PALUTA (Waspada.id): Pemerintah Kabupaten Padanglawas Utara (Paluta) menggelar Rapat Koordinasi dan Pembentukan Forum Corporate Social Responsibility (CSR) Kabupaten Paluta Periode 2025–2029 di Ruang Rapat Bupati, Rabu (12/11/2025).
Bupati Padanglawas Utara H. Reski Basyah Harahap, S.STP.,M.Si menyampaikan apresiasi kepada BUMN, BUMD, dan perusahaan swasta yang telah berpartisipasi dalam pembangunan daerah melalui program CSR.
“Pelaksanaan rapat koordinasi dan pembentukan Forum CSR ini merupakan amanat dari Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas dan Peraturan Pemerintah Nomor 47 Tahun 2012 tentang Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan Perseroan Terbatas,” jelas Bupati.

Bupati Reski Basyah Harahap menegaskan bahwa Forum CSR memiliki peran strategis sebagai mitra pemerintah daerah dalam melaksanakan pembangunan, dengan tujuan meningkatkan koordinasi, menyalurkan program CSR sesuai prioritas daerah, meningkatkan efektivitas dan transparansi, mendorong pemerataan pembangunan, serta menciptakan hubungan harmonis antara perusahaan, masyarakat, dan pemerintah.
Bupati berharap pembentukan Forum CSR ini menjadi momentum bersejarah karena sebelumnya forum tersebut belum pernah terbentuk di Paluta. Kepengurusan forum akan dibentuk secara demokratis oleh anggota yang terdiri dari BUMN, BUMD, dan perusahaan swasta, dengan masa bakti periode 2025–2029 selaras dengan RPJMD Paluta.
“Kami yakin para pelaku usaha di Paluta memiliki semangat yang sama untuk membangun daerah. Forum CSR ini nantinya akan menjadi wadah untuk menyalurkan kontribusi nyata di berbagai bidang,” tambah Bupati.
Bupati menginstruksikan seluruh perangkat daerah dan camat untuk bersinergi aktif dengan Forum CSR.

Kegiatan dilanjutkan dengan sesi diskusi dan pembentukan struktur kepengurusan Forum CSR Kabupaten Paluta.
Hadir dalam rapat tersebut: Sekretaris Daerah Kabupaten Dr. Patuan Rahmat Syukur P Hasibuan, S.STP.,MM., Asisten I dan II, Kaban Bapelitbang, Pimpinan OPD, Para Camat, Pimpinan BUMN/BUMD, perwakilan perusahaan swasta, tokoh masyarakat, serta undangan lainnya. [***]












