KPU Dan Forkopimda Simalungun Lepas Pendistribusian Logistik Pemilu 2024

  • Bagikan
Ketua KPU Simalungun, Johan Septian Pradana saat melepas armada pengakut logistik ke kecamatan dari halaman kantor KPU Simalungun di Pamatangraya, Minggu (11/2).(Waspada/ist).
Ketua KPU Simalungun, Johan Septian Pradana saat melepas armada pengakut logistik ke kecamatan dari halaman kantor KPU Simalungun di Pamatangraya, Minggu (11/2).(Waspada/ist).

SIMALUNGUN (Waspada): Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Simalungun, melakukan pendistribusian logistik Pemilu 2024 ke kantor Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) se-Kabupaten Simalungun, Minggu (11/2/2024).

Acara pelepasan pendistribusian logistik pemilu tersebut digelar di halaman kantor KPU Jalan Jhon Horailam Saragih, Pematangraya, dihadiri Bupati Simalungun diwakili Kaban Kesbangpol Arifin Nainggolan, Kapolres AKBP Choky S Meliala, Bawaslu dan KPU Kabupaten Simalungun.

Bupati Simalungun diwakili Kaban Kesbangpol, Arifin Nainggolan, dalam sambutannya mengharapkan agar distribusi logistik Pemilu bisa berjalan aman dan baik.

KPU Dan Forkopimda Simalungun Lepas Pendistribusian Logistik Pemilu 2024

Sedangkan Kapolres Simalungun, AKBP Choky Sentosa Meliala, menegaskan komitmen kepolisian untuk melakukan pengamanan secara maksimal, mulai dari pergeseran logistik dari KPU ke PPK hingga ke kecamatan dan Nagori. Dia mengajak semua pihak untuk memfasilitasi printer di setiap Tempat Pemungutan Suara (TPS) dan berharap agar Pemilu tahun 2024 dapat berjalan aman dan kondusif.

Oeang nonor satu di jajaran Polres Simalungun itu mengungkapkan rasa optimisnya terkait proses pemilu yang akan berlangsung di Kabupaten Simalungun. ” Kami dari kepolisian telah menyiapkan pengamanan maksimal dari start pendistribusian logistik ini, sampai hari H pemungutan suara, hingga penghitungan suara selesai. Kami yakin, dengan kerjasama yang baik antara KPU, Bawaslu, TNI, dan masyarakat, seluruh tahapan Pemilu di Kabupaten Simalungun tahun 2024 akan berjalan dengan sukses,” ujar AKBP Choky Sentosa Meliala.

Beliau juga mengingatkan pentingnya peran serta masyarakat dalam menjaga situasi kondusif selama masa pemilu berlangsung. “Kami berharap masyarakat juga aktif mengawasi dan melaporkan jika menemukan indikasi pelanggaran atau potensi gangguan keamanan. Keamanan dan kesuksesan pemilu bukan hanya tanggung jawab aparat, tetapi juga seluruh elemen bangsa,” tambahnya.

AKBP Meliala juga menyoroti perlunya antisipasi terhadap ancaman manipulasi informasi dan berita palsu yang bisa merusak proses demokrasi. “Di era digital ini, informasi sangat cepat beredar. Kami meminta masyarakat untuk bijak dalam menyikapi informasi yang diterima dan tidak mudah terprovokasi dengan berita-berita yang belum tentu kebenarannya,” ujarnya.

Terakhir, Kapolres Simalungun mengapresiasi langkah KPU dan semua pihak yang telah bekerja keras dalam persiapan Pemilu 2024. ” Langkah awal kita sudah baik, mari kita lanjutkan dengan menjaga kekompakan dan meningkatkan koordinasi. Semoga Pemilu 2024 di Kabupaten Simalungun dapat menjadi contoh pelaksanaan pemilu yang damai dan demokratis,” tutupnya.

KPU Dan Forkopimda Simalungun Lepas Pendistribusian Logistik Pemilu 2024

Sementara itu, Ketua KPU Kabupaten Simalungun, Johan Septian Pradana, menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung jalannya tahapan Pemilu, serta mengingatkan PPK untuk memastikan kelengkapan logistik di masing-masing kecamatan.

Pelepasan logistik Pemilu oleh Ketua KPU, Kapolres Simalungun, dan komisioner Bawaslu serta Forkopimda Kabupaten Simalungun menjadi penanda dimulainya pergerakan logistik ke seluruh kecamatan di Kabupaten Simalungun. Sebanyak 12 kecamatan menjadi tujuan distribusi pertama dengan pengamanan yang dijaga ketat oleh polisi.

Dengan kegiatan ini, semua pihak berharap Pemilu 2024 dapat berlangsung dengan lancar dan aman, mendukung proses demokrasi di Indonesia, khususnya di Kabupaten Simalungun. Situasi penyelesaian pendistribusian logistik pada pukul 10.16 WIB berlangsung dalam keadaan aman dan kondusif, menandakan awal yang baik bagi tahapan selanjutnya dari Pemilu 2024.(a27).

  • Bagikan