Kapolsek Silau Kahean Imbau Warga Tidak Melakukan Pembakaran Di Area Hutan

  • Bagikan
Tim gabungan Polsek, Koramil, perangkat nagori dan warga saat meninjau area hutan yang baru terbakar dalam kondisi api sudah padam, Rabu (13/3).(Waspada/ist).
Tim gabungan Polsek, Koramil, perangkat nagori dan warga saat meninjau area hutan yang baru terbakar dalam kondisi api sudah padam, Rabu (13/3).(Waspada/ist).

SIMALUNGUN (Waspada): Kebakaran hutan di Juma Dusun Seribu Dolok, Nagori Sinasih Kecamatan Silau Kahean, Kabupaten Simalungun, berhasil dikendalikan oleh tim gabungan Polsek, Koramil dan warga Silau Kahean, Rabu (13/3).

Kapolsek Silau Kahean, AKP J.H. Sinaga, mengatakan kebakaran hutan yang terjadi di lahan yang diusahakan masyarakat, khususnya milik Roni Purba, menjadi fokus pengecekan tim gabungan yang terdiri dari personel Polsek Silau Kahean, Koramil, dan perangkat desa setempat.

” Menggunakan Aplikasi Lancang Kuning Polri, tim melakukan cek dan monitor terhadap kebakaran tersebut. Lahan yang terbakar, yang sebelumnya ditanami pohon karet dan direncanakan untuk ditanami pohon sawit, mencakup area sekitar 5 rante,” kata Kapolsek.

AKP J.H. Sinaga dalam arahannya mengimbau masyarakat agar tidak melakukan pembakaran hutan atau lahan pertanian sebagai upaya membuka atau mengusahakan area tersebut.

” Kami mengharapkan masyarakat untuk bekerja sama dalam mencegah kebakaran hutan dengan tidak membakar lahan secara sengaja,” ujar AKP Sinaga.

Tim gabungan yang turut serta dalam operasi pengecekan dan pemadaman meliputi beberapa personil, antara lain AKP J.H. Sinaga, Aiptu MH. Simamora, Aipda Dodi H Saragih, Sertu Tengku Masrijal dari Koramil 19.Nd, serta pangulu dan perangkat desa/gamot.

Beruntung, kebakaran yang sempat melanda area tersebut berhasil dikendalikan dan kondisi api telah padam. Upaya cepat dan koordinasi yang efektif antara berbagai pihak turut berkontribusi dalam penanganan situasi ini secara efisien.

Kapolsek Silau Kahean beserta tim gabungan mengucapkan terima kasih atas kerjasama semua pihak yang terlibat dalam penanganan kebakaran ini dan terus mendorong kesadaran masyarakat untuk mencegah kejadian serupa di masa yang akan datang.(a27).

  • Bagikan