KPU Toba Gelar Bimtek Putungsura Jelang Pemilu 2024

  • Bagikan
KPU Toba Gelar Bimtek Putungsura Jelang Pemilu 2024

Bimtek PPK dan PPS Kabupaten Toba dalam rangka Putungsura Pemilu 2024 di Labersa Toba Hotel, Senin (22/1). Waspada/Ramsiana Gultom

TOBA (Waspada) : Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Toba menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) kepada PPK dan PPS dalam rangka pemantapan persiapan pemungutan suara serta rekapitulasi hasil penghitungan suara (Putungsura) pada Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2024. Bimtek ini digelar di Labersa Toba Hotel, Senin (22/1).

Ketua KPU Toba, Sugar Fernando Sibarani dalam arahannya mengingatkan seluruh PPK dan PPS tentang pentingnya Bimtek ini dan menghimbau agar serius mengikuti seluruh rangkaian Bimtek mulai awal hingga akhir.

“22 hari jelang hari H tentu kita semua harus lebih fokus, lebih serius terhadap semua tahapan dan kebijakan dalam penyelenggaraan Pemilu ini. Saya berharap ada skala prioritas bagi teman-teman terutama ketika dilantik sebagai penyelenggara. Mohon, dalam beberapa hari ke depan dalam tahapan krusial agar penyelenggaraan diprioritaskan, karena ini akan menentukan berhasil tidaknya Pemilu ke depan. Berhasil atau tidaknya Pemilu ini ditentukan oleh teman-teman,” ujar Sugar Fernando Sibarani.

Lebih lanjut, Sugar mengingatkan bahwa pamahaman secara teknis menjadi kunci keberhasilan pelaksanaan Pemilu, dia berharap hasil Bimtek hari ini akan mempu meminimalisir kesalahan dan persoalan pada pelaksanaan Pemilu nanti.

“Sekali lagi saya ingatkan agar teman-teman serius mengikuti karena kegiatan kita hari ini tidak sekedar Bimtek tapi merupakan Bentuk TOT (Traing of Trainer), karena teman-teman nantinya yang akan membimtek dan melatih KPPS sedangkan kami hanya fasilitator yang juga bertugas mengawasi,” tutur Sugar Fernando Sibarani.

Dia pun kembali mengingatkan tentang tugas dan tanggungjawab penyelenggara termasuk kode etik dan kode perilaku yang harus dipegang dan dijalankan dalam penyelenggaraan Pemilu ini, serta meminta keseriusan dan komitmen untuk bekerja penuh waktu sesuai tahapan.

“Kami minta komitmen untuk bekerja sepenuh waktu, mohon untuk diingat, difahami dan dilaksanakan, karena pada dasarnya kegiatan itu berjenjang. Jadi tolonglah serius dalam mengerjakan setiap tahapan karena kinerja kita juga disorot dan diperhatikan oleh masyarakat. Jangan sepele dengan masalah kecil, maka fahami aturan agar Pemilu berjalan sukses,” pungkasnya.

Turut hadir dalam Bimtek ini, Helderia Purba Divisi Data, Erikson Sitorus Divisi Hukum dan Pengawasan, Posman Naiborhu Divisi Data dan Perencanaan, serta Ridwan Marpaung Divisi Teknis Pelaksanaan Pemilu. (rg)

  • Bagikan