Lantik 248 Pangulu, Ini Pesan Bupati Simalungun

  • Bagikan
Bupati Simalungun, Radiapoh Hasiholan Sinaga, menyematkan tanda jabatan kepada salah seorang pangulu yang dilantik di Balei Harungguan Djabanten Damanik, Kantor Bupati Simalungun, Pamatang Raya, Rabu (07/06).(Waspada/ist).
Bupati Simalungun, Radiapoh Hasiholan Sinaga, menyematkan tanda jabatan kepada salah seorang pangulu yang dilantik di Balei Harungguan Djabanten Damanik, Kantor Bupati Simalungun, Pamatang Raya, Rabu (07/06).(Waspada/ist).

SIMALUNGUN (Waspada): Bupati Simalungun Radiapoh Hasiholan Sinaga melantik 248 Pangulu (Kepala Desa) terpilih hasil pemilihan pangulu serentak Kab. Simalungun periode 2023-2029 di Balei Harungguan Djabanten Damanik, Kantor Bupati Simalungun, Pamatang Raya, Rabu (07/06/2023).

Pelantikan sesuai dengan SK Bupati Simalungun No: 100.3.3.2/7162.1/15.2/ 2023, sebagai saksi Albert Saragih (Plt Asisten Pemerintahan dan Kesra) dan Akmal H Siregar (Asisten Administrasi Umum) serta rohaniawan Islam, Kristen dan Katholik.

Lantik 248 Pangulu, Ini Pesan Bupati Simalungun
Disaksikan Bupati Simalungun, Radiapoh Hasiholan Sinaga, tiga perwakilan pangulu menandatangani berita acara pelantikan.(Waspada/ist).

Pelantikan ditandai penandatanganan berita acara dan fakta integritas oleh perwakilan serta penyematan tanda jabatan kepada para Pangulu yang dilantik.

Bupati Simalungun dalam bimbingan dan arahannya menyampaikan ucapan selamat, semoga para Pangulu yang dilantik tetap amanah dalam melanjutkan estafet pemerintahan nagori sampai 6 tahun ke depan.

“Pelantikan ini merupakan puncak demokrasi lokal yang dilaksanakan beberapa bulan lalu. Masyarakat telah menentukan sendiri, siapa yang dipercaya untuk memimpin dan menjadi pelayan masyarakat enam tahun ke depan,” kata Bupati.

“Ini bukanlah akhir, namun menjadi titik awal dimulainya penyelenggaran pemerintahan Nagori, guna menjamin terlaksananya pembangunan, demi tercapainya rakyat harus sejahtera secara lahir dan batin,” tambahnya.

Bupati mengingatkan, bahwa Pangulu adalah ujung tombak dalam penyelenggaraan pemerintahan daerah, oleh karenanya Pangulu dituntut dan wajib menguasai data serta potensi wilayah.

Selain itu, Pangulu juga dituntut untuk tertib administrasi, mengelola keuangan Nagori yang efisien, efektif, transparan, partisipatif dan akuntabel. Serta disiplin, profesional dan berperan aktif untuk menyukseskan gerakan marharoan bolon.

Lantik 248 Pangulu, Ini Pesan Bupati Simalungun

Kepada masyarakat, Bupati mengajak untuk membantu dan mendukung Pangulu terpilih dalam melaksanakan tugasnya.

“Mari bersama-sama menggali potensi yang ada di Nagori, lupakan perbedaan yang muncul selama proses pemilihan pangulu yang lalu, untuk menyongsong masa depan yang lebih cemerlang,” tandas Radiapoh.

“Pangulu terpilih ini bukan lagi milik sekelompok pemilih atau pendukung, tetapi menjadi milik dan pelayan semua masyarakat. Berikan pelayanan yang sebaik-baiknya, tanpa ada perbedaan,” pungkasnya.

Tampak hadir di pelantikan Pangulu ini antara lain Wakil Bupati H Zonny Waldi, Forkopimda, Wakil Ketua DPRD Elias Barus, Anggota DPRD Hendra Sukmana Sinaga, Sekda Esron Sinaga, pejabat tinggi Pratama, Ketua TP PKK Ny Ratnawati Radiapoh Hasiholan Sinaga, Ketua DWP Ny Bernadetha Esron Sinaga dan pengurus PKK dan DWP.(a27).

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *