Pemkab Palas Sudah Lelang Proyek Fisik Rp50 M

  • Bagikan
Plt. Kadis PU Padanglawas, Ir. Amirhan Hasibuan, ST, MT (Waspada/Ist)
Plt. Kadis PU Padanglawas, Ir. Amirhan Hasibuan, ST, MT (Waspada/Ist)

PADANGLAWAS (Waspada): Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Padanglawas (Palas) sudah selesai lelang proyek fisik dengan total nilai sekitar Rp50 miliar yang bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) Tahun Anggaran 2024.

Menurut informasi yang diperoleh Waspada, Rabu (7/2), ada 12 paket proyek fisik dengan nilai pagu anggaran Rp50 miliar lebih yang bersumber dari Dana DAK.

Pimpinan Unit Kerja Pengadaan Barang dan Jasa (UKPBJ) Sekretariat Daerah Padanglawas, Ahmad Fauzi Lubis saat dikonfirmasi, membenarkan bahwa 12 paket proyek fisik dengan total nilai anggaran sebesar Rp50 miliar sudah selesai dilelang.

Sementara Plt. Kadis PU Padanglawas, Ir. Amirhan Hasibuan, ST, MT kepada wartawan mengatakan, bahwa DAK yang dianggarkan pada Dinas PU ada tiga paket proyek fisik, dan dua paket proyek dari Dana Bagi Hasil (DBH) pusat.

Pemkab Palas mendapat DBH perkebunan kelapa sawit tahun 2023 sebesar Rp14,8 miliar, diantaranya Rp9,8 miliar diperuntukkan rehabilitasi dan rekontruksi jalan simpang Pir Trans Sosa 3 menuju Pir Trans Sosa 2 Kecamatan Sosa Timur.

Sesuai Peraturan Pemerintah (PP) nomor 38 tahun 2023 tentang dana bagi hasil sawit, 80 persen diperuntukkan membiayai pelaksanaan proyek fisik. Selebihnya, 20 persen untuk biaya pendataan perkebunan kelapa sawit rakyat pada Dinas Pertanian.

Sementara tiga paket proyek fisik yang bersumber dari DAK itu termasuk untuk rekonstruksi jalan simpang Padangkunik menuju jembatan Sidongdong Rp4,9 M, Kecamatan Aek Nabara Barumun.

Selanjutnya proyek rekonstruksi jalan ruas jembatan Sidongdong menuju Paran Napa Aek Goti Kecamatan Barumun Barat Rp6 M, dan proyek rekonstruksi simpang Kemiri menuju Siborna Rp19,4 miliar Kecamatan Sosa dan Sosa Julu. Sehingga jumlah nilai proyek yang bersumber dari DAK lebih kurang Rp31 miliar, katanya. (a30/B)

  • Bagikan