Pemilih Milenial Terbanyak Di P.Siantar

  • Bagikan
Ketua KPU Muhammad Isman Hutabarat (berdiri) memperkenalkan para komisioner KPU saat coffee morning dengan sejumlah media di Danu Café dan Resto, Jl. Parapat, Rabu (6/12).(Waspada-Edoard Sinaga).
Ketua KPU Muhammad Isman Hutabarat (berdiri) memperkenalkan para komisioner KPU saat coffee morning dengan sejumlah media di Danu Café dan Resto, Jl. Parapat, Rabu (6/12).(Waspada-Edoard Sinaga).

         PEMATANGSIANTAR (Waspada): Pemilih milenial berusia 27 tahun hingga 47 tahun terbanyak di Kota Pematangsiantar dan mencapai 32,12 persen atau 64.953 pemilih dari 202.206 Daftar Pemilih Tetap (DPT) secara keseluruhan.

Komisisoner KPU Divisi Parmas dan SDM Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pematangsiantar Nurbaiyah Siregar menyebutkan hal itu dari lima kategori kelompok usia saat coffee morning bersama media di Dano Cafe and Resto, Jl. Parapat, Rabu (6/12).

Sedang kelompok pemilih terbanyak kedua yakni pemilih berusia dibawah 26 tahun yang penyebutannya gen X dan jumlahnya 56.132 pemilih atau 27,76 persen, kemudian pemilih berusia 59 tahun hingga 78 tahun sebanyak 39.112 pemilih atau 19,34 persen.

Sementara, kelompok gen Z berusia 43 tahun hingga 58 tahun sebanyak 37.323 pemilih atau 18,46 persen, sedang kelompok usia renta 79 tahun hingga 105 tahun mencapai 4.686 pemilih atau 2,32 persen dari DPT.

Menurut Nurbaiyah, pertemuan dengan media itu guna menindaklanjuti hubungan kemitraan yang sudah terjalin baik selama ini. “KPU menyadari pentingnya peran media dalam mensukseskan Pemilu.”

“Tanpa bantuan rekan-rekan media, pelaksanaan Pemilu di Pematangsiantar tidak akan berjalan lancar, karena media memiliki peran penting dalam mensukseskan Pemilu,” lanjut Nurbaiyah.

Karena itu, Nurbaiyah mengharapkan berita-berita atau informasi yang sampai ke masyarakat bersifat mendidik dan menyejukkan, hingga informasi itu benar-benar tersampaikan sesuai dengan aturan dan peraturan yang berlaku.

Pada kesempatan itu, Nurbaiyah menyebutkan KPU akan merekrut 5.572 orang Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) yang akan bertugas di 797 Tempat Pemungutan Suara (TPS) dan KPU akan membuka pendaftaran pada 11-20 Desember 2023, sedang masa kerja KPPS sebulan yakni 25 Januari-25 Februari 2024.

Sementara, Komisioner Divisi Teknis Penyelenggaraan Pemilu Chucha Ashari dan Komisioner Divisi Data dan Informasi Dedi Rahman Harahap menjelaskan kategori pemilih tetap, tambahan dan khusus.

Sedang Komisoner Divisi Hukum dan Pengawasan Roy Marsen Simarmata mengajak media untuk sam-sama melakukan pengawasan demi terwujudnya Pemilu yang bersih.

Menurut Roy, kegiatan itu merupakan bukti komitmen KPU yang selalu siap menjalin kerjasama dengan media sebagai mitra strategis dan selain itu harapannya kegiatan itu dapat meningkatkan partisipasi pemilih dan mensukseskan Pemilu 2024.

Sebelumnya, Ketua KPU Muhammad Isman Hutabarat mengawali pertemuan dengan memperkenalkan komisoner KPU Pematangsiantar periode 2023-2028.

Kalangan media yang hadir saat itu mengharapkan KPU membuka ruang informasi seluas-luasnya, hingga informasi yang sampai kepada masyarakat memiliki kualitas.

Menjawab harapan itu, Ketua KPU menyatakan akan membuka ruang informasi kepada media sepanjang hal itu tidak bersifat rahasia.

  Terkait Humas, Ketua KPU menyatakan selain kepada dirinya, media dapat melakukan konfirmasi kepada komisoner lainya sesuai divisi masing-masing.(a28).

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *