Grup ANJ Kembali Raih Penghargaan Proper Emas Dan Hijau Dari KLHK

  • Bagikan
Wakil Presiden, K.H. Ma’ruf Amin menyerahkan Sertifikat 'Green Leadership Utama' dari KLHK kepada Direktur Utama ANJ, Lucas Kurniawan (kiri), Rabu (20/12) di Jakarta.Waspada/ist
Wakil Presiden, K.H. Ma’ruf Amin menyerahkan Sertifikat 'Green Leadership Utama' dari KLHK kepada Direktur Utama ANJ, Lucas Kurniawan (kiri), Rabu (20/12) di Jakarta.Waspada/ist

P.SIDIMPUAN (Waspada) : PT Austindo Nusantara Jaya (ANJ) Tbk kembali menorehkan prestasi di penghujung tahun 2023 dengan meraih dua Proper Emas melalui dua anak perusahaannya, PT Sahabat Mewah dan Makmur (SMM) serta PT Austindo Nusantara Jaya Agri (ANJA).

Proper Emas yang dianugerahkan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan kepada dua anak perusahaan PT. ANJ tersebut merupakan penghargaan tertinggi atas capaian pengelolaan lingkungan hidup.

General Manager PT Austindo Nusantara Jaya Agri Siais (ANJAS), MHD Amrol Siregar kepada Waspada.id, Kamis (28/12) mengatakan, Proper Emas itu diserahkan secara langsung oleh Wakil Presiden Republik Indonesia, K.H. Ma’ruf Amin kepada PT.SMM dan PT ANJA pada 20 Desember 2023 di Jakarta.

MHD Amrol Siregar menjelaskan, penghargaan Proper Emas ini bukanlah yang pertama kali diraih anak PT SMM dan PT ANJA. “Penghargaan Proper Emas ini merupakan yang keempat kalinya diraih secara berturut-turut oleh SMM dan ketiga kalinya secara berturut-turut oleh ANJA,” tuturnya.

Selain itu, dua anak perusahaan PT. ANJ lainnya, yakni PT Austindo Nusantara Jaya Agri Siais (ANJAS) dan PT Kayung Agro Lestari (KAL) berhasil meraih penghargaan Proper Hijau dari KLHK. “Penghargaan Proper Hijau yang diraih PT ANJAS dan PT KAL merupakan yang kedua kalinya,” ujar MHD Amrol Siregar.

Selain mampu menjaga kelestarian lingkungan, Grup ANJ juga berkontribusi bagi kesejahteraan masyarakat melalui berbagai inovasi sosial yang bertujuan untuk menciptakan lapangan kerja, menurunkan kemiskinan, meningkatkan kesetaraan gender, dan mendorong sistem pangan yang sehat dan berkelanjutan. Inovasi sosial ini telah menjadi program unggulan dalam penilaian Proper tahun 2023 bagi SMM dan ANJA.

Selain berhasil meraih Proper Emas dan Hijau, Direktur Utama ANJ, Lucas Kurniawan, juga menerima penghargaan “Green Leadership Utama” dari KLHK. Penghargaan ini diberikan kepada pemimpin perusahaan yang dinilai berhasil dalam menerapkan kebijakan dan program lingkungan yang berkelanjutan.

Grup ANJ Kembali Raih Penghargaan Proper Emas Dan Hijau Dari KLHK
Direktur PT ANJ Agri Siais, Jerileva Purba (kiri) saat menerima penghargaan Proper Hijau dari KLHK, Rabu (20/12) di Jakarta.Waspada/ist

Tema Green Leadership tahun ini adalah Extraordinary Turnaround yang menjelaskan lima lompatan untuk menjaga kelangsungan bumi dan manusia, yaitu pengentasan kemiskinan, pengurangan kesenjangan, pemberdayaan perempuan, sistem pangan yang sehat untuk manusia dan ekosistem, serta mengubah sistem energi untuk meningkatkan efisiensi dan transisi menuju energi bersih.
 
MHD Amrol Siregar menegaskan bahwa, Grup ANJ adalah perusahaan industri kelapa sawit pertama yang meraih Proper Emas pada tahun 2021, dan mampu mempertahankan capaian tersebut. Hal ini menunjukkan konsistensi perusahaan dalam menjaga kualitas pengelolaan lingkungan dan implementasi program pengembangan masyarakat secara berkelanjutan.

Wakil Presiden, K.H. Ma’ruf Amin dalam penyerahan penghargaan itu mengatakan bahwa Proper sepatutnya menjadi kompas yang mampu memandu praktik bisnis berkelanjutan dengan mengaplikasikan prinsip ekonomi hijau, bahkan mendorong capaian yang melebihi ketaatan industri terhadap peraturan lingkungan hidup.

Usai menerima Penghargaan, Direktur Utama ANJ, Lucas Kurniawan mengatakan, Proper adalah penghargaan yang paling didambakan di kalangan industri, bukan hanya untuk praktik lingkungan yang berkelanjutan tetapi juga inovasi sosial.

Dengan adanya Proper, ucapnya, kinerja pengelolaan lingkungan dan inovasi sosial yang dilakukan oleh Grup ANJ mendapatkan penilaian yang terukur, objektif, dan kredibel. Penghargaan itu menjadi penyemangat untuk terus meningkatkan kinerja, inisiatif serta inovasi keberlanjutan di seluruh unit usaha kami.

“Ke depan, ANJ akan terus berinovasi dan meningkatkan program-program yang dapat memberikan manfaat yang lebih besar bagi masyarakat  dan lingkungan,” ujar Lucas Kurniawan.

Keberhasilan ANJ meraih beberapa penghargaan tidak terlepas dari peningkatan kinerja operasionalnya. Selama 11 bulan dalam tahun 2023, ANJ telah memproduksi Tanda Buah Segar (TBS) dengan jumlah total sebesar 814.341 ton. Jumlah tersebut meningkat 5,4% dibandingkan dengan produksi TBS pada periode yang sama tahun lalu.

Hal ini menghasilkan tingkat produktivitas TBS sebesar 18,8 ton/ha pada periode 11M2023. Sejalan dengan produksi TBS, produksi Crude Palm Oil (CPO) ANJ juga meningkat sebesar 3,8% year-on-year (YoY) menjadi 262.866 ton pada 11M2023, mencerminkan Oil Extraction Rate (OER) sebesar 20,7%.

Grup ANJ Kembali Raih Penghargaan Proper Emas Dan Hijau Dari KLHK

Lucas Kurniawan mengungkapkan bahwa, Selain Proper Emas dan Hijau, ANJ juga berhasil meraih beberapa penghargaan lain di tahun 2023. ANJ meningkatkan skor SPOTT, sebuah platform transparansi global untuk industri kelapa sawit, menjadi 93,3% dari 91,1% di 2022.Skor ini menempatkan ANJ di peringkat kelima secara global.

ANJ juga meraih penghargaan Annual Report Award (ARA) 2023 pada kategori Perusahaan Go Publik Non Keuangan dengan predikat Juara 3. Sementara itu, Laporan Keberlanjutan 2023 meraih peringkat Platinum dalam Asia Sustainability Reporting Rating (ASRRAT). 

“Baru-baru ini ANJ juga meraih penghargaan dari Majalah Sawit Indonesia dalam kategori “The Most Reputable Palm Oil Company on Reducing Greenhouse Gas Emission”. Dalam hal tata kelola perusahaan, ANJ meraih skor 100,27 atau level 5 (>100,00) dari ASEAN Corporate Governance Scorecard (ACGS). Skor ini merupakan level tertinggi dengan predikat Leadership in Corporate Governance,” katanya, (a39).

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *