KPU Padangsidimpuan Akan Rekrut 4.914 Anggota KPPS

  • Bagikan
Koordinator Divisi SDM KPU Padangsidimpuan Parlagutan Harahap saat menjelaskan syarat dan tata cara pencalonan anggota KPPS untuk Pemilu 2024 dalam Rapat Koordinasi Persiapan Pembentukan KPPS untuk Pemilu Tahun 2024 di Auditorium UIN Syahada Padangsidimpuan, Selasa (5/12). Waspada/Mohot Lubis.
Koordinator Divisi SDM KPU Padangsidimpuan Parlagutan Harahap saat menjelaskan syarat dan tata cara pencalonan anggota KPPS untuk Pemilu 2024 dalam Rapat Koordinasi Persiapan Pembentukan KPPS untuk Pemilu Tahun 2024 di Auditorium UIN Syahada Padangsidimpuan, Selasa (5/12). Waspada/Mohot Lubis.

P.SIDIMPUAN (Waspada) : Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Padangsidimpuan akan merekrut sebanyak 4.914 orang anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) yang akan bertugas di Tempat Pemungutan Suara (TPS) pada Pemilu Serentak Tahun 2024.

“KPU Kota Padangsidimpuan membutuhkan sebanyak 4.914 orang petugas KPPS untuk Pemilihan Umum tahun 2024,” kata Ketua KPU Padangsidimpuan Tagor Dumora Lubis, SH saat membuka acara Rapat Koordinasi Persiapan Pembentukan KPPS untuk Pemilu Tahun 2024 di Auditorium UIN Syahada Padangsidimpuan, Selasa (5/12).

Rapat Koordinasi Persiapan Pembentukan KPPS tersebut dihadiri Komisioner KPU Padangsidimpuan Parlagutan Harahap dan Fadlyka Himmah Syahputra Harahap, Sekretaris KPU Padangsidimpuan Deka Ria Murti Lubis, Kasubbag, seluruh ketua dan anggota PPK dan PPS serta apartur kelurahan dan desa se- Kota Padangsidimpuan.

Ketua KPU menjelaskan, 4.914 anggota KPPS yang akan direkrut itu belum termasuk Linmas TPS karena perekrutan 2 orang anggota Limas di masing-masing TPS, sampai saat ini masih menjadi tanggung jawab pemerintah.”Masa kerja KPPS selama 30 hari, terhitung mulai 25 Januari hingga 25 Februari 2024,” tuturnya.

Anggota KPPS dan Linmas yang akan direkrut maka, jumlahnya mencapai 6.318 orang. Kebutuhan itu disesuaikan dengan jumlah tempat pemungutan suara (TPS) sebanyak 702 dikali tujuh orang petugas KPPS maka jumlah keseluruhan 4.914 orang, sedangkan untuk Limas sebanyak 1.404orang,” ungkapnya.

Terkait dengan tahapan Pemilu 2024, Tagor menjelaskan saat ini telah memasuki masa kampanye yang merupakan salah satu tahapan krusial sehingga perlu dikelola dengan baik.

Disisi lain, Ketua KPU Padangsidimpuan meminta seluruh ketua dan anggota PPK maupun PPS untuk menjaga etika dan moral serta menjaga solidaritas sesama penyelenggara Pemilu, agar tingkat kepercayaan publik terhadap lembaga penyelenggara Pemilu semakin baik.

Koordinator Divisi SDM KPU Padangsidimpuan Parlagutan Harahap sebagai pemateri dalam Rapat Koordinasi tersebut menjelaskan tentang syarat calon anggota KPPS dan tata cara perekrutan anggota KPPS untuk Pemilu 2024.

Perekrutan KPPS, ucap Parlagutan, dilakukan melalui Panitia Pemungutan Suara (PPS) yang tersebar pada 79 Kelurahan dan Desa yang tersebar di enam kecamatan yang ada di wilayah Kota Padangsidimpuan.

Dijelaskan, syarat calon anggota KPPS yakni warga negara Indonesia, berusia minimal 17 tahun dan diutamakan paling tinggi berusia 55 tahun, setia kepada Pancasila sebagai dasar negara, UUD Tahun 1945, NKRI, Bhinneka Tunggal Ika dan cita cita Proklamasi 17 Agustus 1945.

Kemudian, mempunyai integritas pribadi yang kuat, jujur dan adil, tidak lagi jadi anggota partai politik paling singkat 5 tahun, berdomisili di wilayah kerja KPPS, mampu secara jasmani, rohani dan bebas dari penyalahgunaan narkotika, berpendidikan paling rendah sekolah menengah atau sederajat serta tidak pernah dipidana penjara berdasarkan putusan pengadilan karena melakukan tindak pidana yang diancam pidana penjara 5 tahun atau lebih.

“Prioritaskan warga setempat, jangan mengambil atau merekrut warga di luar domisili. Pastikan semua dokumen pendaftar diteliti dengan baik supaya tidak menimbulkan masalah di kemudian hari,” jelas Parlagutan.

Jika sebelumnya, KPU menggunakan Aplikasi SIAKBA untuk rekrutmen PPK dan PPS, lanjut Parlagutan, kali ini juga tidak jauh berbeda, namun Aplikasi SIAKBA ini akan digunakan saat 7 Anggota KPPS tiap TPS nya sudah terpilih. (a39).

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *