Kapolres Pimpin Apel Pergeseran Pasukan Pam TPS Jelang Pemilu 2024

  • Bagikan
Kapolres Simalungun AKBP Choky S Meliala saat memimpin apel pergeseran Pasukan Pengaman Tempat Pemungutan Suara (Paspam TPS) Pemilu 2024 di halaman Mako Polres Simalungun di Pamatangraya, Minggu (11/2).(Waspada/ist).
Kapolres Simalungun AKBP Choky S Meliala saat memimpin apel pergeseran Pasukan Pengaman Tempat Pemungutan Suara (Paspam TPS) Pemilu 2024 di halaman Mako Polres Simalungun di Pamatangraya, Minggu (11/2).(Waspada/ist).

SIMALUNGUN (Waspada): Kapolres Simalungun, AKBP Choky Sentosa Meliala, memimpin apel pergeseran Pasukan Pengaman Tempat Pemungutan Suara (Paspam TPS) dalam operasi Mantap Brata Toba 2023-2024. Apel tersebut digelar di lapangan Mako Polres Wimalungun di Pamatangraya, Minggu (11/2/2024).

Apel ini bertujuan untuk memastikan kesiapan terakhir seluruh personel dalam menjaga keamanan dan ketertiban selama proses pemungutan suara. Sebanyak 327 personel pengamanan TPS dari Polres Simalungun hingga ke Kapolsek sejajaran turut serta dalam kegiatan ini.

Kapolres Simalungun AKBP achoky S Meliala dalam membacakan amanat dari Kapolda Sumatera Utara, Irjen Pol Agung Setya Imam Efendi, menekankan pentingnya tanggung jawab Polri dalam memberikan jaminan keamanan untuk Pemilu yang aman, damai, dan sejuk.

Kapolres Pimpin Apel Pergeseran Pasukan Pam TPS Jelang Pemilu 2024

” Saat ini kita sudah memasuki H-3 pelaksanaan Pemilu tahun 2024. Pemilu merupakan pesta demokrasi bagi seluruh rakyat Indonesia dan merupakan tanggung jawab kita bersama untuk menjaga keamanan proses tersebut,” ujar AKBP Choky Sentosa Meliala di hadapan peserta apel.

Disampaikan juga bahwa personel Polres Simalungun telah dilengkapi dengan berbagai alat dan perlengkapan yang mendukung pelaksanaan tugas pengamanan TPS. Selain itu, ditekankan pula pentingnya personel untuk menjaga kondisi kesehatan, memahami tugas dan tanggung jawab, serta mengikuti protokol pengamanan, termasuk larangan membawa senjata api kecuali bagi personel khusus yang diizinkan.

Secara detail, Kapolres menyampaikan strategi dan persiapan terkait pengamanan Pemilu 2024 di wilayah Simalungun. Dengan pengamanan yang akan dilakukan di sejumlah 3052 TPS, Polres Simalungun menurunkan 327 personel dan akan bersinergi bersama personel dari Kodim 0207/Simalungun untuk memastikan pelaksanaan pemungutan suara berjalan lancar, aman, dan damai.

” Apel Pergeseran Pasukan yang kita lakukan hari ini tidak hanya sekedar formalitas, tetapi ini merupakan pengecekan terakhir kesiapan kita dalam pelaksanaan pengamanan TPS. Kita harus memastikan bahwa tidak ada yang tertinggal, dan semua personel sudah siap dengan tugas dan tanggung jawab masing-masing,” terang AKBP Choky.

Lebih lanjut, Kapolres menegaskan bahwa kesiapan personel tidak hanya dari segi fisik tetapi juga mental dan peralatan.

” Kita sudah mempersiapkan personel kita dengan berbagai pelatihan dan simulasi pengamanan. Selain itu, setiap personel telah dilengkapi dengan perlengkapan yang mendukung, mulai dari alat komunikasi, pengamanan diri, dan tentunya pengetahuan dan pemahaman terkait SOP pengamanan TPS,” kata Kapolres

AKBP Choky juga menekankan pentingnya koordinasi dan kerjasama antara Polres Simalungun dengan berbagai pihak, termasuk TNI, penyelenggara Pemilu, dan unsur masyarakat. ” Kita tidak bekerja sendiri. Sinergitas antara Polri, TNI, penyelenggara Pemilu, dan masyarakat adalah kunci utama dalam menciptakan pemilu yang aman, damai, dan demokratis,” cetusnya.

Kapolres Pimpin Apel Pergeseran Pasukan Pam TPS Jelang Pemilu 2024

Terakhir, Kapolres Simalungun menegaskan komitmen Polres dan personelnya dalam memberikan jaminan keamanan kepada semua pihak selama pelaksanaan Pemilu 2024. ” Tugas kita adalah memastikan bahwa setiap warga negara memiliki kesempatan yang aman untuk menggunakan hak pilihnya tanpa ada rasa takut atau terintimidasi. Kita hadir untuk menjaga keutuhan proses demokrasi di negeri ini,” tandas Kapolres.

Dengan persiapan yang telah dilakukan, AKBP Choky Sentosa Meliala mengajak seluruh elemen masyarakat Simalungun untuk bersama-sama mendukung dan menjaga kondusivitas wilayah sehingga Pemilu 2024 dapat berjalan dengan lancar, aman, dan demokratis.

Acara ditutup dengan doa bersama untuk kelancaran dan keberhasilan dalam pengamanan Pemilu 2024, semoga Allah SWT senantiasa memberikan bimbingan, kekuatan, dan perlindungan kepada seluruh personel dalam menjalankan tugas. ” Selamat bertugas! Mari kita sukseskan penyelenggaraan Pemilu tahun 2024 ini,” ajak Kapolres sebagai penutup amanat.(a27).

  • Bagikan