Hindari Penumpukan, Kaotband Imbau Masyarakat Jadwal Ulang Pulang Mudik

  • Bagikan
Hindari Penumpukan, Kaotband Imbau Masyarakat Jadwal Ulang Pulang Mudik
Kepala Kaotban Wilayah II Medan Sokhib Al Rokhman.Waspada/Irianto

DELISERDANG (Waspada): Kepala Kantor Otoritas Bandar Udara Wilayah II Medan Sokhib Al Rokhman, mengimbau masyarakat yang hendak mudik liburan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 (Nataru) supaya menghindari pulang di tanggal 2 Januari 2024. Pasalnya, akan terjadi penumpukan puncak arus balik mudik Nataru di hari tersebut.

Sokhib Al Rokhman menyatakan hal itu menjawab Waspada di sela pemantauan arus Nataru di Kuala Namu International Airport (KNIA), Kamis (28/12/2023).

Disebutkan Sokhib, masyarakat yang hendak pulang mudik Nataru hendaknya mengatur atau menjadwal ulang penerbangan sehingga tidak terjadi penumpukan.

“Kami dari Kantor Otban Wilayah II Medan, mengimbau masyarakat agar menghindari pulang pada 2 Januari 2024, kalau bisa menyebar, karena akan terjadi penumpukan penumpang jika pulang serentak di tanggal tersebut,” paparnya.

Sokhib menambahkan, nikmati dulu liburan di Kota Medan, di Danau Toba bersama keluarga dan cari oleh-oleh sebanyak-banyaknya, sehingga kepulangan ini membawa berkah dan rejeki buat UMKM serta masyarakat Sumatera Utara.

Hindari Penumpukan, Kaotband Imbau Masyarakat Jadwal Ulang Pulang Mudik

Sokhib Al Rokhman yang membawahi 33 Bandar Udara , di 4 wilayah provinsi, yakni Aceh, Sumatera Utara, Riau dan Kepri pada kesempatan itu mengucapkan terima kasih pada seluruh pengguna jasa transportasi udara khususnya di KNIA.

Hal ini dikarenakan sejak dibuka posko Nataru 18 Desember 2023 hingga hari ini, masyarakat atau penumpang bisa melaksanakan angkutan secara tertib disiplin dan tidak ada hal-hal kejadian menonjol.

“Ini tidak mungkin berjalan dengan baik tanpa dukungan dan partisipasi masyarakat. Dan kami di komunitas Bandara Kuala Namu bergandeng erat seluruh kementerian dan lembaga serta stakeholder terkait untuk mensukseskan kegiatan Nataru ini berjalan baik,” jelasnya.

Capai Rekor

Sebagai catatan, sebelumnya KNIA mengalami arus puncak pada 23 Desember 2023. “Kita mencapai rekor 28.775 penumpang dalam satu hari ini sudah melebihi kapasitas KNIA,” sebut Sokhib.

Sebab, KNIA sendiri kapasitasnya cuma 20 ribu. Sedangkan penerbangan mencapai 219 penerbangan yang melayani.

Kemudian mengalami penurunan hingga hari ini melandai sekitar 18 ribu penumpang sehari. “Namun demikian untuk arus balik kita sudah antisipasi dengan mengerahkan seluruh personel yang ada di KNIA untuk siap melayani arus balik penumpang. Karena, kita punya tagline terbang aman liburan nyaman,mudah-mudahan ini bisa berjalan berkat dukungan semua pihak,” pungkasnya.(a13)

  • Bagikan