Orientasi RPJPD Pematangsiantar 2025-2045

  • Bagikan

PEMATANGSIANTAR (Waspada): Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) merupakan visi dan misi, arah kebijakan serta untuk pembangunan daerah jangka panjang dalam 20 tahun mendatang.

“RPJPD ini menjadi pedoman dalam perumusan visi dan misi serta program kepala daerah,” sebut Wali Kota Susanti Dewayani saat kick off meeting dan orientasi RPJPD Pematangsiantar pada 2025-2045 di Toba Room Batavia Hotel, Jl. Gereja, Selasa (31/10).

Menurut Wali Kota, momentum itu untuk memastikan RPJPD penyusunannya dengan baik dan mengikuti tahapan-tahapan seperti tertuang dalam peraturan perundang-undangan.

Pada kesempatan itu, Wali Kota menjabarkan pendekatan RPJPD yang mencakup lima pendekatan dari seluruh rangkaian perencanaan yakni pendekatan teknokratik, partisipatif, politis, atas bawah dan bawah atas.

Selain itu, lanjut Wali Kota, perencanaan pembangunan daerah juga pelaksanaannya melalui kaidah pendekatan. 

“Melalui hal itu, harapannya akan menghasilkan dokumen RPJPD yang berkualitas dan dapat  mengimplementasiannya pada pembangunan serta mampu menyelesaikan permasalahan dan menjadi harapan masyarakat Pematangsiantar di masa mendatang,” imbuh Wali Kota.

Dalam hal itu, Wali Kota meminta kepada tim penyusun dan perangkat daerah agar mengikuti kegiatan itu dengan cara seksama dan penuh keseriusan serta dengan sepenuh hati.

Kepada narasumber Pejabat Fungsional Ahli Madya Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Dody Virgo CH Sinaga, Wali Kota memberikan apresiasi. “Beliau anak Pematangsiantar yang mendapat posisi atau jabatan strategis di Bappenas”.

“Semoga RPJPD menjadi pedoman pembangunan Pematangsiantar yang berkelanjutan. Kepada seluruh kepala OPD, staf ahli dan asisten, tetap komitmen serta konsisten mendukung visi dan misi kota yakni menjadikan Pematangsiantar sehat, sejahtera dan berkualitas,” harap Wali Kota.

Sebelumnya, Kepala Badan Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (BP3D) Dedi Idris Harahap dalam laporannya menyebutkan orientasi RPJPD 2025-2045 pelaksanaannya selama dua hari.

Dedi berharap adanya integrasi yang kuat antara RPJP nasional dengan RPJPD Pematangsiantar, hingga dalam 20 tahun ke depan pembangunan Pematangsiantar selaras dengan pembangunan nasional.

Selanjutnya, Wali Kota menyerahkan cendera mata kepada narasumber. Tampak hadir Plh Sekda Junaedi A Sitanggang, para asisten, staf ahli, pimpinan OPD, camat, Kabag, Kabid dan lainnya.(a28)

  • Bagikan