Lapas Tebing Tinggi Gelar Bakti Sosial Kesehatan Bagi WBP

Gandeng Yayasan Buddha Tzu Chi

  • Bagikan
Lapas Tebing Tinggi Gelar Bakti Sosial Kesehatan Bagi WBP
Kalapas Klas IIB Tebingtinggi, Anton Setiawan berfoto bersama relawan Buddha Tzu Chi. Waspada/Ist

TEBINGTINGGI (Waspada): Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Tebing Tinggi bersama Yayasan Buddha Tzu Chi dan Tzu Chi International Medical Association (TIMA) mengadakan Bakti Sosial Kesehatan bagi Warga Binaan di Lapas Tebing Tinggi, Minggu (10/12).

Kegiatan ini dibuka dengan sambutan oleh Kalapas Anton Setiawan yang mendukung adanya kegiatan seperti ini dan berharap terus berlanjut agar warga binaan bisa mendapatkan pelayanan kesehatan yang lebih baik.

“Terima kasih kepada yayasan Buddha Tzu Chi dan tim TIMA yang telah berpartisipasi dalam kegiatan bakti sosial ini, semoga warga binaan dapat memanfaatkan momen yang baik ini dengan ikut memeriksa kondisi kesehatannya dan saya himbau kepada warga binaan untuk rajin menjaga kesehatan dan kebersihan,” jelasnya.

Kegiatan tersebut terdiri dalam beberapa stand pelayanan kesehatan, yaitu pendaftaran, pemeriksaan tekanan darah, pemeriksaan kolesterol, gula, asam urat serta adanya 3 poli pengobatan yaitu, poli umum, poli penyakit dalam serta poli kulit dan kelamin.

Menghadirkan 40 relawan dokter dan apoteker, kegiatan ini mendapatkan sambutan baik oleh Lapas Tebing Tinggi. Sebanyak 349 orang warga binaan yang turut berpartisipasi dengan penuh antusias mengikuti kegiatan dan pemeriksaan kesehatan diri mereka.

Dibuka dengan pendaftaran, seluruh peserta akan mengukur bobot tubuhnya terlebih dahulu dilanjutkan menuju poli umum untuk pemeriksaan tensi, gula darah, kolesterol, dan asam urat. Dari pemeriksaan yang didapatkan selanjutnya warga binaan yang menjadi peserta akan diarahkan menuju poli sesuai diagnosis yang diperoleh serta diberikan obat-obatan.

Dalam pemeriksaan tersebut, banyak ditemukan warga binaan yang menderita scabies. Dimana scabies dalam pengertiannya yaitu penyakit kegatalan pada kulit yang disebabkan tungau kecil yang sering ditemukan pada tempat-tempat yang ramai atau overcrowded seperti Lapas.

Turut hadir ketua Yayasan Buddha Tzu Chi Kota Medan Hasan Tina, Ketua Yayasan Buddha Tzu Chi Kota Tebing Tinggi, Wardi, Pejabat Struktural dan pegawai Lapas Tebing Tinggi. Kegiatan berlangsung dari pukul 09:00 hingga selesai dalam keadaan aman dan kondusif.(a37)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *