purba, masing-masing 1 unit,” ucap Sakban.

” Selain Traktor, bantuan 1 unit Mobil Pick up juga diserahkan kepada Poktan Maju Jaya, Kelurahan Pamatang Raya, Kecamatan Raya,” tambah Sakban.

Selain itu, bantuan berupa Pembenah Tanah Senyawa Humat juga diberikan kepada Poktan di Kecamatan Dolok Masagal yaitu Poktan Rodo Tani dan Poktan Sumur Tani, keduanya berada di Nagori Parjalangan.

” Bantuan yang sama juga diberikan kepada Poktan di Kecamatan Dolok Silou yakni Poktan Rimo Manis dan Poktan Mawar keduanya berada di Nagori Panribuan,” sebut Kadistan.

Bupati Simalungun Radiapoh Hasiholan Sinaga dalam sambutannya mengajak seluruh masyarakat bekerja sama dalam membangun Kabupaten Simalungun.

” Kalau bersama – sama dan bergandengan tangan yakin dan percayalah kita akan bisa membangun Kabupaten Simalungun,” ucap Bupati.

Disampaikan Bupati, Kabupaten Simalungun dari segi geografisnya adalah sektor pertanian terluas di Provinsi Sumatera Utara. Dan yang menjadi masalah dari sektor hilirnya. ” Saya sudah berbicara dengan Kementerian, bahwa pertanian di Kabupaten Simalungun tidak kalah dengan di daerah lainnya,” sebut Radiapoh.

Menurut Bupati, petani Simalungun membutuhkan subsidi harga, karena jika harga hasil pertanian sudah stabil, para petani tidak membutuhkan lagi subsidi pupuk.

Oleh karena itu, Bupati mengajak para petani agar bersatu, sehingga mudah mengajukan bantuan pertanian dari Kementerian, dan untuk tahun 2024 Kabupaten Simalungun penerima bantuan pertanian terbesar.

” Kita selalu berupaya berkomunikasi dengan Kementerian untuk mendapatkan bantuan anggaran pertanian demi kesejahteraan para petani kita di Kabupaten Simalungun, namun semua itu, membutuhkan proses,” ujar Bupati.

Dukung Pertanian, Bupati Simalungun Beri Bantuan Alsintan Kepada Poktan

” Kita tidak supermen, dan kita bukan Tuhan yang bisa dengan membalikkan tangan langsung berubah. Akan tetapi semua butuh proses dan upaya serta bertahap,” imbuh Bupati.

Terkait dengan kondisi infrastruktur jalan bupati mengayakan terus berupaya menjalin komunikasi dengan provinsi dan kementerian terkait. Bahkan dwnfan masyarakat Simaljngun yang ada di perantauan untuk marharoan bolon (gotong royong) membantu perbaikan infrastruktur jalan di Kabupaten Simalungun,” ujarnya.

Dikatakan, ruas jalan di Kabupaten Simalungun sangat panjang dan sudah banyak yang rusak. Akan tetapi berkat kerjasama melalui marharon bolon, sudah banyak juga yang telah diperbaiki,” cetus Radiapoh.(a27).

  • Bagikan