KPU Deliserdang Mulai Pleno Rekapitulasi Perhitungan Suara

  • Bagikan
Ketua KPUD Deliserdang Syahrial Efendi, Sekda Deliserdang H Timur Tumanggor, Kapolresta Deliserdang Kombes Pol Raphael Cahya Shandy Priambodo dan lainnya saat berfoto bersama. (Waspada/Edward Limbong).
Ketua KPUD Deliserdang Syahrial Efendi, Sekda Deliserdang H Timur Tumanggor, Kapolresta Deliserdang Kombes Pol Raphael Cahya Shandy Priambodo dan lainnya saat berfoto bersama. (Waspada/Edward Limbong).

DELISERDANG (Waspada): Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Deliserdang, mulai melakukan rapat pleno terbuka untuk rekapitulasi hasil penghitungan suara pemilihan umum (pemilu) 2024 tingkat kabupaten, Jumat (1/3) di Aula KPUD setempat.

Ketua KPUD Deliserdang Syahrial Efendi mengatakan, bahwa pada hari ini hampir 90 persen rekap di tingkat kecamatan sudah selesai tinggal ada tiga kecamatan yang hari ini atau sore hari ini sudah bisa diselesaikan khususnya memang untuk wilayah kecamatan yang besar yaitu Kecamatan Percut Seituan, Sunggal dan Tanjung Morawa.

“Pada pemilu 2019 kemarin kita mengalami keterlambatan karena memang ada beberapa teknis yang mungkin tidak bisa kita elakan akan tetapi pada kesempatan kali ini pada Pemilu 2024 yang hari ini kita laksanakan bisa berjalan dengan sesuai tahapan yang ada khususnya di Kecamatan Percut Sei Tuan dan Sunggal serta Kecamatan Tanjung Morawa kita doakan pada hari ini bisa selesai dengan lancar dengan baik dan bisa kita lanjutkan untuk di tingkat kabupaten,” katanya.

Syahrial menjelaskan, dalam proses rekapitulasi ini, pihaknya akan membacakan seluruh aturan terkait rekapitulasi di tingkat kabupaten dan akan membacakan seluruh hasil di tingkat kecamatan yang diikuti oleh saksi para peserta dari partai politik, pasangan calon dan Dewan Perwakilan Daerah (DPD). “Mudah-mudahan kalau kita bersama semua di sini untuk dapat bisa menyelesaikan seluruh proses tahapan rekapitulasi ini dengan berjalan lancar pada rekapitulasi hasil perhitungan perolehan suara dan penetapan hasil pemilu tahun 2024 tingkat kabupaten Deliserdang yang dimulai tanggal 1 sampai 5 Maret,” jelasnya.

Sementara itu Sekda Deliserdang H Timur Tumanggor mengucapkan terima kasih kepada KPU dan Bawaslu yang telah berjibaku sampai dengan hari ini atas penyelenggaraan pesta demokrasi tahun 2024 ini mudah-mudahan lancar sampai dengan perhitungan nanti.

Sekda juga memberi apresiasi kepada Kapolresta Deliserdang beserta seluruh pengamanan dan jajarannya, dari pemilu yang sudah baik dan tahun ini Insya Allah semakin baik ke depan.

Sedangkan Kapolresta Deliserdang Kombes Pol Raphael Cahya Shandy Priambodo, S.IK juga mengatakan, sebagai pihak pengamanan proses demokrasi ini tentunya pihaknya berkoordinasi baik itu dari Ketua KPU, Ketua Bawaslu, TNI dan Polri. “Sama-sama kita menjaga pelaksanaan kegiatan ini sehingga pelaksanaan kegiatan di Kabupaten Deliserdang dapat terlaksana dengan baik meskipun ada catatan-catatan tertentu yang saya rasa itu adalah menjadi evaluasi buat kita pada saat pelaksanaan yang terdekat adalah Pemilihan Kepala Daerah dan juga mungkin 5 tahun ke depan ini menjadi koreksi buat kita semua. Apa yang sudah kita laksanakan pada tahun 2024 ini tentunya akan beri efek pada tahun-tahun berikutnya,” katanya.

Turut hadir seluruh Komisioner KPU Deliserdang masing-masing Ziaulhaq Siregar, Mulianta Sembiring, Timo Dahlia Daulay dan Relis Yanthi Panjaitan, serta Kaban Kesbangpol Deliserdang Drs. Zainal Abidin Hutagalung; Kasat Pol. PP Deli Serdang Marzuki, S.Sos; Kadis PMD Deli Serdang Drs. Khoirul Azman, S.STP, M.AP, Ketua Bawaslu Deliserdang Febriandi Ginting, Komisioner Bawaslu Kabupaten Deliserdang Divisi Penanganan Pelanggaran, Sartua Tjarda AY Situmorang dan lainnya. (a16).

  • Bagikan