Menparekraf: F1Powerboat Sumbang Pertumbuhan Ekonomi Rp300 M

  • Bagikan
Menparekraf: F1Powerboat Sumbang Pertumbuhan Ekonomi Rp300 M
Sandiaga Uno saat menggelar konferensi pers di Media Center F1H2O Pelabuhan Muliaraja Napitupulu Balige, Minggu (26/2). Waspada/Ramsiana Gultom

TOBA (Waspada): Menparekraf Sandiaga Uno mengatakan perhelatan Formula1Powerboat Lake Toba memicu pertumbuhan ekonomi senilai Rp300 miliar.

Angka ini didapat setelah pihaknya melakukan pendataan pada setiap sektor di kawasan danau toba. Termasuk sektor perhubungan. Namun untuk lebih valid, pihaknya akan melakukan penghitungan lanjutan.

“Tingkat huhian hotel ataupun penginapan bertumbuh hingga seratus persen. Selain itu, pendapatan pelaku UMKM dan sektor perhubungan juga terjadi peningkatan yang cukup tinggi,” ujar Sandiaga Uno saat menggelar konferensi pers di Media Center F1H2O Pelabuhan Muliaraja Napitupulu Balige, Minggu (26/2).

Untuk meningkatkan kunjungan wisatawan ke Danau Toba, ke depannya akan dilakukan kegiatan atau event besar lainnya di kawasan Danau Toba.

Sandiaga Uno juga berharap para pelaku wisata di kawasan Toba agar dapat meningkatkan pelayanan, supaya para pengunjung tidak jera untuk datang dan menginap di daerah ini.

Direferemsikan, event Formula1Powerboat Lake Toba 2023 memberikan dampak yang cukup positif bagi peningkatan ekonomi di daerah maupun nasional. Tak hanya industri pariwisata, tetapi para pelaku UMKM juga merasakan manisnya dampak perhelatan internasional itu.

F1 Powerboat Lake Toba yang berlangsung sejak 24 Februari kemarin berlangsung sukses. Antusias kehadiran pengunjung sejak hari pertama untuk menyaksikan lomba perahu motor cepat bertaraf internasional pertama kali di Indonesia berdampak pada pertumbuhan masyarakat kabupaten Toba dan kabupaten tetangga.

F1Powerboat yang dipersiapkan sejak enam bulan lalu ternyata dapat menciptakan tenaga kerja. Bukan hanya itu, terjadi pula tingkat pertumbuhan ekonomi bagi pelaku wisata dan umum. (rg)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *