Pembangunan RSUD Parapat Dimulai

Bupati: Target Kita Ke Depan, RSUD Parapat Menjadi Pilihan Untuk Berobat

  • Bagikan
Bupati Simalungun Radiapoh H Sinaga didampingi pejabat lainnya saat acara peletakan batu pertama pembangunan RSUD Parapat, Jumat (9/2).(Waspada/ist)
Bupati Simalungun Radiapoh H Sinaga didampingi pejabat lainnya saat acara peletakan batu pertama pembangunan RSUD Parapat, Jumat (9/2).(Waspada/ist)

PARAPAT (Waspada): Bupati Simalungun Radiapoh Hasiholan Sinaga melakukan peletakan batu pertama pembangunan RSUD Parapat dan pelayanan deteksi Kanker dini (Papsmear) di Jln Ompu Ranjo Sinaga, Parapat, Kecamatan Girsang Simpanganbolon, Kabupaten Simalungun, Jumat (9/2/2024).

” Dengan rahmat Tuhan Yang Maha Kuasa dan doa dari masyarakat Kabupaten Simalungun pembangunan RSUD Parapat ini dapat selesai sesuai dengan harapan dan dapat bermanfaat bagi masyarakat khususnya masyarakat Girsang Simpanganbolon,” ucap Bupati saat melakukan peletakan batu pertama.

Selanjutnya, Bupati menyampaikan bahwa, Kabupaten Simalungun saat ini sedang berbenah dalam perbaikan seluruh RSUD yang ada di Kabupaten Simalungun.

Pembangunan RSUD Parapat Dimulai

” Seluruh RSUD yang ada di Kabupaten Simalungun akan kita buat menjadi rumah sakit yang profesional. Kita juga sudah menganggarkan untuk RSUD yang ada di Kabupaten Simalungun dan harus full 24 jam dalam pelayanan,” kata Bupati.

Menurut Bupati, Pemkab Simalungun juga akan mempersiapkan dokter-dokter spesialis yang profesional agar dapat memberikan pelayanan selama 24 jam di RSUD.

” Kita juga akan penuhi hak dan kewajiban bagi Nakes yang ada di Kabupaten Simalungun dengan persyaratan harus mampu memberikan pelayanan 24 jam bagi masyarakat yang membutuhkan layanan kesehatan,” kata Bupati.

Oleh karena itu, Bupati berharap tidak ada lagi tenaga kesehatan (Nakes) di Kabupaten Simalungun yang tidak profesional, sehingga ke depannya, masyarakat tidak perlu jauh – jauh berobat, cukup di RSUD yang ada di Kabupaten Simalungun saja.

Dia berharap, dengan adanya rumah sakit ini dapat memberikan multi efeknya yang sangat besar, apalagi Kota Parapat ini nantinya akan menjadi salah satu yang memiliki destinasi kesehatan.

” Target kita ke depannya RSUD Parapat ini akan menjadi pilihan untuk berobat. Dan kita juga sudah sampaikan kepada Dinas Kesehatan agar seluruh Puskesmas membuat rujukan ke RSUD Parapat, termasuk seluruh RSUD yang ada di Kabupaten Simalungun,” sebut Bupati.

Lebih lanjut, Bupati bertaharap ke depannya RSUD Parapat dapat menjadi salah satu Rumah Sakit favorit bagi masyarakat. Untuk itu diharapkan kepada seluruh Nakes agar memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat.

” Saya mau mengubah paradigma tentang pelayanan kesehatan yang ada di Kabupaten Simalungun. Saya meminta agar para Nakes agar memberikan pelayanan kesehatan yang terbaik bagi seluruh masyarakat kita,” tandas Bupati.

Dalam kesempatan itu, Ketua Komisi II DPR RI Ahmad Doli Kurnia Tanjung menyampaikan apresiasi kepada Bupati Simalungun dan Dirut RSUD Parapat yang begitu gencar dan aktif dalam mengambil anggaran dari Pusat.

” Kabupaten Simalungun patut bersyukur punya Bupati yang begitu aktif, selalu memikirkan untuk pembangunan di daerahnya. Seperti inilah yang saya suka, seorang kepala daerah yang begitu aktif untuk pembangunan daerahnya,” kata Ketua Komisi II DPR RI.

Sebelumnya Direktur RSUD Parapat dr Jimmi Gultom mengucapkan terima kasih kepada Bupati Simalungun yang sangat mendukung RSUD Parapat dalam meningkatkan mutu pelayanan kesehatan.

” Pembangunan Rumah Sakit Umum Daerah Parapat, merupakan sebuah mimpi yang menjadi kenyataan,” kata Jimmy

Jimmy juga menjelaskan bahwa RSUD Parapat mendapatkan enam Keputusan Menteri Kesehatan RI sebagai rumah sakit jejaring pengampu pelayanan prioritas kanker, stroke, jantung, uronefrologi kesehatan ibu dan anak dan kesehatan jiwa strata madya.

” Tahun 2024 ini RSUD Parapat mendapatkan rekomendasi dari Direktur Utama Rumah Sakit Umum Pusat Kanker Nasional Dharmais dan Direktur Utama Rumah sakit Umum Pusat Otak Nasional, sehingga RSUD Parapat mendapatkan sarana dan prasarana berupa bangunan Cytotosic Drug Cabinet dan CT-SCAN serta alat kesehatan hibah dari Kemenkes RI Cytotosic Drug Cabinet CT-SCAN dan sarana prasarana layanan rujukan beserta alat-alat kesehatan,” papar Jimmy.

Ground Breaking RSUD Parapat, Jimmy mengatakan, sebagai ini bukti nyata komitmen Pemkab Simalungun sesuai visi misi Bupati Simalungun dan Wakil Bupati ‘Rakyat Harus Sejahtera. Dimana salah misi nya adalah Pemulihan kesehatan.

Jimmy juga mengatakan bahwa, pembangunan RSUD ini juga dalam rangka menjawab kebutuhan masyarakat untuk mendapatkan pelayanan kesehatan yang prima.

Pembangunan RSUD Parapat Dimulai

Keberadaan RSUD Parapat yang representatif ini, Jimmy berharap ke depannya membuat masyarakat akan semakin dipermudah dengan layanan kesehatan di kawasan Danau Toba dan Parapat Khususnya.

Pada acara tersebut juga dilaksanakan pemberian bantuan vitamin dan susu kepada ibu hamil, Pemeriksaan PAP Smear Gratis, jejaring pengampunan pelayanan kanker, dan pemberian sembako sembako kepada masyarakat kurang mampu, serta penyerahan 1 unit ambulance dari Bank Sumut kepada RSUD Parapat.

Tampak hadir antara lain Komisi IX DPR RI Melkiades Laka Lena, dari Kemenkes RI, Ketua DPRD Simalungun Timbul Jaya Sibarani, Kadis Kesehatan Prov. Sumut Alwi Mujahit Hasibuan, serta Kadis Kesehatan Kabupaten Simalungun Edwin Toni SM Simanjuntak.(a27).

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *