Jalinsum Dan Jembatan Rusak, Berlubang Di Perbatasan Deliserdang-Sergai

  • Bagikan
Warga sekitar yang memperbaiki jembatan dan memberi tahu kondisi rusak agar pengguna jalan berhati-hati.(Waspada/Edward Limbong).
Warga sekitar yang memperbaiki jembatan dan memberi tahu kondisi rusak agar pengguna jalan berhati-hati.(Waspada/Edward Limbong).

DELISERDANG (Waspada): Jalan Lintas Sumatera (Jalinsum) di wilayah Kecamatan Lubukpakam hingga Kecamatan Pagar Merbau Kabupaten Deliserdang yang berbatasan dengan Kabupaten Serdangbedagai (Sergai) banyak jalan rusak dan berlubang, bahkan termasuk Jembatan Sei Limau Kenanga juga mengalami hal serupa. Akibatnya para pengendara terpaksa ekstra hati-hati untuk melintas.

Pantauan Waspada, Kamis (28/12), Jalinsum di wilayah Kecamatan Lubukpakam dan Kecamatan Pagar Merbau ada beberapa titik sudah diperbaiki, akan tetapi masih ada yang terlihat jalan rusak dan berlubang. Lubang yang ada baik berukuran kecil maupun besar dengan kondisi tersebut membuat pengendara harus ekstra hati-hati.

Sedangkan di Jembatan Sei Limau Kenaga terpaksa warga sekitar melakukan perbaikan seadanya dan memberi tahu pengguna jalan untuk berhati-hati melintasi jembatan tersebut.

Jalinsum Dan Jembatan Rusak, Berlubang Di Perbatasan Deliserdang-Sergai

Salah seorang warga yang memperbaiki jembatan, Lambo Silitonga mengatakan, mereka memperbaiki jembatan itu karena kondisi jembatan sudah berlubang dan nyaris amblas. “Kami kurang lebih sudah 3 bulan ini di sini memperbaiki dengan timbunan tanah maupun batu. Ya kalau ada warga memberikan uang kami syukuri tapi kalau tidak ada, tidak apa-apa,” katanya.

Lambo pun mengakui, beberapa pengguna jalan sudah ada yang menjadi korban karena kondisi jembatan yang rusak tersebut. “Jembatan ini kalau sedang hujan lubangnya terlihat ke sungai. Dan kemarin pengguna jalan saat melintas ban serap mobilnya jatuh karena kondisi jembatan yang rusak,” akunya.

Sementara itu salah seorang pengguna jalan Manahan Dalimunthe, mengatakan bahwa rusaknya jalan tersebut sudah hampir setahun terakhir namun hingga kini tidak juga diperbaiki. “Saya heran mengapa jalan ini tidak juga diperbaiki, padahal ini adalah jalan lintas,” katanya.

Menurutnya, rusak jalan di Jl. Medan Lubuk Pakam dikarenakan banyaknya truk yang melintas melebihi tonase. “ Jalan ini rusak karena truk yang melintas melebihi tonase,” katanya.

Jalinsum Dan Jembatan Rusak, Berlubang Di Perbatasan Deliserdang-Sergai

Dengan kondisi jalan dan jembatan mengalami kerusakan itu, pengguna jalan harus ektra hati-hati saat melintas. “ Kalau kita melintasi jalani ini, harus hati-hati kalau tidak nyaris terjatuh,” ujarnya.

Manahan, sangat berharap perhatian Pemerintah untuk memperbaiki jalan tersebut. “ Kondisi ini sudah membuat masyarakat resah, maka Pemerintah hendaknya secepatnya memperbaiki,” ungkapnya.

Sementara itu Kepala Dinas (Kadis) Kadis Sumber Daya Air, Bina Marga dan Bina Konstruksi (SDA BMBK) Deliserdang, Janso Sipahutar ST, MT menyebutkan, bahwa Jalinsum di wilayah Kecamatan Lubukpakam hingga Kecamatan Pagar Merbau dan Jembatan Sei Limau Kenaga merupakan Jalan Nasional dan kewenangan Pemerintah Pusat.

Sebagai Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Deliserdang sudah melakukan komunikasi agar perbaikan segera dilakukan. Balai Besar Pelaksana Jalan Nasional (B2PJN) Sumatera Utara (Sumut). “Sudah kita komunikasikan dengan pihak BP2JN, mudah-mudahan dapat segera ditangani,”kata Janso. (a16).

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *