Jembatan Penghubung Dua Kecamatan Di Palas Ambruk

  • Bagikan
Jembatan Penghubung Dua Kecamatan Di Palas Ambruk
Jembatan Sungai Siabu Bondar Godang Desa Batang Bulu Baru Kecamatan Barsel, penghubung Kecamatan Barsel dan Kecamatan Ulu Sosa Kabupaten Padanglawas ambruk dan putus total, Sabtu (30/12). (Waspada/Muhammad Satio)

PALAS (Waspada): Intensitas curah hujan tinggi yang hampir setiap hari di Desember 2023 melanda wilayah Kabupaten Padanglawas (Palas), mengakibatkan Sungai Siabu Bondar Godang Desa Batang Bulu Baru Kecamatan Barumun Selatan (Barsel) meluap hingga Jembatan di desa itu Ambruk dihantam arus Sungai, Sabtu (30/12) sekira pukul 07:00 WIB.

“Alhamdulillah, saat musibah jembatan ambruk tidak ada masyarakat yang melintas dan tidak ada korban. Kalau saja ini bukan hari libur pasti banyak masyarakat yang melintas, utamanya anak-anak yang akan berangkat ke Sekolah,” ucap Kades Batang Bulu Baru, Ali Perdana Hasibuan, S.Sos bersama Camat Barsel, Abdul Hakim Hasibuan, S.Pd didampingi Babinsa Koramil Barumun.

Kades mengungkapkan, keberadaan jembatan di Sungai Siabu Bondar Godang itu merupakan akses vital bagi masyarakat di dua kecamatan. Yakni, merupakan penghubung Desa Batang Bulu Baru Kecamatan Barsel dan Desa Harang Julu Kecamatan Ulu Sosa.

Jembatan Penghubung Dua Kecamatan Di Palas Ambruk
Kades Batang Bulu Baru Ali Perdana Hasibuan bersama Babinsa Koramil Barumun meninjau Jembatan Sungai Siabu Bondar Godang yang ambruk usai dihantam luapan sungai, Sabtu (30/12) (Waspada/Muhammad Satio)

“Akibat musibah ini aktivitas masyarakat di dua kecamatan ini putus total. Baik, masyarakat yang ingin menggarap lahan pertanian maupun memanen hasil pertanian-nya terpaksa menggunakan rute lain yang jaraknya berkali lipat jauhnya dan jelas akan merugikan warga,” ucap Ali Perdana Hasibuan.

Ali Perdana Hasibuan, menambahkan atas musibah itu akan melaporkan dan menyampaikan permohonan untuk perbaikan jembatan tersebut kepada Pemkab Palas.

“Kita berharap jembatan ini akan menjadi perhatian bersama dan pokok pembahasan bagi anggota DPRD Palas untuk anggaran pembangunannya dan dapat dibangun sesegera mungkin,” ucap Kades Batang Bulu Baru. (cms)

  • Bagikan