Junaedi Antonius Sitanggang Sekda P.Siantar Yang Baru

  • Bagikan
Junaedi Antonius Sitanggang Sekda P.Siantar Yang Baru
Wali Kota Susanti Dewayani (kanan) melantik dan mengambil sumpah/janji 92 pejabat di lingkungan Pemko Pematangsiantar terdiri pejabat eselon IIA, IIB, IIIA, IIIB, IVA, IVB dan pejabat fungsional di ruang serbaguna Pemko, Jl. Merdeka, Jumat (22/3).(Waspada/Ist)

PEMATANGSIANTAR (Waspada): Junaedi Antonius Sitanggang mendapat amanah sebagai Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Pematangsiantar yang baru.

Wali Kota Susanti Dewayani melantik dan mengambil sumpah Junaedi bersama 91 pejabat terdiri jabatan pimpinan tinggi (JPT) pratama, administrator, pengawas dan fungsional di lingkungan Pemko Pematangsiantar di gedung serbaguna Pemko, Jl. Merdeka, Jumat (22/3).

Menurut Wali Kota, pelantikan itu untuk mengisi kekosongan jabatan beberapa Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemko. “Untuk JPT pratama telah selesai untuk jabatan eselon II atau JPT melaksanakan seleksi terbuka sesuai amanat Undang-undang (UU) No. 20 tahun 2023 tentang ASN dan PP No. 17 tahun 2017 tentang manajemen PNS.”

Selain itu, lanjut Wali Kota, Permen PAN RB No. 15 tahun 2019 tentang tata cara pengisian JPT secara terbuka dan kompetitip di lingkungan pemerintah serta persetujuan KASN tentang rekomendasi rencana seleksi terbuka JPT pratama di lingkungan Pemko untuk memberi kesempatan kepada seluruh PNS yang memenuhi persyaratan untuk mendaftar dan mengikuti seleksi secara nasional agar memperoleh pegawai yang sesuai dengan kebutuhan organisasi.

“Untuk pejabat administrator dan pengawas yang kena antik hari ini, menghunjuk beberapa PNS untuk mengisi kekosongan, karena ada pejabat yang sudah memasuki masa purnabakti (pensiun) dan ada beberapa PNS yang promosi dan penyegaran jabatan,” imbuh Wali Kota.

Selain itu, lanjut Wali Kota, turut kena lantik pejabat fungsional ahli pertama dan ahli muda dalam optimalisasi peningkatan kinerja di lingkungan Pemko.

“Saya berharap kita dapat sama-sama membangun kota yang kita cintai ini agar menjadi kota yang sehat, sejahtera dan berkualitas. upaya ini bukan tanggung jawab satu pihak saja, melainkan tanggung jawab kita bersama,” tegas Wali Kota.

Kepada pejabat yang kena lantik, Wali Kota meminta jangan melupakan sumpah/janji. “Sebab sumpah/janji yang terucap, menyaksikan diri sendiri, semua yang hadir dan yang paling utama menyaksikan Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa.”

“Terimalah jabatan ini sebagai amanah, bekerjalah dengan disiplin, profesionalisme dalam bekerja tanpa membedakan jenis kelamin, suku, agama, ras atau golongan,” pesan Wali Kota.

Sebelumnya Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Timbul Hamonangan Simanjuntak dalam laporannya menyebutkan pelantikan dan pengambilan sumpah/janji pejabat pimpinan pinggi pratama, administrator, pengawas, dan fungsional di lingkungan Pemko berdasarkan surat rekomendasi Ketua KASN No. B-1061/JP.00.00/03/2024 tanggal 19 Maret 2024 hal rekomendasi hasil seleksi terbuka JPT pratama di lingkungan Pemko, surat rekomendasi Gubsu No. 800.1.3.3/27/2024 tanggal 21 Maret 2024 hal persetujuan pengangkatan dan pelantikan JPT pratama Sekda.

Kemudian, SK Wali Kota Pematangsiantar No. 800.1.3.3/553/III/2024 tanggal 21 Maret 2024 tentang pengangkatan PNS ke dalam JPT pratama dan SK Wali Kota No. 800.1.3.3/554/III/2024 tanggal 21 Maret 2024 tentang promosi dan mutasi PNS ke dalam jabatan administrasi.

Pejabat yang kena lantik dan mengambil sumpah/janji terdiri eselon IIA sebanyak satu orang, eselon IIB sebanyak empat orang, eselon IIIA sebanyak 22 orang, eselon IIIB sebanyak 14 orang, eselon IVA sebanyak 42 orang, eselon IVB sebanyak satu orang serta pejabat fungsional sebanyak delapan orang. “Total keseluruhan 92 orang.”

Setelah pelantikan, penandatanganan pakta integritas dan berita acara pelantikan serta pengambilan sumpah dengan saksi Staf Ahli Wali Kota Bidang Pemerintahan Happy Oikumenis Daely dan Kepala Inspektorat Herry Oktarizal.

Pejabat eselon II lainnya yang kena lantik terdiri Kadis Tenaga Kerja Robert Sitanggang, Kadis Pekerjaan Umum dan Tata Ruang Sofian Purba, Kadis Pariwisata Muhammad Hamam Sholeh dan Kadis Pendidikan Muhammad Hamdani Lubis. Tampak hadir Pj Sekda Dwi Aries Sudarto dan lainnya.(a28)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *