Ormas Orahua Nga’oto Daeli Terbentuk Di Kepulauan Nias

  • Bagikan

GUNUNGSITOLI (Waspada): Kepengurusan Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Organisasi Kemasyarakatan (Ormas) Orahua Nga’oto Daeli (OND) atau Perkumpulan Keturunan Leluhur Daeli resmi terbentuk di Kepulauan Nias, Selasa (23/3).

Pembentukan Ormas OND ini memiliki  tujuan program untuk melestarikan budaya merangkum atau menyatukan silsilah keturunan leluhur dan pemugaran makam  Tuada Daeli yang berada di wilayah Kecamatan Gunungsitoli Idanoi.

Kepengurusan DPP Orahua Nga’oto Daeli (OND) atau Perkumpulan Keturunan Daeli resmi diumumkan oleh Tim Formatur yang telah dipercayakan pada pertemuan musyawarah keturunan Daeli sebelumnya dipimpin Damili R. Gea, SH, M.Si guna menyusun kepengurusan.

Sekretaris Tim Formatur, Drs. Firman Larosa bertempat di Rumah Adat Jln. Bandara Binaka Gunungsitoli, Selasa (23/3) yang dihadiri tokoh tokoh keturunan Daeli se Kepulauan Nias membacakan dan mengumumkan hasil penyusunan kepengurusan DPP Orahua Nga’oto Daeli (OND).

Adapun kepengurusan DPP OND yang ditetapkan yakni Ketua Umum, Dami. R. Gea, SH, M.Si, Sekretaris Umum, Pdt. Agusman Farasi, S.Th dan Bendahara Umum, Pdt. Miseria Daeli, S.Th

Ketua Dewan Pembina, Firman Jaya Daeli,SH, Ketua Dewan Pakar, Pdt. Sarofati Gea, S.Th dan Ketua Dewan Penasehat, Faduhusi Daeli, S.Pd, MA.

Kepengirisan Ormas DPP OND juga dilengkapi dengan beberapa bidang serta ke depan akan dibentuk kepengurusan Kordinator Wilayah (Korwil) di masing masing kabupaten/kota.

Ormas Orahua Nga'oto Daeli Terbentuk Di Kepulauan Nias
Ketua Dewan Pembina DPP OND, Firman Jaya Daeli, SH saat menyampaikan bimbingan pada pembentukan Ormas OND. Waspada/Bothaniman Jaya Telaumbanua

Ketua Dewan Pembina DPP. OND, Firman Jaya Daeli, SH pada arahannya mengatakan keputusan yang telah ditetapkan merupakan pembuktian apa yang menjadi aspirasi musyawarah besar, musyawarah agung dan apa harapan seluruh “Ngaoto Daeli”.

Firman Jaya Daeli juga menegaskan Ormas OND terbentuk hanya dalam kerangka melestarikan budaya dan kesejarahan.

” Ormas OND bertujuan melestarikan budaya dan sejarah silsilah keturunan Tuada Daeli dan tidak berkaitan agenda lainnya termasuk agenda politik,” tegas Firman.

Sementara di tempat yang sama, Ketua Umum DPP OND, Damili R. Gea, SH. M.Si mengatakan leluhur mereka Tuada Daeli Sanau Talinga memiliki 9 keturunan yang sekarang dikenal 9 marga yakni  marga Gea, Farasi, Hinare, Humendru, Laowo, Daeli, Larosa, Lafau dan Marulafau.

Ke 9 keturunan leluhur Daeli Sanau Talinga tersebut saat ini tersebar di berbagai wilayah di Kepulauan Nias bahkan di Sumatera Barat dan Kepulauan Riau dan daerah lainnya.

DPP OND mengemban tanggung jawab besar dalam menelusuri, merangkul dan menyatukan seluruh keturunan leluhur tersebut guna menyatukan persepsi dalam membangun kekerabatan dan melestarikan adat budaya dan sejarah.

Damili juga kembali menegaskan dari awal mereka membentuk organisasii OND bukan untuk politik, tetapi merekatkan kembali hubungan silaturahim kekerabatan antar keluarga atau serumpun.

Dia juga memaparkan bahwa program kerja DPP OND akan melakukan konsolidasi ke Kabupaten /Kota ,dan pengukuhan kepengurusan akan dilakukan secepat mungkin setelah rapat pleno.

Kemudian pendaftaran ke pemerintah akan secepatnya didaftarkan agar Ormas OND sah secara perundang undangan.(a26/B)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *