Kapolres Simalungun Sambut Dan Amankan Kunker Presiden RI

  • Bagikan

PARAPAT (Waspada): Kapolres Simalungun AKBP Nicolas Dedy Arifianto ikut penyambutan dan pengamanan kunjungan kerja (Kunker) Presiden RI Ir. Joko Widodo, di Parapat Kec. Girsang Sipanganbolon, Kab. Simalungun, Rabu (2//2/2022).

Selain Kapolres, dalam penyambutan orang nomor satu di Indonesia itu juga ada terlihat  Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi, Kapolda Sumut Irjen. Pol. Drs. R. Z. Panca Putra, Pangdam I/BB Mayjen Hassanudin, Karo Ops Polda Sumut Kombes Pol Desman Tarigan SH, Dir Intelkam Polda Sumut Kombes Pol Dwi Indra Maulana.

Kapolres Simalungun Sambut Dan Amankan Kunker Presiden RI

Kemudian Danrem 022/Pantai Timur (PT) Kolonel Inf Parlindungan Hutagalung, Bupati Simalungun Radiapoh Hasiholan Sinaga, Dandim 0207/Simalungun Letkol Inf. Roly Sohuoka, S.IP, Waka Polres Simalungun Kompol Efianto, SH, MH, Kasat Narkoba, AKP Adi Haryono, Kasat Lantas, AKP Hendrik Fernandes Aritonang, Kasat Intelkam AKP Restuadi, SH, Kasat Sabhara AKP D. Butar-butar, SH, Kasat Reskrim AKP Rachmat Aribowo, SIK dan seluruh Personel Pengamanan VVIP.

Dalam kunker itu Presiden didampingi Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Indonesia Jenderal TNI (Purn) Luhut Binsar Pandjaitan, M.P.A, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono serta Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno. 

Setelah pesawat yang ditumpangi mendarat di Bandara Silangit, siang itu Presiden RI Jokowi mengawali kunkernya dengan meresmikan pembangunan jalan dan jembatan Bypass Balige (lingkar luar) Kec. Balige, Kab. Toba sepanjang 9,8 Kilometer.

Kapolres Simalungun Sambut Dan Amankan Kunker Presiden RI

Selanjutnya Presiden RI ke 7 itu menuju kota wisata Parapat, Kab. Simalungun dari Simpang Sibisa, Kab. Toba mengendarai sepedamotor Kawasaki W175 dengan pengamanan VVIP. Dalam perjalanan menuju Pantai Bebas Parapat, ribuan pengunjung yang berdiri disepanjang jalan menyambut kehadiran Jokowi. Setiba di Pantai Bebas itu, Presiden disambut Bupati Simalungun dengan pemberian Gotong dan Ulos. Lalu Presiden meresmikan Ruang Terbuka Publik dan  Pantai Ipal Parapat yang dibuka untuk umum.

Presiden RI Jokowi menjelaskan saat ini di Kawasan Pantai Bebas Parapat sudah dibangun beberapa fasilitas untuk menyajikan pertunjukan seni budaya hingga menara pandang untuk bisa dinikmati masyarakat yang berkunjung ke Danau Toba.

Tepat pukul 13.30 Presiden  membagikan Bantuan Langsung Tunai (BLT) terhadap masyarakat Tigaraja Kec. Girsang Sipanganbolon dan langsung menuju Pelabuhan Ajibata dengan pengamanan VVIP. Sekira pukul 14.00 Wib Presiden Jokowi meresmikan Pelabuhan Ajibata di Kab. Toba dengan Ritual Adat Batak serta meresmikan tujuh pelabuhan penyeberangan dan empat kapal motor penumpang (KMP) di Kawasan Dermaga Pelabuhan Ajibata tersebut.

Kapolres Simalungun Sambut Dan Amankan Kunker Presiden RI

Adapun tujuh pelabuhan diresmikan itu yakni Pelabuhan Ajibata dan Balige di Kab. Toba, Pelabuhan Tiga Ras di Kab. Simalungun, Pelabuhan Simanindo di Kab. Samosir, Pelabuhan Marbun Toruan/Baktiraja di Kab. Humbang Hasundutan (Humbahas), Pelabuhan Muara di Kab. Taput, dan Pelabuhan Tongging di Kab. Karo. Kemudian empat KMP yang diluncurkan pada kesempatan yang sama adalah KMP Pora-Pora, KMP Kaldera Toba, Bus Air KMP Asa-asa, dan Bus Air KMP Jurung-Jurung.

Sore harinya puk 15.30 Wib Presiden Jokowi Widodo bersama rombongan menyebrang ke Kab. Samosir Menggunakan Kapal KMP Kaldera Toba dari Pelabuhan Ajibata Kabupaten Toba menuju Pelabuhan Ambarita, Kecamatan Simanindo, Kabupaten Samosir dengan situasi aman dan terkendali.(a27)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *