BATUBARA (Waspada): PT Indonesia Asahan Aluminium (Inalum) meraih dua penghargaan sekaligus pada ajang TOP CSR Awards 2025.
Penghargaan TOP CSR Awards 2025 #STAR 5 dan TOP Leader on CSR Commitment 2025 ini diterima Inalum pada acara puncak di Hotel Raffles Jakarta, Rabu (11/6).
TOP CSR Awards merupakan ajang penghargaan CSR paling prestisius di Indonesia yang diselenggarakan oleh Majalah Top Business, bekerja sama dengan berbagai lembaga dan pakar independen.
Tahun ini, tema yang diusung adalah “CSR for Sustainable Business Growth and Asta Cita Government Programs”, yang menekankan pentingnya integrasi CSR dalam strategi bisnis yang berkelanjutan, sejalan program pembangunan nasional.
Penghargaan TOP CSR Awards #STAR 5 menunjukkan Inalum telah menjalankan program CSR secara strategis, selaras dengan ISO 26000 SR (Social Responsibility) sebagai panduan global bagi perusahaan dalam menjalankan CSR, serta berdampak positif terhadap masyarakat dan lingkungan disekitar bisnis Inalum beroperasi.

Sementara penghargaan TOP Leader on CSR Commitment 2025 diberikan kepada pemimpin perusahaan dinilai memiliki komitmen tinggi dalam mendukung sistem, tata kelola, dan efektivitas implementasi CSR.
“Penghargaan ini merupakan bentuk apresiasi atas komitmen dan upaya berkelanjutan Inalum dalam menjalankan tanggung jawab sosial yang terintegrasi dengan strategi bisnis perusahaan,” sebut Daniel Hutahuruk selaku Kepala Group Layanan Strategis Inalum sekaligus perwakilan perusahaan dalam ajang penghargaan tersebut.
“Kami percaya bahwa keberhasilan bisnis jangka panjang hanya dapat tercapai jika perusahaan mampu memberikan dampak positif bagi masyarakat, lingkungan, dan perekonomian secara berkelanjutan” tutup Daniel.
Ajang ini bukan hanya seremonial penghargaan, tetapi juga merupakan platform pembelajaran bersama. Tahun ini, lebih dari 1.000 perusahaan mengikuti proses awal seleksi, dengan 238 mendaftar dan 218 perusahaan mengikuti penilaian lengkap dan angka ini meningkat 20,2% dari tahun sebelumnya.
Dewan juri yang diketuai Dr. Mas Achmad Daniri menekankan CSR saat ini bukan sekadar kegiatan filantropi, melainkan bagian dari strategi bisnis perusahaan modern yang mampu mengelola risiko, meningkatkan reputasi, dan memperkuat engagement pemangku kepentingan.
Inalum berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas program CSR-nya melalui pendekatan Creating Shared Value (CSV) dan prinsip-prinsip keberlanjutan, termasuk mendukung transisi energi dan upaya mitigasi perubahan iklim. Melalui roadmap keberlanjutan dan kolaborasi lintas sektor, Inalum akan terus hadir sebagai perusahaan yang bertanggung jawab dan berdampak nyata bagi kemajuan bangsa.(a18)