Palas Kurban 1.166 Ekor Sapi Dan 157 Ekor Kambing

  • Bagikan
Palas Kurban 1.166 Ekor Sapi Dan 157 Ekor Kambing
Petugas medic veteriner dari Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Padanglawas saat melakukan pemeriksaan kesehatan hewan kurban. (Waspada/Idaham Butar Butar)

PADANGLAWAS (Waspada): Iduladha di Kabupaten Padanglawas menyembelih hewan kurban, terdiri 1.166 ekor sapi dan 157 ekor kambing.

Demikian Kepala Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Padanglawas, Agus Salim Hasibuan, S. Pt kepada Waspada, Jumat (30/6).

Dikatakan hasil pendataan petugas tim veteriner, jumlah hewan kurban yang disembelih di Kabupaten Padanglawas yang terdiri 17 kecamatan, 303 desa plus satu kelurahan sebanyak 1.166 ekor sapi dan 157 ekor lembu.

Sementara harga satu ekor sapi rata-rata Rp15 juta/ekor dan kambing Rp2,5 juta per ekor. Sehingga diperkirakan untuk qurban warga Palas mengeluarkan uang sekitar Rp17 miliar lebih.

Dan jumlah tertinggi hewan kurban yang disembelih di Kecamatan Hutaraja Tinggi, di mana untuk hewan kurban sapi sebanyak 199 ekor dan kambing 58 ekor.

Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Padanglawas, H. Ismail Nasution, Lc, MTH, ketika dimintai tanggapan terkait tingginya kesadaran masyarakat Padanglawas dalam berkurban menyampaikan Alhmdulillah, bahwa di situasi ekonomi yang tidak baik-baik saja, masyarakat Padanglawas tetap semangat berkurban, memang karakter warga Padanglawas ini dikenal religius sejak dulu.

“Masyarakat sadar akan tujuan hidup, pada akhirnya kita semua akan menuju kehidupan yang abadi, sehingga butuh bekal sebanyak-banyaknya, qurban termasuk bekal akhirat,” sebutnya.

Hal senada juga disampaikan Ustadz Drs. H. Abdul Haris, pimpinan Baznas Palas, bahwa Hari raya Iduladha juga dinamakan hari raya kurban, di mana setelah selesai pelaksanaan salat ‘Id, bagi umat Islam yg mampu dianjurkan untuk melaksanakan penyembelihan kurban, seperti kerbau, lembu maupun kambing.

Sesuai data yang diperoleh untuk Kabupaten Padanglawas hewan kurban berupa lembu lebih 1.000 ekor dan kambing lebih 200 ekor, bila dibandingkan dengan tahun lalu ada peningkatan, hal ini dapat dilihat bahwa tingkat kesadaran masyarakat untuk berkurban cukup tinggi. (a30)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *