Gerindra Deliserdang Pertahankan Kursi Ketua DPRD

Prabowo-Gibran Menang 57 Persen

  • Bagikan
Saksi Partai Gerindra Budi Sastra Sitepu berfoto bersama Komisioner KPUD Deliserdang dan Bawaslu serta para saksi partai politik lainnya usai rekapitulasi. (Waspada/ist).
Saksi Partai Gerindra Budi Sastra Sitepu berfoto bersama Komisioner KPUD Deliserdang dan Bawaslu serta para saksi partai politik lainnya usai rekapitulasi. (Waspada/ist).

DELISERDANG (Waspada): Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) menjadi pemenang Pemilihan Legislatif (Pileg) untuk Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Deliserdang.

Kemenangan itu didapat, setelah hasil rekapitulasi penghitungan perolehan suara tingkat kabupaten yang dilakukan Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Deliserdang, di hotel d’prima kualanamu, Senin (11/3) dini hari selesai.

Berdasarkan informasi yang dihimpun Waspada, hasilnya, untuk Pileg DPRD Deliserdang, Partai Gerindra berhasil mencapai puncak klasemen perebutan kursi pimpinan atau mempertahankan jabatan kursi Ketua DPRD dengan perolehan total 148.701 suara.

Jumlah ini mengungguli perolehan suara dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI P) dengan total suara 139.011 suara (kursi Wakil Ketua I), disusul total suara Partai Nasional Demokrat (NasDem) sebanyak 115.919.

Partai Nasdem di Pemilu 2024 ini menggeser posisi jabatan Wakil Ketua II yang sebelumnya diemban Partai Golongan Karya (Golkar) sehingga menjadi diposisi Wakil Ketua III dengan total suara 111.997.

Tidak hanya memenangi Pileg, Partai Gerindra yang Ketua Umumnya merupakan Calon Presiden nomor urut 2 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka di Kabupaten Deliserdang juga meraih suara terbanyak dengan perolehan 599.479 suara atau 57 persen, dibandingkan dengan pasangan nomor urut 1, Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar sebanyak 338.239 suara atau 32 persen serta pasangan nomor urut 3, Ganjar Pranowo-Mahfud MD sebanyak 111.629 suara atau 11 persen.

“Alhamdulillah patut kita bersyukur Gerindra masih bisa mempertahankan posisi ketua, walaupun kita tetap akan melakukan evaluasi-evaluasi ke depan demi kemajuan partai. Serta Bapak Prabowo dan Mas Gibran juga di Kabupaten Deliserdang menang diangka 599.476 atau 57 persen,” kata Ketua DPC Gerindra Zakky Shahri SH kepada Waspada.

Gerindra Deliserdang Pertahankan Kursi Ketua DPRD
Ketua DPC Gerindra Zakky Shahri dan Ketua Badan Saksi Gerindra Deliserdang Muhammad Dahnil Ginting pada saat kegiatan Partai Gerindra Deliserdang. (Waspada/ist).

Zakky mengakui, bertahannya posisi ketua dewan berkat perjuangan semua pihak. Terutama Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto mencalonkan sebagai Calon Presiden (Capres) 2024, calon-calon legislatif (Caleg) yang aktif turun bersosialisasi dan turun kampanye mendapat perhatian masyarakat. Serta masih adanya kepercayaan masyarakat terhadap partai berlambang kepala burung garuda itu.

“Kami atas nama DPC Gerindra Deliserdang menyampaikan terimakasih kepada kader partai, para Caleg, simpatisan dan tak lupa kepada seluruh masyarakat Kabupaten Deliserdang yang telah memberikan kepercayaannya memilih Bapak Prabowo dan Mas Gibran serta Partai Gerindra,” ungkapnya.

Sementara itu Ketua Badan Saksi Gerindra Deliserdang Muhammad Dahnil Ginting, SE didampingi Saksi Budi Sastra Sitepu dan OK. Alamsyah Putra S.Pd usai mengikuti rapat pleno terbuka untuk rekapitulasi hasil penghitungan suara pemilihan, menyebutkan jumlah perolehan 148.701 suara yang diraih Partai Gerindra merupakan akumulasi dari enam Daerah Pemilihan (Dapil) yang ada di Kabupaten Deliserdang.

Dimana untuk Dapil I, Gerindra meraih 18.677 suara, Dapil II, 23.755 suara, Dapil III, 18.038 suara, Dapil IV, 26.557 suara, Dapil V, 18.278 suara dan terakhir di Dapil VI 43.396 suara. “Seperti yang disampaikan Ketua Zakky, kita bersyukur Bapak Prabowo Subianto dan Mas Gibran di Kabupaten Deliserdang menang diangka 599.476 atau 57 persen dan Partai Gerindra dapat mempertahankan kursi Ketua DPRD Deliserdang. Memang melelahkan, tapi kelelahan itu membuahkan hasil kita dapat meraih kemenangan dengan mempertahankan kursi Ketua DPRD Deliserdang,” ungkap Dahnil.

Dahnil tak lupa juga menyampaikan terimakasih kepada penyelenggara pemilu KPU Deliserdang dan juga pihak keamanan dalam proses rekapitulasi hasil penghitungan suara berjalan aman dan kondusif. “Kita apresiasi KPU Deliserdang dan dalam pengamanan kita juga apresiasi TNI-POLRI, khususnya Polresta Deliserdang dari sejak Minggu 10 Maret hingga sampai (Senin 11 Maret) pagi menjaga rekapitulasi berjalan baik,” katanya.

Untuk diketahui kursi DPRD Deliserdang yang diperebutkan sebanyak 50 kursi dan berdasarkan data yang diperoleh komposisi kursi DPRD hasil rekapitulasi Pemilu 2024 di tingkat Kabupaten Deliserdang, Partai Gerindra meraih 7 kursi, PDI-P 7 kursi, Nasdem 7 kursi, Golkar 7 kursi, PKS 5 Kursi, Demokrat 4 kursi, PAN 3 kursi, PKB 3 kursi, PPP 3 kursi, Hanura 2 kursi, PBB 1 kursi dan Perindo 1 kursi. (a16).

  • Bagikan