Kenakan Baju Berbahan Ulos, Ketua Dekranasda Toba Tampil Memukau Dalam Pagelaran Fashion Week 2022

  • Bagikan

TOBA (Waspada) : Asosiasi Perancang Pengusaha Mode Indonesia (APPMI) Sumut berkolaborasi dengan Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provsu menggelar Sumut Fashion Week 2022 yang digelar di Atrium Mall Centre Point, Jalan Jawa, Medan, Provinsi Sumatra Utara, Selasa (7/6).

Ketua APPMI Sumut, Yuni Pohan mengatakan, ajang Sumut Fashion Week 2022 yang baru pertama kali diselenggarakan ini rencananya akan ikut dimeriahkan sejumlah desainer dan model di Sumut dan Nasional selama 6 hari kedepan dimulai tanggal 7-12 Juni 2022.

“Adapun Sumut Fashion Week 2022 adalah program pertama APPMI Sumut dengan konsep fashion week. Acara ini berkolaborasi dengan Dekranasda Provinsi Sumatera Utara dalam event lokal dan harapannya ajang ini dapat digelar tiap tahunnya karena ini berpengaruh pada UMKM dalam sektor fashion dan craft (kerajinan),” ujar Yuni yang juga desainer dan owner rumah mode YAPMODE.

Senada dengan Yuni, Sekretaris Dekranasda Sumut, Hasnh Leli Siregar mengatakan bahwa pihaknya juga berharap ke depan Sumut Fashion Week secara kontiniu dapat dilaksanakan setiap tahun dan melalui ajang ini dapat membangkitkan kembali ekonomi dari para UKM, dan desainer-desainer di Sumut karena selama pandemi mengalami penurunan.

Adapun desainer Sumut dan nasional yang memastikan tampil memamerkan rancangannya antara lain Vera Kebaya (Jakarta), Nining Tristantie (Medan), Yuni Pohan (Medan), Jeni Tjahyawati (Jakarta), Leni Rafael (Jakarta), Faddat (Jakarta), Ariy Arka (Jakarta), Sugeng Waskito (Yogyakarta), Zul Said (Medan), Erdan (Jakarta), Novita Sari (Jakarta), Lia Afif (Surabaya) Tuty Adib (Solo), Ani Seto (Yogyakarta), Ayu Purhadi (Yogyakarta), Bella Hasura (Bandung), Lia Soraya (Bandung) dan sebagian desainer nasional juga sudah go internasional.

Sejumlah kabupaten/kota di Provinsi Sumatera Utara juga memeriahkan dengan membuka booth UMKM. Menariknya Ketua Dekranasda tiap Kabupaten/Kota juga akan ikut tampil pada fashion show.

Sementara itu, didampingi Ketua Dekranasda Provinsi Sumut, Ny. Nawal Lubis Edy Rahmayadi, Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi yang juga sekaligus membuka ajang Sumut Fashion Week 2022 mengatakan ia turut bangga dengan ajang tersebut karena mampu mendongkrak ekonomi Sumatera Utara.

“Saya memandang positif kegiatan ini, tetap dikembangkan dan semoga kegiatan ini berkah, ” tutupnya.

Dikesempatan yang sama, Ketua Dekranasda Kabupaten Toba, Ny. Rita Marlina Poltak Sitorus yang turut tampil dalam pagelaran busana berharap atas pelaksanaan Fashion Week yang pertama ini akan dapat mengangkat tenun, ulos, kain dari Kabupaten dan Kota se-Sumut khususnya Kabupaten Toba melalui perancang atau disainer Indonesia, sehingga tenunan hasil karya UMKM ini tidak hanya dikenal di Indonesia tetapi sampai ke mancanegara.

Ia juga mengatakan kehadiran Ketua Dekranasda Kabupaten Toba yang turut ambil bagian dalam pagelaran fashion show adalah sebagai bentuk apresiasi yang tinggi akan geliat perkembangan kain, tenun, ulos di Kabupaten Toba untuk dapat menarik perhatian bukan hanya kalangan orangtua namun juga generasi generasi muda

“Melalui kegiatan ini hendaknya hasil karya UMKM khususnya kain tenun ulos dari Kabupaten Toba dapat ditingkatkan kembali dan harapannya kedepan dapat dikenal bukan hanya dalam skala nasional namun juga internasional serta dapat mengangkat perekonomian masyarakat Toba,” sebutnya

Acara Sumut Fashion Week 2022 ini diorganisir oleh YAPMODE dan dilaksanakan Gemilang Anak Indonesia Event Organizer.

Turut hadir dalam kegiatan Forkopimda Provinsi Sumatera Utara beserta Ketua Dekranasda Kabupaten/Kota se-Sumut. (rg/rel)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *