Pemohon SKCK Meningkat, Polres Taput Buka Pelayanan Hingga Malam

  • Bagikan
Pemohon SKCK Meningkat, Polres Taput Buka Pelayanan Hingga Malam

Pemohon Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) di Polres Taput meningkat, Kamis (4/1). Waspada/ist

TAPUT (Waspada) : Pemohon Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) di Polres Taput meningkat sehingga membuka pelayanan sampai malam hari.

Hal tersebut dikatakan Kapolres Taput, AKBP Ernis Sitinjak, S.H, S.I.K, melalui Kasat Intelkam, AKP Basuki, Kamis, (4/1).

Basuki menjelaskan, peningkatan pengurusan SKCK di Polres Taput terjadi mulai 28-29-30 Desember 2023 hingga 2-3-4 Januari 2024, hari ini, hampir 100 persen dari hari biasanya, padahal sebelumnya, jumlah pemohon SKCK hanya 10 hingga 15 orang per hari.

“Namun untuk 6 hari ini jumlahnya mencapai 100 hingga 150 orang per hari,” kata AKP Basuki.

Basuki mengatakan, untuk bisa melayani pemohon yang terus meningkat tersebut, pihaknya memperpanjang waktu pelayanan hingga pukul 19.00 malam.

“Kita melayani hingga pukul 19.00 WIB, karena masyarakat yang mengurus SKCK itu dari 15 kecamatan, mengingat ada beberapa kecamatan yang jauh dari Polres, seperti Kecamatan Garoga, Parmonangan, Pangaribuan, Purba Tua dan Simangumban, tidak wajar mereka itu datang 2 kali ke Polres,” terangnya.

“Kasihan dari tempat yang jauh sudah capek dan mengeluarkan biaya besar untuk transportasi dan akomodasi lainnya. Oleh karena itulah kita buka jam pelayanan hingga malam,” tambah Basuki.

Lebih lanjut Basuki menjelaskan, meningkatnya pemohon SKCK tersebut di dominasi kepentingan kelengkapan persyaratan menjadi pegawai PPPK yang baru lulus seleksi di Kabupaten Taput.

“Ditambah lagi di awal tahun banyak yang ingin merantau ke luar daerah untuk mencari pekerjaan,” sebutnya.

Basuki juga menegaskan biaya untuk penerbitan SKCK ditetapkan sesuai dengan PNBP (Pendapatan Negara Bukan Pajak) dari Mabes Polri. (chp)

  • Bagikan