Musrenbang RKPD DS Tahun 2025 Dibuka

Yusuf Siregar Sampaikan Capaian Indikator Makro

  • Bagikan
BUPATI Deliserdang HM Ali Yusuf Siregar didampingi Wakil Ketua DPRD DS Nusantara Tarigan Silangit, Sekdakab Deliserdang H.Timur Tumanggor, S.Sos, M.AP dan lainnya foto bersama usai membuka Musrenbang RKPD Kabupaten Deliserdang Tahun 2025 di Convention Room Wing Hotel Kualanamu Batangkuis, Kamis (29/2). (Waspada/Khairul K Siregar/B)
BUPATI Deliserdang HM Ali Yusuf Siregar didampingi Wakil Ketua DPRD DS Nusantara Tarigan Silangit, Sekdakab Deliserdang H.Timur Tumanggor, S.Sos, M.AP dan lainnya foto bersama usai membuka Musrenbang RKPD Kabupaten Deliserdang Tahun 2025 di Convention Room Wing Hotel Kualanamu Batangkuis, Kamis (29/2). (Waspada/Khairul K Siregar/B)

BATANGKUIS (Waspada): Bupati Deliserdang HM Ali Yusuf Siregar membuka secara resmi kegiatan Musrenbang Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Deliserdang Tahun 2025 di Convention Room Wing Hotel Kualanamu Batangkuis, Kamis (29/2).

Dalam bimbingan dan arahannya, Bupati Deliserdang mengatakan kegiatan Musrenbang ini merupakan salah satu tahapan yang wajib dilaksanakan oleh Pemkab Deliserdang bersama masyarakat dan pemangku kepentingan lainnya setelah sebelumnya melaksanakan forum konsultasi publik, Musrenbang Desa/Kelurahan dan Kecamatan serta forum perangkat daerah/lintas perangkat daerah di setiap tahapan dan telah dilakukan pembahasan dan penajaman program kegiatan dan sub kegiatan tahun 2025 guna memastikan dokumen perencanaan yang disusun benar-benar mencerminkan aspirasi dan kebutuhan masyarakat Deliserdang dengan tetap memperhatikan ketentuan yang berlaku.

Dalam kesempatan itu, Bupati menyampaikan beberapa capaian indikator makro Deliserdang tahun 2023 antara lain persentase kemiskinan mengalami penurunan menjadi 3, 44 persen atau lebih baik dari capaian Provinsi Sumatera Utara sebesar 8,15 persen dan nasional sebesar 9,36 persen. Indeks Pembangunan Manusia (IPM) mengalami peningkatan menjadi 77,16 poin. Capaian IPM tersebut lebih tinggi dibanding rata-rata IPM Provinsi Sumatera Utara sebesar 73,37 poin dan rata-rata IPM nasional sebesar 74,39 poin. Tingkat pengangguran terbuka mengalami penurunan atau perbaikan menjadi 8,62 persen dibanding tahun 2022 sebesar 8,75 persen, namun masih lebih tinggi dari capaian Provinsi Sumatera Utara sebesar 5,89 persen dan nasional sebesar 5,32 persen.

Pertumbuhan ekonomi yang membaik tahun 2023 dibandingkan tahun 2022 yakni 5,34 persen dengan capaian rasio dini yang mengalami kenaikan menjadi 0,295 poin atau lebih baik dari capaian Provinsi Sumatera Utara sebesar 0,309 poin dan nasional 0,388 poin.

“Kita patut bersyukur atas peningkatan indikator pembangunan yang telah kita capai. Namun hal ini harus dapat kita pertahankan bahkan kita tingkatkan “tegas Bupati.

Tema Musrenbang RKPD Kabupaten Deliserdang Tahun 2025 adalah Integrasi Pembangunan Sosial dan Ekonomi Yang Inklusif dan Berkelanjutan yang akan diwujudkan dengan prioritas pembangunan antara lain pembangunan sosial melalui peningkatan kualitas SDM diantaranya melalui peningkatan layanan pendidikan dan kesehatan, penurunan kematian ibu dan bayi, penurunan prevalensi stunting, penguatan penanganan kegawatdaruratan dalam meningkatkan pelayanan rujukan pemberian jaminan kesehatan kepada masyarakat kurang mampu, pemberdayaan masyarakat dalam bidang kesehatan dalam rangka promotif dan preventif, peningkatan keterampilan bagi pencari kerja dan wira usaha.

Pembangunan ekonomi yang berdayasaing diantaranya melalui optimalisasi komunitas produk unggulan daerah yang berdaya saing, peningkatan mutu produk UMKM, peningkatan akses pemasaran dan kewirausahaan, optimalisasi pengembangan Desa wisata dan ekonomi kreatif.

Pembangunan infrastruktur dasar dan aksesbilitas kewilayahan yang berwawasan lingkungan diantaranya melalui peningkatan akses jalan dan jembatan menuju lokasi wisata andalan dan sentra ekonomi, peningkatan ketersediaan sarana prasarana infrastruktur dasar pemukiman, peningkatan mutu dan manfaat infrastruktur sumber daya air, penataan dan pengembangan ibukota Kecamatan dan pembangunan infrastruktur yang berbasis tata ruang wilayah.

“Saya minta kepada seluruh pimpinan OPD untuk benar-benar memperhatikan dan menindaklanjutinya agar berbagai indikator kinerja Pemkab Deliserdang dapat tuntas dicapai tahun 2025 dan mudah-mudahan kegiatan ini memberi manfaat besar bagi keberlangsungan pembangunan Kabupaten Deliserdang dimasa yang datang”harap Bupati.

Sebelumnya, Kepala Bappedalitbang Deliserdang Dr.Remus H Pardede dalam laporannya menjelaskan kegiatan ini merupakan rangkaian penyusunan RKPD Kabupaten Deliserdang Tahun 2025 yang bertujuan untuk mensingkronkan perencanaan dengan pendekatan top down dan bottom up dan partisipatif dengan mempertimbangkan aspek teknokratik dan politis. Selain itu juga untuk memperoleh arahan, saran dan masukan guna penyempurnaan rancangan RKPD Kabupaten Deliserdang Tahun 2025 dengan mendorong dan mengoptimalkan peran aktif masyarakat dan pemangku kepentingan.

Turut hadir dalam kegiatan itu antara lain Gubsu diwakili Kepala BKAD M.Ismail P Sinaga, anggota DPRD Sumut H.Wagirin Arman, S.Sos, Sekdakab Deliserdang H.Timur Tumanggor, S.Sos, M.AP, Wakil Ketua DPRD Deliserdang Nusantara Tarigan Silangit, para Asisten,Staf Ahli, pimpinan OPD, Camat, pimpinan BUMN/BUMD, tokoh agama, tokoh masyarakat dan lainnya. (a01/a14/B)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *