Lantik IPHI Langkat, Rahudman: IPHI Garda Terdepan Bangun Keumatan

  • Bagikan
Lantik IPHI Langkat, Rahudman: IPHI Garda Terdepan Bangun Keumatan

LANGKAT (Waspada) : Ketua Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) Provinsi Sumatera Utara (Sumut) Drs H Rahudman Harahap MM resmi melantik kepengurusan IPHI Kabupaten Langkat, Jumat (8/3/2024) sore.

Pengukuhan dilaksanakan di Aula Sekolah Tinggi Agama Islam Jam’iyah Mahmudiyah (STAI-JM) Tanjungpura Langkat.

Hadir pada acara pelantikan ini Sekretaris IPHI Sumut H Ilyas Halim, Ketua IPHI Kota Medan H Sangkot Saragih, Pj Bupati Langkat yang diwakili Asisten II H Sijarmo, Kakan Kemenag Langkat H Ainul Aswad MA, Kapolres Langkat yang diwakili Kapolsek Tanjung Pura AKBP Faisal Rahmat, MUI Langkat, Camat Tanjung Pura, serta sejumlah tokoh dan tamu undangan lainnya.

Dalam sambutannya, Rahudman Harahap mengucapkan selamat kepada seluruh pengurus IPHI Kabupaten Langkat yang baru saja dilantik dan berharap dapat langsung bekerja dalam menjalankan visi dan misi yang diemban IPHI.

“Semoga kita bisa memberikan kontribusi yang baik dalam kemajuan pembangunan masyarakat di Kabupaten Langkat yang kita cintai ini,” katanya.

Wali Kota Medan ke-15 ini menegaskan IPHI harus berada di garda terdepan sebagai organisasi yang membangun keumatan, serta harus menjadi organisasi yang benar-benar mendapat perhatian dan bisa merekomendasikan sesuatu hal yang penting.

“Jangan sampai orang menganggap IPHI ini organisasi ecek-ecek atau asal-asalan. Saya akan buat IPHI ini menjadi organisasi yang betul – betul diperhitungkan dalam rangka membangun keumatan di Sumut ini. Itu tanggung jawab saya,” ucapnya.

Ia mengatakan dalam rapat kerja wilayah yang akan datang, akan dirumuskan berbagai program keumatan yang harus dilakukan. Dan yang tak kalah penting IPHI harus menyuarakan agar pemerintah dapat memberikan sejumlah kemudahan
bagi calon jemaah haji, baik dalam pengurusan dokumen keberangkatan maupun dalam pemeriksaan kesehatan jamaah.

“Kita tidak ingin ada jamaah kita yang dipersulit terutama dalam.pengurusan dokumen keberangkatan dan pemeriksaan kesehatan. Kita juga berharap nantinya pemeriksaan kesehatan pada jamaah itu bisa gratis. Ini harus jadi perhatian pemerintah, jangan hal itu menjadi beban bagi jamaah ke depannya,” imbuh Rahudman.

Dan terkait permasalahan calon jemaah haji ini, Rahudman mengatakan dalam waktu dekat dia akan bertemu dengan Pj Gubernur Sumut Hassanudin, untuk membicarakan apa saja kendala – kendala yang dialami calon jemaah haji.

Dikesempatan ini, Rahudman juga menekankan para pengurus dan anggota IPHI harus menjadikan masjid sebagai basis gerakan keumatan. Dan sebagai Ketua IPHI Sumut, ia telah mencanangkan gerakan subuh berjamaah untuk memakmurkan masjid-masjid yang ada di Sumut.

“Gerakan subuh berjamaah ini harus kita bumikan diseluruh daerah di Sumut. Kami sejak menjabat sebagai Ketua IPHI, telah berkeliling ke sedikitnya 80 masjid yang ada di Kota Medan dan Deliserdang, karena masjid basis kita untuk.menggerakan umat, jadi ini tak boleh kita tinggalkan,” tegas Rahudman.

Lebih lanjut dikatakannya, ada tiga hal yang menjadi perhatiannya selama melakukan safari subuh yaitu soal kemakmuran masjid, bagaimana perhatian pemerintah kepada masjid dan bagaimana peran remaja masjid.

“Sampai pagi tadi saya masih safari subuh di masjid. Tujuannya untuk melihat bagaimana membangun keumatan ini agar lebih baik ke depannya,” pungkasnya.

Adapun kepengurusan IPHI Langkat yabg dikukuhkan diketuai oleh HM Ridwan SPD, dengan sekretaris H Zulkifli dan bendahara Hj Hairul Majlis SPD. (hs)

  • Bagikan