KPU Padangsidimpuan Gelar Simulasi Putungsura Dan Penggunaan Sirekap

  • Bagikan
Divisi Teknis Penyelenggara KPU Padangsidimpuan, Fadlyka Himmah Syahputra Harahap (pegang mikrofon) memandu proses Simulasi Putungsura dan Penggunaan Sirekap, di Kelurahan Hutaimbaru, Padangsidimpuan, Selasa (26/12). Waspada/Mohot Lubis.
Divisi Teknis Penyelenggara KPU Padangsidimpuan, Fadlyka Himmah Syahputra Harahap (pegang mikrofon) memandu proses Simulasi Putungsura dan Penggunaan Sirekap, di Kelurahan Hutaimbaru, Padangsidimpuan, Selasa (26/12). Waspada/Mohot Lubis.

P.SIDIMPUAN (Waspada) : Komisi Pemilihan Umum ((KPU) Kota Padangsidimpuan menggelar simulasi Pemungutan dan Penghitungan Suara (Putungsura) dan penggunaan aplikasi Sirekap Pemilu 2024 di halaman rumah Raja Tagor, Jl. Ompu Sarudak, Kelurahan Hutaimbaru, Kecamatan Padangsidimpuan Hutaimbaru, Kota Padangsidimpuan, Selasa (26/12).

Simulasi yang dibuka Ketua KPU Padangsidimpuan Tagor Dumora Lubis, SH tersebut, dihadiri Pj. Wali Kota Padangsidimpuan Dr. Letnan Dalimunthe M.Kes, Wakapolres Padangsidimpuan Kompol Maju Harahap, Pasiter Kodim 0212 Letda Inf.Sukarni Nasution..

Kemudian Ketua DPRD Padangsidimpuan Siwan Siswanto, anggota Bawaslu Padangsidimpuan Afriza, PPK, Ketua PPS serta komisioner KPU Padangsidimpuan Fadlyka Himmah Syahputra Harahap, Usman Riharnol Siskandra Siregar, Syafi Muda dan Parlagutan Harahap.

Simulasi Pemilihan anggota DPRD, DPR-RI, DPD serta pemilihan Presiden dan wakil Presiden yang dipandu Divisi Teknis Penyelenggara KPU Padangsidimpuan, Fadlyka Himmah Syahputra Harahap bersama komisioner KPU lainnya menghadirkan sekira 200 orang pemilih dari TPS 11 Kelurahan Hutaimbaru.

Dari 200 pemilih yang akan mengunakan hak pilihnya pada simulasi Putungsura dan penggunaan Sistem Informasi Rekapitulasi (Sirekap) Pemilu Serentak Tahun 2024 itu, 11 orang diantaranya merupakan pemilih disabilitas terdiri dari 8 laki-laki dan 3 perempuan.

Proses simulasi penggunaan hak suara tersebut diawali dengan rapat Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) untuk dimulainya pemungutan suara. Selanjutnya anggota KPPS menempati posisi masing-masing sesuai dengan panduan yang tata cara proses pelaksanaan pemilihan di Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Masing-masing pemilih diberikan 5 lembar kertas suara suara simulasi terdiri surat suara DPRD Padangsidimpuan, DPRD Provinsi Sumatera Utara, DPR-RI, DPD dan surat suara pemilihan Presiden dan Wakil Presiden untuk dicoblos sesuai dengan tata cara pncoblosan surat suara yang sah.

Ketua KPU Tagor Dumora Lubis, SH mengatakan, di dalam pelaksanaan Pemilu ada 3 komponen penting yang tidak bisa dipisahkan yakni penyelenggara Pemilu, peserta Pemilu dan pemilih. “Penyelenggara Pemilu sebagai komponen pertama, saat ini sedang proses perekrutan anggota KPPS,” katanya.

Pelaksanaan simulasi Putungsura dan penggunaan aplikasi Sirekap, ucap Ketua KPU, juga menjadi bagian dari evaluasi hasil Bimtek terhadap PPS se Kota Padangsidimpuan. “Kami juga ingin melihat sejauh mana hasil Bimtek yang kami lakukan terhadap PPS di Aula Hotel Mutiara beberapa hari lalu,” tuturnya.

Dalam kesempatan itu, Tagor Dumora Lubis berharap kepada semua pihak, termasuk peserta untuk ikut mensukseskan Pemilu Serentak Tahun 2024.’Mari sama sama kita hormati proses dan hasil pemilu 2024,” ajaknya.

Pj. Wali Kota Dr.Letnan Dalimunthe, M.Kes, juga berharap agar semua pihak pro aktif dan kooperatif terhadap pelaksanaan Pemilu 2023 dan meminta kepada seluruh warga padangsidimpuan yang sudah punya hak pilih agar menggunakan hal pilihnya pada tanggal 14 Februari 2024.

“Jangan lagi ada golput, karena ini menentukan masa depan kita. Pada kesempatan ini kembali saya tegaskan kepada ASN (Aparatur Sipil Negara) agara tidak berpolitik praktis. Ayo kita kampanyekan sukseskan pemilu 2024,” ujar Letnan.

Divisi Teknis Penyelenggara KPU, Fadlyka Himmah Syahputra Harahap menegaskan bahwa proses simulasi Putungsura dan penggunaan aplikasi Sirekap sangat penting bagi penguatan penyelenggara pemilu demi suksesnya pemilu 2024.

Mengingat simulasi itu sangat penting, KPU menghadirkan seluruh Ketua Panitia Pemungutan Suara (PPS) untuk menyaksikan proses simulasi Putungsura dan penggunaan aplikasi Sirekap agar nantinya dapat memberikan penguatan kepada KPPS.(a39).

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *