Kapolres Irup Perayaan HUT Ke-93 Al Jam’iyatul Wasliyah Simalungun

  • Bagikan
Kapolres Simalungun AKBP Ronald FC Sipayung saat memimpin upacara peringatan HUT Ke 93 Al Washliyah di lapangan Dobana Serbalawan, Kamis (30/11).(Waspada/ist).
Kapolres Simalungun AKBP Ronald FC Sipayung saat memimpin upacara peringatan HUT Ke 93 Al Washliyah di lapangan Dobana Serbalawan, Kamis (30/11).(Waspada/ist).

SIMALUNGUN (Waspada): Kapolres Simalungun AKBP Ronald F. C. Sipayung, menjadi Inspektur Upacara (Irup) dalam upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke 93 tahun 2023 Al Jam’iyatul Wasliyah di Lapangan bola Dobana Kelurahan Serbalawan, Kecamatan Dolok Batunanggar, Kabupaten Simalungun. Kamis (30/11/2023).

Perayaan HUT organisasi Al Jam’iyatul Wasliyah di Simalungun juga diwarnai dengan serangkaian kegiatan melibatkan perwakilan dari berbagai lapisan masyarakat, dimulai pukul 08.30 WIB di SD Alwasliyah dan dilanjutkan dengan upacara peringatan.

Pada kesempatan itu, Kapolres yang bertindak sebagai Irup membacakan pidato Ketua Umum Pengurus Besar Al Jam’iyatul Washliyah Dr. H. Masyhuril Khamis, SH., MM.

Kapolres Irup Perayaan HUT Ke-93 Al Jam'iyatul Wasliyah Simalungun

” Tepat 30 November 2023 hari ini, genap 93 tahun usia organisasi Al Jami’iyatun Washliyah, Organisasi Islam yang kita cintai, lahir sebelum Indonesia merdeka, persisnya tahun 1930 bertepatan 9 Rajab 1349 Hijriah di Kota Medan Sumatera Utara, ” ucap AKBP Ronald.

Dikatakan, para pendiri dan pejuang Al Washliyah telah memberi kontribusi yang tidak ternilai harganya, terhadap kemajuan dan perkembangan agama Islam, berbangsa dan bernegara. Meski usia para pendiri saat itu masih tergolong muda belia tapi pemikirannya sungguh luar biasa, sangat jauh ke depan, visioner yang mampu menembus perkembangan zaman ke zaman.

Sejarah mencatat, bahwa awal perjuangan dan berdirinya Al Washliyah dari Kota Medan, Sumatera Utara, kini Al Washliyah meluas sampai ke 33 Provinsi di Indonesia, 382 Kabupaten/Kota, 8 Pengurus Perwakilan Luar Negeri (PPLN) Al Washliyah, 7 organisasi bagian, 704 sekolah/madrasah, 11 Universitas/Perguruan Tinggi, 9 panti asihan, 2 badan usaha dan 5 Masjid Al Washliyah, “ujar AKBP Ronald.

HUT ke-93 Al Washliyah mengusung tema: ” Kokohkan Kebersamaan Tingkatkan Kepedulian”.

Puncak perayaan diawali dengan Pawai Ta’aruf menampilkan para pelajar dari Yayasan Al Waliyah 7 Serbalawan. Peserta pawai berjumlah sekitar 300 orang dari tingkatan SD, SMP/MTS dan SMA/SMK, berparade dari SD Alwasliyah menuju Lapangan Bola Dobana. Suasana penuh semarak saat rute pawai mendekati lapangan, diiringi antusiasme para pelajar yang berpartisipasi.

Kapolres Irup Perayaan HUT Ke-93 Al Jam'iyatul Wasliyah Simalungun
Para pelajar Al Washliyah saat mengikuti kegiatan parade dalam rangka perayaan HUT ke-93 Al Washliyah di lapangan Dobana Serbalawan, Kamis (30/11).(Waspada/ist).

AKBP Ronald F. C. Sipayung selaku pembina upacara memberikan bimbingan dan arahan yang diikuti oleh pengibaran bendera Merah Putih, pembacaan Pancasila dan UUD 1945, serta doa yang dipimpin oleh Haji Ikhwanudin Nasution. Dihadiri sekira 500 orang, termasuk dewan guru dan murid Yayasan Alwasliyah Kecamatan Dolok Batunanggar, serta para pengurus Al Jam’iyatul Wasliyah dari tingkat kabupaten hingga provinsi.

Kegiatan ini juga dihadiri anggota DPRD Sumut, Gusmiyadi, Ketua PW Alwasliyah Simalungun H. Amrisyam Simamora, M.A., Camat Dolok Batu Nanggar Supardi, S.E., dan Kapolsek Serbalawan AKP Abdullah Yunus Siregar, yang bersama-sama menyaksikan perhelatan ini.

Perayaan HUT Alwasliyah ke-93 di Kabupaten Simalungun berjalan dengan aman dan lancar, memperkuat rasa kebersamaan dan solidaritas antar anggota komunitas serta dengan pihak keamanan yang turut bertanggung jawab atas kenyamanan seluruh peserta dan warga.(a27).

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *