Massa Pendukung Fanatik Salah Satu Caleg Rusak 6 Rumah Simpatisan Caleg Berbeda

  • Bagikan
Massa Pendukung Fanatik Salah Satu Caleg Rusak 6 Rumah Simpatisan Caleg Berbeda
RUMAH dan harta benda dari salah seorang warga tampak berantakan akibat aksi anarkisme sekelompok warga. Waspada/Ist

LANGKAT (Waspada): Sekelompok massa diduga berasal dari salah satu pendukung caleg di Dusun V Barak Induk, Kec. Sei. Lepan, Kab. Langkat, melakukan aksi vandalisme terhadap sejumlah rumah warga Minggu (18/2) petang.

Tidak hanya melakukan pengrusakan terhadap rumah warga yang beda dukungan politik, tapi masa juga membakar satu unit sepeda motor, merusak harta benda korban, dan melakukan penganiayaan terhadap salah seorang warga yang masih sekampung.

Informasi yang diperoleh, penyerangan yang terjadi secara tiba-tiba ini dipicu dari salah satu Caleg di Dapil V yang kabarnya kalah dalam pendulangan suara pada kontestasi Pemilu 2024 yang baru saja lima hari lalu digelar.

Sebagian warga dusun kabarnya berbeda pilihan politik dan menjadi pendukung dari salah satu Caleg dari partai berbeda yang kebetulan bukan warga di dusun itu. Tidak terima kekalahan sang Caleg, warga dengan emosional melakukan aksi anarkisme.

Camat Sei. Lepan M. Iqbal Ramadhan dikonfirmasi Waspada, Senin (19/2) petang, menyatakan ada enam rumah warga yang dirusak massa yang diperkirakan berumlah ratusan orang. Selain itu, satu unit sepeda motor dibakar, sementara seorang warga turut menjadi korban aksi penganiayaan.

Menurut Iqbal, pasca kejadian penyerangan, situasi di Dusun Barak Induk sudah kondusif. “Situasi dari tadi malam sudah kondusif setelah kepolisian turun,” kata camat seraya menambahkan, pasca kejadian puluhan warga diamankan ke Polres Langkat untuk dimintai keterangan.

Kapolres Langkat AKBP Faisal Rahmat Husein Simatupang melalui Kasi Humas Polres AKP Rajendra Kesuma dihubungi Waspada untuk diminta konfirmasinya terkait aksi penyerangan ini tidak merespon panggilan masuk, meski aplikasi WhatsApp-nya aktif.

Secara terpisah Kapolsek P. Brandan AKP Irwanta Sembiring mengatakan, saat ini situasi sudah aman dan kondusif. Kapolsek menambahkan, pasca kejadian, beberapa warga diamankan ke Polres Langkat, namun ia tidak tahu secara pasti berapa jumlahnya.

AKP Irwanta Sembiring pada kesemptan itu menghimbau warga agar tidak bertindak anarkis. “Kita ini semua bersaudara, kalau pun ada beda pilihan, itu biasa dalam demokrasi,” ujarnya sembari menghimbau warga agar tetap menjalin hubungan silaturahmi, apalagi masih sekampung. (a10)

  • Bagikan