Pemkab Simalungun Gelar Musrenbang RKPD Tahun 2025

Pariwisata, Pertanian, Perikanan Program Unggulan

  • Bagikan
Bupati Simalungun Radiapoh Hasiholan Sinaga saat membuka Musrenbang Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Simalungun Tahun 2025, Selasa (27/2).(Waspada/ist).
Bupati Simalungun Radiapoh Hasiholan Sinaga saat membuka Musrenbang Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Simalungun Tahun 2025, Selasa (27/2).(Waspada/ist).

    PAMATANGRAYA (Waspada): Pemkab Simalungun menggelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Simalungun Tahun 2025.

    Musrenbang digelar di Balei Harungguan Djabanten Damanik Kantor Bupati Simalungun, Pamatang Raya, dan secara resmi dibuka Bupati Simalungun Radiapoh Hasiholan Sinaga ditandai dengan pemukulan gong, Selasa (27/2/2024).

    Tema yang diangkat dalam Musrenbang RKPD ini adalah ” Peningkatan Perekonomian Daerah yang berdaya saing dan berdikari “.

    Bupati Simalungun menyampaikan, percepatan pembangunan daerah harus di dukung oleh 3 pilar, yakni Pemerintah, Dunia Usaha dan masyarakat.

    Pemkab Simalungun Gelar Musrenbang RKPD Tahun 2025

    Keberhasilan pembangunan daerah juga di pengaruhi dari kualitas perencanaan yang mengutamakan dan mengedepankan prioritas pembangunan dengan memanfaatkan potensi daerah yang berpihak kepada kebutuhan masyarakat.

    Untuk itu, bupati berharap, kepada perangkat daerah agar kedepannya semakin meningkatkan kerjasama dan kualitas sumber daya manusia sehingga nantinya dapat mengimbangi tantangan dalam menjalankan tugas demi mewujudkan tercapainya pembangunan di Kabupaten Simalungun.

    ” Saya meminta dokumen perencanaan pembangunan daerah yang disusun, tidak hanya untuk memenuhi amanat peraturan perundang-undangan, melainkan juga bertujuan untuk mengatasi permasalahan aktual pembangunan,” tandas Bupati.

    Disampaikan Bupati, Pemkab Simalungun akan mendorong dan menindak lanjuti dalam perencanaan pembangunan Tahun 2025 yang akan rumuskan secara bersama – sama sebagai wujud komitmen dalam mencapai pembangunan Daerah yang berkelanjutan.

    Oleh karena itu, Bupati menegaskan kepada seluruh perangkat daerah untuk tetap menggunakan indikator kinerja makro dalam mengukur tingkat keberhasilan pembangunan, yaitu indeks pembangunan manusia, laju pertumbuhan ekonomi, jumlah penduduk miskin dan tingkat pengangguran terbuka.

    ” Berkat kerja keras dan kerjasama yang baik dan positif dari seluruh pemangku kepentingan, Pemkab telah mampu menghasilkan capaian kinerja dan penghargaan dalam kurun waktu 2021-2023,” kata Bupati.

    Menyinggung tema yang diangkat dalam Musrenbang RKPD ini, Bupati mengatakan, fokus pembangunan Kabupaten Simalungun Tahun 2025 yaitu pengembangan potensi unggulan Kabupaten Simalungun dengan mengarahkannya kepada potensi pariwisata, pertanian dan perikanan, pengembangan ekonomi kerakyatan, serta peningkatan iklim investasi untuk mendukung pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Simalungun.

    Pemkab Simalungun Gelar Musrenbang RKPD Tahun 2025

    Sementara itu, Plt Kepala Dinas Koperasi dan UKM Prov. Sumut, Naslido Sirait dalam sambutannya antara lain menyampaikan, daerah harus lebih kreatif dalam menangani hasil pertanian. Kabupaten Simalungun itu sebagian besar pertanian. Menurut Naslindo, Kabupaten Simalungun itu harus bisa lebih mandiri lagi.

    ” Kabupaten Simalungun itu memiliki hasil pertanian yang cukup besar, seperti produk jagung. Jagung ini juga bisa sebagai pakan ternak. Jadi, saya mau untuk makanan ternak itu bisa penyedianya dari Kabupaten Simalungun,” katanya.

    Sebelumnya, Musrenbang RKPD ini diawali dengan penampilan tor – tor somba. Terlihat dengan tarian daerah Simalungun ini, Bupati meminta agar setiap kegiatan harus menampilkan kesenian dan kebudayaan daerah Simalungun.(a27).

    • Bagikan

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *