Harapan LiRA Ke Kapolres Tapsel Baru

  • Bagikan
Harapan LiRA Ke Kapolres Tapsel Baru
DPD LiRA Tabagsel dalam aduannya ke Kapolres Tapsel melampirkan gambar-gambar perambahan hutan di Desa Tolang. (Waspada/Ist)

TAPSEL (Waspada): Telegram Rahasia (TR) Kapolri tentang mutasi yang antara lainnya pergantian Kapolres Tapanuli Selatan dari AKBP Imam Zamroni ke AKBP Yasir Ahmadi, menjadi harapan baru bagi DPD Lembaga informasi Rakyat Tapanuli Bagian Selatan (LiRA Tabagsel).

“Sebelum ini, kita mengadukan perusakan lingkungan dan perambahan hutan di Desa Tolang, Kecamatan Sayurmatinggi, ke Kapolres Tapsel pak AKBP Imam Zamroni. Namun belum ada tindak lanjut yang jelas,” kata Sekretaris Daerah LiRA Tabagsel Mara Halim Harahap, Sabtu (30/12/2023).

Harapan LiRA Ke Kapolres Tapsel Baru

Dia berharap, dengan pergantian Kapolres Tapsel ke AKBP Yasir Ahmadi maka laporan LiRA Tabagsel nomor 041/XI/LiRA/2023 perihal Pengaduan Masyarakat (Dumas) dapat menemui titik terang dalam hal penanganannya.

LiRA Tabagsel dalam aduannya mengatakan, telah terjadi perusakan lingkungan dan perambahan hutan memakai alat berat dan alat potong kayu di Desa Tolang. Informasi yang mereka himpun, perbuatan melawan hukum ini melibatkan oknum Kepala Desa.

“Dalam aduan itu, kita meminta bapak Kapolres Tapsel AKBP Imam Zamroni agar segera menurunkan anggota melakukan penegakan hukum di kawasan hutan negara tersebut,” terang Mara Halim.

Sebab, berdasarkan investigasi LiRA Tabagsel, telah terjadi pembukaan jalan dari pinggir desa menuju kawasan hutan negara yang panjangnya sekira 20 Kilometer.

Jalan itu dipakai untuk aktifitas perambahan hutan dan kayunya dikomersilkan. Pantauan LiRA Tabagsel, hampir setiap hari kayu diangkut pakai truk dan alat angkut jenis lainnya.

Adapun kawasan hutan yang dirambah itu, diduga akan dijadikan perkebunan kelapa sawit yang luasnya mencapai ratusan hektar.

Harapan LiRA Ke Kapolres Tapsel Baru

DPD LiRA Tabagsel meminta Kapolres Tapsel segera melakukan pengamanan ke tempat kejadian perkara (TKP). Tujuannya agar perusakan lingkungan dan perambahan hutan tidak semakin meluas .

Kapolres Tapsel AKBP Imam Zamroni lewat pesan WA pernah dikonfirmasi wartawan tentang ini. Ia berterimaksih atas informasi yang disampaikan DPD LiRA Tabagsel, dan berjanji segera menurunkan Unit Tinda Pidana Tertentu (Tipiter) turun ke lokasi.

“Tim Tipiter segera ke lokasi. Terima kasih atas informasinya dan kami tidak mentolelir segala perbuatan tindak pidana, apalagi perusakan lingkungan dan perambahan hutan,” kata AKBP Imam Zamroni.
Namun menurut Sekda LiRA Tabagsel Mara Halim, sampai kini belum ada tindak lanjut jelas terhadap aduan mereka. Karena itu, dengan bergantinya Kapolres Tapsel ke AKBP Yasir Ahmadi, mereka memiliki harapan baru yang besar untuk penanganan aduan tersebut. (a05)

  • Bagikan