Jokowi: Keberadaan Jalan Tol Tingkatkan Konektivitas Dan Kecepatan Logistik

  • Bagikan
PRESIDEN Joko Widodo saat meresmikan jalan tol KualaTanjung-Tebingtinggi-Parapat seksi Tebingtinggi- Indrapura, dan jalan ruas tol Indrapura-Kisaran di Gerbang Tol Limapuluh dan bersilaturahmi dengan pelaku UMKM di Sumut yang tergabung dalam program Mekar binaan PNM di lapangan Limapuluh Kota.Waspada/Ist
PRESIDEN Joko Widodo saat meresmikan jalan tol KualaTanjung-Tebingtinggi-Parapat seksi Tebingtinggi- Indrapura, dan jalan ruas tol Indrapura-Kisaran di Gerbang Tol Limapuluh dan bersilaturahmi dengan pelaku UMKM di Sumut yang tergabung dalam program Mekar binaan PNM di lapangan Limapuluh Kota.Waspada/Ist

  LIMAPULUH (Waspada): Keberadaan ruas jalan tol akan meningkatkan konektivitas menuju kawasan pariwisata dan kecepatan logistik, selain mendorong pertumbuhan ekonomi sekitar.

  “Kedua ruas jalan tol ini akan meningkatkan konektivitas kawasan ke kawasan pariwisata di Danau Toba, kemudian meningkatkan kecepatan logistik ke pelabuhan Kuala Tanjung, dan berkaitan dengan KEK Sei Mangkei.In kita harapkan akan cepat bisa berkembang,” tukas Presiden Joko Widodo saat meresmikan ruas jalan tol Kuala Tanjung-Tebingtinggi-Parapat seksi Tebingtinggi-Indrapura, dan Indrapura-Kisaran di Gerbang Tol Limapuluh, Kecamatan Limapuluh, kemarin.

  Kepala negara juga meyakini pembangunan jalan tol tersebut akan meningkatkan kunjungan wisatawan dan menarik investor untuk mengembangkan potensi yang ada di Provinsi Sumatra Utara.

  “Makin banyak investor yang akan mengembangkan berbagai potensi yang ada di Provinsi Sumut, juga meningkatkan kunjungan wisata destinasi super prioritas di Danau Toba dan sekitarnya, serta mengefisienkan biaya logistik ke pelabuhan Kuala Tanjung dan KEK Sei Mangkei,” ujarnya.

   Presiden berharap keberadaan jalan tol akan meningkatkan daya saing daerah, serta menciptakan pertumbuhan ekonomi baru.

  Jokowi menjelaskan jalan tol Tebingtinggi-Indrapura memiliki panjang ruas 20,4 kilometer dan jalan tol seksi Indrapura-Limapuluh memiliki panjang 15,6 kilometer.

  “Kedua tol ini merupakan bagian dari jalan tol Trans-Sumatera. Jalan tol Tebingtinggi-Indrapura dengan panjang ruas 20,4 kilometer berbiaya Rp3,06 triliun dan jalan tol seksi Indrapura-Limapuluh panjang 15,6 kilometer dengan biaya Rp1,67 triliun,” terang Presiden.

Turut mendampingi Presiden Jokowi kepala negara Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Pj. Gubsu Hassanudin, Penjabat (Pj) Bupati Batubara Nizhamul, S.E, M.M, Bupati Serdangbedagai Darma Wijaya, Bupati Simalungun Radiapoh Hasiholan Sinaga, Bupati Asahan Surya, Wali Kota Tebingtinggi Syarmadani, Direktur Utama PT Hutama Karya Budi Harto, dan Direktur Utama PT PP Novel Arsyad, Para Unsur Forkopimda dan OPD.

Silaturahmi
  Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo juga berkesempatan melakukan silaturahmi dengan pelaku UMKM di Sumut yang tergabung dalam program Membina Ekonomi Keluarga Sejahtera (Mekar) binaan Permodalan Nasional Madani (PNM) di lapangan Limapuluh Kota, Kecamatan Limapuluh.

   Jokowi mengapresiasi produk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dari Kabupaten Batubara memiliki kemasan yang bagus dan menarik serta patut dijadikan contoh bagi yang lain.

  Kehadiran kepala negara di Kabupaten Batubara disambut Penjabat (PJ) Bupati Batubara Nizhamul, S.E, M.M bersama unsur Forkopimda dan OPD.

  Pelaku UMKM yang tergabung dalam Mekar binaan PNM ini tidak hanya berasal dari Kabupaten Batubara, melainkan dari daerah/kota Tebingtinggi dan Serdangbedagai.

  Selanjutnya menyerahkan bantuan berupa kebutuhan pokok dan memberikan sepeda kepada dua pelaku UMKM. (a.18)

  • Bagikan