Pelayanan Publik Padangsidimpuan Semakin Mantap

  • Bagikan
Plh. Sekda Rahuddin Harahap serahkan penghargaan Kemen PAN-RB kepada Kabag Organisasi dan tiga UPP lokus PEKPPP di Pemko Padangsidimpuan. (Waspada/Ist)
Plh. Sekda Rahuddin Harahap serahkan penghargaan Kemen PAN-RB kepada Kabag Organisasi dan tiga UPP lokus PEKPPP di Pemko Padangsidimpuan. (Waspada/Ist)

P.SIDIMPUAN (Waspada): Kinerja aparatur Pemerintaha Kota (Pemko) Padangsidimpuan dalam penyelenggaraan pelayanan publik di tahun 2023 semakin mantap dan lebih sempurna dibanding tahun-tahun sebelumnya.

Dari hasil Pemantauan dan Evaluasi Kinerja Penyelenggaraan Pelayanan Publik (PEKPPP) Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemen PAN-RB), Pemko Padangsidimpuan di tahun 2023 medapat nilai 4,04 (A-) atau hampir sempurna.

Hasil penilaian itu tertuang pada Surat Keputusan KEMENPAN-RB Nomor 795 tahun 2023 tentang hasil PEKPPP di Kementerian, Lembaga, Pemerintahan Daerah dan BUMN tertanggal 24 November 2023, ditandatangani Menteri PAN-RB Abdullah Azwar Anas.

Pada lampiran SK itu, hasil PEKPPP Pemko Padangsidimpuan tertulis di nomor 160. Ada tiga Unit Lokus Evaluasi (ULE) yang dinilai di setiap pemerintahan kabupaten/kota se Indonesia. Yakni kantor Kecamatan, Dinas Sosial dan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD).

Padangsidimpuan Utara yang terpilih menjadi lokasi fokus (Lokus) penilaian kecamatan, memiliki nilai Indeks 3,91 atau Kategori B. Kemudian Dinas Sosial memiliki Indeks 3,98 atau Kategori B dan RSUD memiliki Indeks 4,24 atau Kategori A-.

Setelah dijumlah, rata-rata Indeksnya 4,04 atau masuk Kategori A minus (A-). Dengan kata lain, hasil PEKPPP Pemko Padangsidimpuan tahun 2023 semakin mantap, karena di tahun 2022 berada di Kategori B.

Untuk hasil PEKPPP Kabupaten/Kota se Indonesia tahun 2023, Kabupaten Banyuangi, Provinsi Jawa Timur, meraih nilai tertinggi dengan Indeks 4,58 atau Kategori A (sempurna tanpa tanda minus).

Pelayanan Publik Padangsidimpuan Semakin Mantap

Menteri PAN-RB Abdullah Azwar Anas mengatakan, pihaknya terus berupaya menjaga dan meningkatkan kualitas pelayanan publik di Kementrian, Lembaga, Pemerintahan Daerah dan BUMUN. Satu dari upaya itu ialah dengan melakukan PEKPPP di setiap tahunnya.

Penilaian PEKPPP ini meliputi enam aspek. Yaitu aspek kebijakan pelayanan publik, profesionalisme SDM, sarana prasarana, sistem informasi pelayanan publik, konsultasi dan pengaduan, serta inovasi pelayanan publik.

Dibanding tahun sebelumnya, di 2023 ini terdapat perbedaan cara penilaian dan evaluasi. PEKPPP dilakukan Biro/Bagian Organisasi masing-masing instansi, dan hasilnya itulah yang kemudian divalidasi oleh Kementerian PAN-RB. Sistem ini disebut PEKPPP Mandiri.

Dari hasil evaluasi PEKPPP di setiap tahunnya, akan dihasilkan Indeks Pelayanan Publik (IPP) sebagai nilai atas kualitas pelayanan publik secara nasional. Tahun 2023 ini, IPP nasional sebesar 3,88 atau masuk Kategori Baik.

Penjabat (Pj) Wali Kota Padangsidimpuan, Dr. H. Letnan Dalimunthe SKM, M.Kes, memberi apresiasi kepada Bagian Organisasi Sekretariat Daerah yang telah sukses melaksanakan penilaian dan evelausasi, yang hasilnya kemudian divalidasi oleh Kemen PAN-RB.

Apresiasi tinggi juga diberikan kepada tiga UPP yang menjadi lokasi fokus PEKPPP tahun 2023 di Pemko Padangsidimpuan. Yaitu kantor Kecamatan Padangsidimpuan Utara, Dinas Sosial dan RSUD.

Di HUT Korps Pegawai Republik Indonesia (KORPRI) yang diadakan Rabu (29/11/2023), Pj. Wali Kota diwakili Plh. Sekretaris Daerah, H. Rahuddin Harahap SH, MH, menyerahkan penghargaan dari Menteri PAN-RB kepada Bagian Organisasi dan tiga UPP tersebut.

Plh. Sekda menyampaikan, kualitas pelayanan publik yang baik adalah kunci utama untuk memenuhi harapan dan kepercayaan masyarakat ke pemerintah. Ia harap hasil PEKPPP ini tidak sekedar menghasilkan angka-angka, tetapi harus dibarengi peningkatan kinerja.

Ke depan, Rahuddin berharap setiap instansi mampu melakukan inovasi pelayanan publik. Termasuk di kantor Unit Pelayanan Teknis (UPT), kelurahan dan desa, semuanya harus mampu meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat.

Camat Padangsidimpuan Utara, Nanda Alfina, bangga dan berterimakasih kepada seluruh jajarannya. Karena telah bekerja maksimal memberikan pelayanan yang prima kepada masyarakat. Ia harap capaian ini menjadi penyemangat untuk menjadi yang lebih baik lagi.

Kepala Bagian Organisasi, Holidin Siregar, menyebut penilaian dan evaluasi terhadap tiga UPP itu dilakukan dari bulan Juli sampai September 2023. Ini pertama kalinya PEKPPP Mandiri diterapkan di Pemko Padangsidimpuan. (a05)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *