Orang Tua Berperan Cegah Tawuran

  • Bagikan
Kapolres Asahan AKBP Roman Smaradhana Elhaj. Waspada/Ist
Kapolres Asahan AKBP Roman Smaradhana Elhaj. Waspada/Ist

KISARAN (Waspada): Untuk mengantisipasi tindak tawuran antar pelajar, orang tua diminta untuk melakukan pengawasan terhadap anak saat keluar rumah sehingga terhindar dari tindakan yang melanggar hukum.

Hal itu diungkapkan Kapolres Asahan AKBP Roman Smaradhana Elhaj, Kamis (1/12), menurutnya akhir-akhir ini ada beberapa kasus kejahatan jalan yang melibatkan remaja yang masih usia sekolah baik itu tawuran dan hingga kekerasan, sehingga untuk menekan tindakan itu diperlukan kerjasama semua pihak, terutama orang tua dimohonkan untuk selalu mengawasi aktivitas anaknya, dan memantau perkembangannya baik itu secara fisik dan psikologisnya dengan memberikan perhatian.

“Dengan demikian, perkembangan anak akan terpantau dengan baik, sehingga bisa terhindar dari perbuatan yang melanggar hukum,” jelas Roman.

Tidak hanya di rumah, kata Roman, orang tua juga berperan melakukan pengawasan dengan berkomunikasi dengan baik dengan pihak sekolah, sehingga anak bisa dipantau di dalam rumah atau di luar rumah.

“Dalam menekan tindak kenakalan remaja ini perlu kerjasama yang baik,” jelas Roman.

Lingkungan dan masyarakat juga memberi andil dalam membina generasi bangsa, kata Roman, jika terjadi aksi tawuran pelajar, alangkah baiknya warga turut melerai hingga tawuran tidak terjadi, peranan pemerintah daerah sangatlah penting, kita harapkan selalu turun memantau atau patroli di lokasi atau titik kumpul siswa.

“Kita selalu koordinasi erat dengan orangtua siswa, wali kelas. Harapan kita anak-anak bisa terkontrol pergaulan-pergaulan, anak anak kalau di luar jam sekolah, mestinya menjadi kontrol bersama, tidak hanya sekolah, tapi masyarakat maupun orang tua,” Roman.

Roman juga berharap, pelajar yang terlibat tawuran sadar dari tindakan yang meresahkan masyarakat ini, dan berubah dengan kegiatan positif yang dapat mengasah kecerdasan, bahkan kepemimpinan, karena pelajar adalah generasi muda yang akan menerima estafet kepemimpinan bangsa dan negara.

“Mari kita bersama melakukan pencegahan secara dini. Jangan saling menyalahkan, tetapi ini merupakan tanggung jawab bersama,”kata Roman. (a02/a19/a20)


  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *