Ledakan Di Kantor FIF Hebohkan Warga

  • Bagikan
Percikan api terlihat dari ledakan korsleting listrik di kantor FIF. (Waspada/Ria Hamdani)
Percikan api terlihat dari ledakan korsleting listrik di kantor FIF. (Waspada/Ria Hamdani)

BINJAI (Waspada): Suara ledakan yang berulang kali terdengar keras dari Jalan Veteran, Kelurahan Tangsi, Kecamatan Binjai Kota, membuat warga sekitar heboh dan panik, Rabu (6/3) sore.

Satu persatu warga berhamburan dari dalam ruko yang berbaris di sepanjang Jalan Veteran. Mereka berkumpul di tengah jalan untuk menyaksikan secara langsung sumber ledakan.

Dari kehebohan itu, diketahui sumber ledakan berasal dari kantor FIF. Ledakan dengan percikan api terus terjadi secara berulang. Bahkan, api mulai menyala di atas kanopi kantor tersebut.

Ledakan Di Kantor FIF Hebohkan Warga
Warga heboh dan berkumpul melihat ledakan yang terjadi di kantor FIF Binjai. (Waspada/Ria Hamdani)

Melihat ledakan dan munculnya api, membuat warga semakin panik. Terlebih lagi karyawan yang bekerja di perusahaan jual beli sepedamotor tersebut. Sekuriti terlihat sibuk memadamkan api dengan alat pemadam api ringan (APAR).

Sementara, karyawan yang lain beserta warga panik mengamankan kendaraan mereka. Meski upaya pemadaman sudah dilakukan, tetapi ledakan terus terjadi dan api pun tetap menyala. Situasi itupun membuat semua orang yang berada di lokasi semakin takut.

“Jangan mendekat, itu listrik. Gak bisa disiram. Woy, jangan dekat-dekat di situ,” teriak warga yang panik melihat para karyawan mengamankan kendaraan mereka tepat di bawah ledakan.

Berselang beberapa menit, petugas Pemadaman Kebakaran (Damkar) turun dengan membawa dua unit armada. Kedatangan petugas pemadam mendapat tepuk tangan dari warga. Selanjutnya, petugas memadamkan api dengan cepat.

Ledakan Di Kantor FIF Hebohkan Warga
Pemadam turun dan dengan cepat menjinakkan api yang mulai menyala di atas kanopi. (Waspada/Ria Hamdani)

Usai api dipadamkan, petugas PLN turun dan melihat kondisi jalur listrik milik FIF. Setelah diperiksa, diketahui kabel listrik dari tiang ke FIF terjatuh tepat di atas kanopi.

“Sebenarnya tidak ada masalah kalau kabelnya tidak dibalut pipa. Pipanya meleleh karena panas, akhirnya kabel rusak dan korslet menyentuh kanopi. Korslet listrik membuat ledakan yang memunculkan api, kemudian membakar pipa penutup kabel,” terang Akbar, petugas PLN yang turun ke lokasi.

Selama perbaikan korslet listrik itu, PLN memadamkan arus listrik sekitar satu setengah jam. Setelah dilakukan perbaikan, situasi di lokasi yang sebelumnya macet kembali normal.

Senada dikatakan Kepala Cabang FIF Binjai, Helmi. Dia menyebutkan, sumber api berasal dari kabel PLN yang jatuh dan mengenai kanopi karena cuaca panas. “Jadi bukan dari FIF apinya, tapi dari pipa yang meleleh akibat cuaca panas dan kabelnya rusak. Kabel yang rusak menyentuh kanopi hingga menimbulkan api,” kata Helmi. (a34)

  • Bagikan